GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

5 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Promo

5 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Promo – Kepuasan pelanggan merupakan hal yang paling utama dalam proses jual beli produk. Dampaknya sangat besar dan nyata bagi perkembangan bisnis secara keseluruhan. 

Karena itu, seorang pelaku usaha wajib mengusahakan kepuasan pelanggan melalui berbagai cara. Salah satunya dengan menawarkan promo yang memikat perhatian.


Mengapa Usaha Perlu Menarik Perhatian?

pemilik usaha kedai kopi mengacungkan jempol - Surat Pernyataan Pengelolaan Lingkungan (SPPL)

Kompetisi di dunia bisnis terbilang sangat ketat. Pelaku usaha harus memiliki strategi yang kreatif dan efektif agar dapat memperoleh perhatian calon pembeli.

Usaha yang tidak menonjol, baik dari segi kualitas produk maupun program promo yang dilakukan, akan sulit untuk mendapatkan pembeli. Hal ini membuat bisnis kurang berkembang.

Selain menarik perhatian, aktivitas promosi juga merupakan cara untuk menunjukkan keberadaan produk. Dengan demikian, calon pembeli dapat mempertimbangkan produk tersebut sebagai opsi yang akan dibeli.

Nah, salah satu hal yang bisa dilakukan untuk memikat perhatian pelanggan adalah melalui promo. Anda bisa memanfaatkan promo GoPay yang bisa Anda akses langsung dari aplikasi GoBiz!

Adapun keuntungan yang akan Anda dapatkan antara lain:

  • Memiliki akses terhadap 120 juta pengguna GoPay sehingga menghemat biaya promosi pada media lain.
  • Kesempatan memenangkan berbagai reward menarik.
  • Kesempatan untuk mengembangkan usaha, mulai dari meningkatnya jumlah transaksi hingga datangnya pelanggan setia dengan promo bersama GoPay. 

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Teknologi, Mana yang Paling Ampuh?


5 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Promo

kepuasan pelanggan - seorang pelanggan bekerja di cafe - cara memahami pelanggan

Sebagai salah satu strategi yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, menawarkan promo sangat penting. Yuk, simak cara yang bisa dilakukan berikut ini.

1. Tawarkan produk yang berkualitas

Pelanggan akan merasa sangat puas jika memperoleh produk yang berkualitas dan sepadan dengan harga yang dibayar. Karena itu, Anda perlu fokus menghasilkan atau menawarkan produk seperti ini saat berjualan.

Produk berkualitas berkaitan dengan kenyamanan dan keselamatan pengguna. Apalagi jika Anda menjalankan bisnis kuliner, memastikan produk layak dikonsumsi adalah prioritas.

Biasanya, menurunkan kualitas produk akan memberikan keuntungan tambahan bagi pelaku usaha. Namun, hal ini tidak akan berlangsung lama karena pembeli menyadarinya.

Meskipun dijual dengan harga promo, produk yang tidak berkualitas pasti tidak akan memberikan kepuasan pada pelanggan. Karena itu, pastikan produk telah lolos uji kualitas sebelum Anda berniat menjualnya. 

2. Berikan layanan terbaik

Faktor selanjutnya yang berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan adalah layanan yang didapatkan. Tidak sedikit pembeli yang merasa kecewa karena respons penjual tidak menyenangkan.

Untuk itu, Anda harus menggunakan cara-cara yang dapat membuat pelanggan merasa nyaman saat berbelanja. Misalnya, dengan pembayaran nontunai menggunakan QRIS. Hanya dengan scan, pelanggan dapat melakukan pembayaran dengan semua jenis dompet digital seperti GoPay. Menarik, bukan?

3. Pastikan pelanggan mengetahui informasi promo

Jika pelanggan tidak mengetahui informasi mengenai promo yang ditawarkan, strategi ini akan menjadi sia-sia. Karena itu, Anda perlu memastikan informasi tersebut sampai kepada pelanggan. 

Caranya dengan menyebarkan program promo yang ada di outlet Anda melalui berbagai channel, seperti media sosial. Lalu, jangan lupa pasang materi promo sehingga pelanggan bahwa Anda sedang mengadakan promo!

Apabila menggunakan promo GoPay, Anda tak perlu merasa khawatir. Dengan mengikuti program dari Gojek ini, nama toko Anda akan muncul di halaman promosi secara otomatis sehingga bisa dipantau oleh pengguna.

Promo yang dilakukan pelaku usaha kadang-kadang tidak efektif karena kurangnya informasi kepada calon pembeli. Kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan yang lebih banyak pun hilang.

4. Responsif terhadap saran dan keluhan

Kesalahan bisa saja terjadi dalam proses jual beli, baik karena masalah pada produk maupun kurang maksimalnya pelayanan yang diberikan. Jika hal ini terjadi dan pembeli melayangkan keluhan, apa yang sebaiknya dilakukan?

Ada pelaku usaha yang menganggap bahwa keluhan pembeli merupakan hal yang buruk. Sebenarnya, jika dipahami lebih jauh, keluhan tersebut dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan nilai di mata pelanggan.

Keluhan yang kadang-kadang diikuti saran dari pembeli adalah hal yang berharga. Melalui kesempatan itu, pelaku usaha dapat memperbaiki produk sehingga lebih memuaskan.

Selain itu, respons positif yang tetap ditunjukkan saat mendapatkan keluhan merupakan langkah terbaik. Pelanggan akan merasa dipahami dan dipedulikan.

5. Memenuhi kebutuhan pelanggan

Jenis produk yang Anda tawarkan dalam program promo juga turut menentukan tingkat kepuasan pelanggan. Pastikan produk tersebut merupakan produk yang diminati.

Untuk mengetahuinya, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu. Ketahui jenis produk apa yang paling banyak dibeli dan digunakan oleh pelanggan Anda.

Dengan memberikan promo yang sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa meningkatkan kepuasan pelanggan. Langkah ini sangat penting diterapkan jika ingin hasil promo lebih efektif.


Ragam Promo dari Layanan Gojek untuk Pemilik Usaha

Layanan pesan antar makanan - 5 Kesalahan Umum Saat Daftar GoFood

Gojek menyediakan beberapa layanan promo yang bisa dimanfaatkan pelaku usaha saat menawarkan produknya. Saat ini, Gojek menyediakan dua layanan promo, yaitu GoFood dan GoPay.

1. Promo GoFood

Anda bisa memanfaatkan program promo GoFood untuk meningkatkan penjualan produk kuliner. Untuk melakukan ini, caranya sangat mudah, yaitu dengan mendaftarkan diri melalui aplikasi GoBiz.

Ada berbagai jenis promo GoFood yang tersedia, di antaranya promo rekomendasi, promo potongan harga, dan promo diskon ongkos kirim. Masing-masing jenis promo dapat digunakan dengan ketentuan yang berbeda.

2. Promo GoPay

Promo GoPay adalah jenis promo yang ditujukan kepada pelanggan  yang menggunakan GoPay sebagai alat pembayaran transaksi. Jenis promo yang tersedia adalah diskon menu, diskon total belanja, dan diskon ongkir. 

Perlu diketahui, ada beberapa pilihan promo yang disponsori oleh Gojek, tetapi ada pula yang biaya sepenuhnya dibebankan kepada pelaku usaha. Karena itu, pelaku usaha perlu membaca Syarat dan Ketentuan terlebih dahulu.

Promo GoPay juga bisa dinikmati oleh segala jenis usaha. Mitra Usaha Gojek yang memiliki usaha selain usaha kuliner, juga bisa memanfaatkan promo ini untuk menarik pelanggan dan meningkatkan transaksi lebih banyak, lho!

Bagaimana, sudah siap untuk membuat berbagai promo GoPay dan tingkatkan penjualan? Ayo, coba sekarang!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021 – Selama pandemi, ada banyak sekali pengusaha selengkapnya

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode – Bagi seorang pengusaha, selengkapnya