GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

22 Fitur pada Aplikasi POS yang Berguna dalam Menjalankan Usaha

Menjalankan sebuah usaha bukan perkara mudah. Mengelola dan menetapkan bidang usaha, target pasar, serta pola penjualannya tidak semudah membalik telapak tangan.

Anda bisa menggunakan aplikasi POS yang dapat membantu Anda dalam menjalankan berbagai macam usaha, baik itu usaha kuliner seperti restoran ataupun usaha jasa seperti laundry. Berikut adalah 22 fitur pada aplikasi POS yang dapat memudahkan Anda dalam berwirausaha.

Fitur Aplikasi POS untuk Usaha

1. Varian Produk

Salah satu fitur yang terdapat pada aplikasi POS adalah memungkinkan penggunanya untuk membuat daftar varian produk yang ada. Daftar ini dapat dikatakan sebagai tempat untuk mengelompokkan barang-barang sesuai dengan kategorinya. Maka dari itu, semua produk atau menu akan tercatat dengan rapi, dan tidak menyulitkan Anda saat mencari informasi dan datanya.

2. Pencarian Produk

Jika telah mengelompokkan produk berdasarkan kategorinya, Anda dapat mencarinya dengan mudah. Tidak perlu mencarinya pada semua folder, karena seluruh produk dan barang telah tersimpan dengan rapi pada kategorinya masing-masing. Cukup masukkan keyword pencarian, informasi tentang barang atau produk akan mudah ditemukan. Tentu saja, Anda harus memberi nama yang sesuai dengan identifikasi produk, agar tidak menyulitkan saat proses pencarian. Sistem katalog yang baik akan memudahkan semua proses.

3. Persediaan Barang

Masih tentang produk atau barang, aplikasi POS memudahkan Anda dalam menghitung seberapa banyak barang yang masih tersimpan. Anda bisa melakukan monitoring dan mengecek semua data barang yang ada. Ini akan menghindari Anda saat melakukan stocking, tidak perlu bingung dan pusing saat proses audit berlangsung. Semua siap dilakukan, karena seluruh data inventaris tertata dengan rapi.

4. Mutasi Barang

Sudah menjadi hal yang sangat umum jika suatu barang akan pindah ke tempat lain. Dengan aplikasi POS, proses mutasi tercatat dengan baik, sehingga memudahkan pemiliknya untuk mengetahui barang mana yang akan habis. Daftar mutasi barang juga berisi tempat atau lokasi ke mana barang atau produk tersebut berpindah. Maka dari itu, semua proses mutasi barang akan semakin mudah dipantau. 

5. Sistem Pesanan Otomatis

Bukan hanya sebagai tempat mencatat data dan informasi barang atau produk, aplikasi POS memungkinkan Anda untuk memesan barang yang kosong secara otomatis. Ini berkaitan dengan poin sebelumnya, yang mana aplikasi POS dapat menghitung persediaan barang. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika suatu produk telah habis persediaannya. Tentu saja, Anda tetap harus mengecek apakah data yang masuk ke pemasok benar dan sesuai dengan kebutuhan stok.

6. Sistem Return

Salah satu keunggulan dari aplikasi POS adalah adanya sistem pengembalian atau yang biasa dikenal dengan istilah return. Dengan fitur ini, proses pengembalian bisa dilakukan secara flexible, karena semuanya tercatat dalam aplikasi POS. Sudah jelas, ini sangat memudahkan kedua belah pihak, yaitu penjual dan pembeli. Jika proses return terlaksana dengan baik dan lancar, bukan tidak mungkin konsumen Anda akan memberikan penilaian positif, dan tidak berpindah ke lain hati.

7. Mengunggah Data Produk Secara Bersamaan

Sebuah usaha yang besar pada umumnya memiliki produk yang sangat banyak. Untuk menghindari memasukkan data satu per satu, fitur yang tersedia pada aplikasi POS memungkinkan Anda untuk mengunggahnya secara bersamaan. Mengunggahnya satu per satu selain membosankan, hanya akan membuang waktu yang dapat digunakan untuk aktivitas lainnya.

8. Kode Batang atau Barcode

Memiliki banyak produk atau barang itu artinya Anda harus punya sistem untuk pelacakan. Kode batang atau barcode dapat membantu proses tersebut. Dengan kode batang atau barcode, data dan informasi tentang barang akan muncul. Jenis, varian, lokasi penyimpanan, semuanya akan muncul dengan lengkap beserta tanggal mutasinya. Kode batang juga memudahkan Anda untuk menandainya jika telah berpindah ke suatu tempat, misalnya terjual.

9. Kemudahan Cara Pembayaran

Lupakan cara tradisional yang mana mengharuskan Anda bertransaksi menggunakan uang tunai. Melalui aplikasi POS, cara pembayaran lebih bervariatif dan prosesnya relatif cepat. Aplikasi POS memungkinkan konsumen membayar melalui bank dan channel lain. Selain itu, terdapat fitur yang bisa membagi pembayaran atau splitted bill. Dengan kemudahan ini, tentu saja konsumen akan senang karena tidak perlu membayar dengan cara lama, sedangkan Anda juga dimudahkan untuk menerima uang darinya.

10. Otorisasi Aplikasi

Sudah menjadi hal umum jika suatu usaha dilakukan lebih dari satu orang. Aplikasi POS memungkinkan banyak orang terlibat dalam menjalankan usaha Anda. Tentu saja, Anda sebagai owner memiliki hak otorisasi kepada akun karyawan. Anda bisa menetapkan goal utama dalam penjualan, seperti keuntungan tertentu, atau memantau bagaimana kinerja karyawan melalui aplikasi. Mengapa demikian? Anda bisa memantau aktivitas karyawan yang dikerjakan melalui aplikasi. 

11. Aplikasi POS Online (Berbasis Cloud) 

Fitur yang satu ini sangat memudahkan Anda dalam memulai semua proses. Dengan proses registrasi menggunakan perangkat seluler, Anda tidak perlu harus selalu berada di depan komputer untuk menjalankan sebuah usaha. Anda dapat memantau seluruh prosesnya dimana pun dan kapan pun. 

12. Transparansi Pelanggan

Fitur yang satu ini berupa tampilan layar yang dapat dilihat pelanggan saat proses transaksi sedang berjalan. Ini akan membuat usaha Anda terlihat lebih profesional, dengan tidak menutup-nutupi proses transaksi yang sedang berlangsung. Dengan demikian, pelanggan dapat mengoreksi atau memberitahu Anda jika sedang terjadi kesalahan atau kekeliruan.

13.  Membuat Program Promosi

Membuat sebuah usaha dengan tujuan mendapat keuntungan besar harus memiliki cara jitu untuk mencapainya. Salah satunya adalah dengan menggelar program promosi untuk memikat pelanggan. Dengan aplikasi POS, Anda bisa memprogram sebuah diskon pada inventaris. Jadi, tidak perlu khawatir dalam meng-update harga terbaru saat program diskon sedang berjalan.

14. Pencarian Data Konsumen

Fitur ini berkaitan dengan poin sebelumnya. Untuk menjalankan sebuah promosi, tentu Anda membutuhkan senjata untuk menjaring konsumen. Aplikasi POS memiliki sebuah fitur untuk proses pencarian pelanggan. Anda lebih mengetahui apa yang harus dilakukan untuk mengajak pelanggan membeli produk yang dijual.

15. Program Loyalti

Masih berhubungan dengan pelanggan, sebagai seorang yang sedang menjalankan sebuah usaha, pelanggan adalah aspek penting dalam mendulang kesuksesan. Dengan aplikasi POS, Anda sangat dimungkinkan untuk membuat program loyalti untuk pelanggan setia. Ini dapat meningkatkan potensi usaha Anda ke depannya.

16. Riwayat dari Pelanggan

Aplikasi POS memiliki fitur yang dapat mencatat setiap transaksi yang terjadi, beserta informasi pelanggannya. Bukan berarti untuk menyalahgunakan data pelanggan, tapi ini digunakan sebagai database yang akan memudahkan Anda dalam mencari riwayat pembelian. Dengan memiliki riwayat pelanggan, tidak perlu bingung dalam proses pemasaran barang, karena Anda tahu apa yang perlu dilakukan dengan riwayat pelanggan yang telah tersimpan.

17. Properti Khusus

Berbicara tentang riwayat pelanggan, di aplikasi POS, Anda bisa lebih mengenal gaya mereka dalam membeli produk dengan mengetahui usianya. Di fitur Properti Khusus, Anda dapat meng-input informasi tersebut dengan langsung menanyakan ke pelanggan. Maka dari itu, proses marketing dari usaha Anda akan berjalan maksimal.

18. Laporan Produk

Dengan menggunakan aplikasi POS, Anda akan merasakan kemudahannya dalam proses membuat laporan produk. Anda akan bisa melihat seberapa efektif cara menjalankan usaha yang dijalankan. Laporan akan berisi seluruh data penjualan. Ini dapat membantu Anda dalam membuat kebijakan yang tepat dalam proses memberikan harga dan penjualan di periode berikutnya.

19. Dashboard Laporan 

Dasbor pada aplikasi POS secara tidak langsung akan memberikan sebuah penilaian terhadap kinerja usaha Anda. Data-data tersebut akan muncul secara otomatis, sehingga Anda tidak perlu melakukan audit manual atau mencari dan menghitung satu per satu mutasi produk. Sangat mudah, bukan?

20. Laporan tentang Pelanggan

Tidak hanya tentang pengelolaan usaha, Anda bisa mendapatkan informasi tentang bagaimana perilaku konsumtif konsumen pada toko Anda melalui aplikasi POS. Tentu saja, ini akan memberikan peluang baik untuk penjualan pada periode berikutnya. Dengan aplikasi POS, Anda bisa mengetahui karyawan yang paling sering membeli produk toko Anda melalui riwayat pelanggan yang telah dibuat sebelumnya.

21. Laporan tentang Karyawan

Berbicara tentang laporan hasil akhir, Anda tidak hanya mendapatkan data-data penjualan yang telah terjadi selama satu periode, tapi juga kinerja karyawan dalam menjalankan tanggung jawabnya. Mengapa demikian? Kinerja karyawan dapat dipantau melalui aktivitas yang dilakukan pada aplikasi POS. Semua proses tersebut tercatat dengan baik, sehingga Anda bisa dengan mudah menentukan siapa karyawan terbaik.

22. Buat Proses Usaha Sesuai dengan Kemauan

Dalam menjalankan usaha, Anda sebagai owner memiliki kuasa penuh dalam mengatur ini dan itu. Di aplikasi POS, Anda diberikan fasilitas itu. Misalnya, dalam menjual sesuatu, Anda dapat mengatur apa saja produk yang akan masuk dalam daftar inventaris. Dengan kemudahan ini, bukan tidak mungkin sebuah usaha yang dijalankan akan meraih kesuksesannya.

Setelah mengetahui 22 fitur pada aplikasi POS yang dapat memudahkan Anda dalam menjalankan sebuah usaha, kini Anda tahu apa yang harus dilakukan. Keuntungan usaha dapat diraih dengan maksimal dengan memanfaatkan 22 fitur tersebut dengan tepat. Selamat menjalankan usaha!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021 – Selama pandemi, ada banyak sekali pengusaha selengkapnya

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode – Bagi seorang pengusaha, selengkapnya