GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

5 Manfaat Bergabung dengan Komunitas Bisnis

5 Manfaat Bergabung dengan Komunitas Bisnis – Komunitas bisnis menjadi salah satu perkumpulan yang dicari dan digemari oleh banyak pelaku usaha. Mengapa? Sebab, komunitas bisnis membangun lingkungan suportif yang mampu mendorong perkembangan dan perubahan lebih baik bagi para anggotanya.

Banyaknya interaksi dengan orang-orang yang berasal dari berbagai kalangan dan bidang akan membuat cara berpikir Anda makin luas dan berkembang. Nah, bagi Anda yang saat ini sedang menjalankan usaha, apakah Anda sudah bergabung dengan komunitas bisnis?


Mengapa Anda Perlu Bergabung dengan Komunitas Bisnis?

Menjalankan bisnis baru mungkin akan terasa seperti bertarung sendirian di medan perang. Saat berada di masa-masa sulit, orang lain yang mungkin pernah mengalami hal serupa seperti Anda bisa memberikan dorongan dan motivasi untuk terus maju.

Itulah mengapa penting bagi Anda untuk bergabung di komunitas bisnis yang dapat memberikan banyak manfaat sepanjang jalan berbisnis. Untuk mengetahui manfaatnya lebih lengkap, simak 5 manfaat bergabung dengan komunitas bisnis berikut ini.

Baca juga: 5 Tips Membangun Relasi di Komunitas Bisnis Online


5 Manfaat Bergabung dengan Komunitas Bisnis

Apa Itu Komunitas Partner GoFood dan Bagaimana Cara Bergabung

1. Mendapatkan Dukungan

Manfaat bergabung dengan komunitas bisnis online yang pertama adalah untuk mendapatkan dukungan. Dalam menjalankan usaha, terkadang teman dan pasangan masih belum memahami ide dan visi usaha Anda, tetapi komunitas bisnis Anda akan mengerti sepenuhnya perjuangan Anda.

Memiliki relasi dengan sesama pemilik usaha, sangat membantu saat Anda perlu bercerita sharing, atau sekadar mengobrol. Dukungan semacam itu merupakan harta yang tak ternilai harganya.

2. Memperoleh Feedback tentang Bisnis

Komunitas bisnis adalah tempat yang tepat untuk mendapatkan feedback atau umpan balik tentang bisnis Anda.

Relasi Anda di komunitas tersebut mungkin bisa memberikan perspektif segar tentang kreasi produk, branding, promosi, penentuan harga dan channel berjualan, hingga cara baru untuk melakukan sesuatu, hingga cara baru untuk melakukan sesuatu.

Dengan demikian, Anda bisa menyuguhkan inovasi baru yang salah satunya bermanfaat untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

Berbagai jenis feedback ini juga dapat membantu Anda dan usaha Anda untuk dapat menjadi lebih kompetitif dalam menghadapi persaingan usaha yang kian ketat. 

Di sisi lain, Anda juga bisa mencari feedback dari para ahli yang bersedia berperan sebagai mentor bisnis Anda. Jangan lupa, banyak dari anggota komunitas bisnis yang merupakan “pemain lama” di dunia bisnis sehingga feedback yang mereka berikan pun bisa memberikan dampak besar bagi perkembangan bisnis Anda.

3. Sumber Daya

Komunitas bisnis memiliki semua jenis sumber daya yang dapat membantu menjalankan bisnis Anda lebih mudah.

Misalnya, saat ini Anda sedang mencari bluetooth printer untuk mencetak struk di resto Anda dan anggota komunitas bisnis yang Anda Ikuti menyarankan untuk menggunakan GoBiz Mobile Printer.

Atau, mungkin Anda memiliki kendala mencari supplier bahan baku yang tepat untuk resto Anda dan relasi Anda menyarankan untuk menggunakan GoFresh supaya lebih mudah dan praktis.

Contoh lain, beberapa hari terakhir resto Anda sepi pembeli dan Anda bertanya kepada salah satu mentor dalam komunitas yang Anda ikuti. Setelah ditelusuri, ternyata kata-kata promosi yang usaha Anda gunakan kurang menarik dan Anda pun memperbaikinya.

Dari berbagai rekomendasi tersebut, tentu mengoperasikan bisnis menjadi lebih mudah karena Anda berada di dalam komunitas bisnis yang bisa Anda percaya untuk memajukan usaha.

4. Akuntabilitas

Sederhananya, akuntabilitas adalah sebuah pertanggungjawaban. Dalam bisnis, Anda perlu punya etika ini karena tanpanya akan sulit bagi Anda untuk menyelesaikan sesuatu. Apalagi, terutama karena Anda tidak memiliki atasan untuk melapor, selain kepada diri Anda sendiri. 

Kebiasaan Anda untuk menunda-nunda akan membawa dampak negatif bagi perkembangan usaha.

Nah, di sinilah peran penting komunitas bisnis. Terkadang yang Anda butuhkan hanyalah sedikit dorongan dari relasi Anda untuk menyelesaikan masalah. Akuntabilitas akan mendorong Anda untuk mengembangkan rasa tanggung jawab dalam diri lewat dorongan yang Anda dapatkan dari komunitas bisnis.

Dengan demikian, Anda sebagai pemilik usaha pun dapat menjadi contoh baik bagi karyawan-karyawan Anda agar turut menerapkan rasa tanggung jawab dan rasa memiliki usaha yang dijalankan.

Baca juga: Cara Daftar BPOM dengan e-Registrasi untuk UKM

5. Pertumbuhan

Menjadi bagian dari komunitas bisnis online akan mendorong Anda dan usaha Anda untuk naik level. Selain bisa mendapatkan wawasan dan dukungan dari anggota komunitas bisnis lainnya, Anda juga bisa merasa lebih percaya diri, memiliki mindset yang terbuka, serta fokus pada solusi demi keberhasilan usaha.

Komunitas usaha pun bisa menjadi wadah yang tepat bagi Anda untuk memulai perjalanan Anda sebagai usaha yang sukses, lho!

Itulah informasi tentang 5 hal yang bisa didapat dengan bergabung di komunitas bisnis. Yuk, jangan ragu untuk mengembangkan usaha Anda ke level selanjutnya dengan bergabung di komunitas bisnis!

Apabila Anda saat ini sedang menjalankan usaha kuliner, yuk saling berjejaring dengan pengusaha kuliner lainnya se-Indonesia di Komunitas Partner GoFood (KOMPAG)! Di sini, Anda bisa belajar dari pemilik usaha lainnya, mendapatkan pelatihan agar usaha berkembang, dan banyak lagi!

Tertarik untuk bergabung dengan Grup Komunitas Partner GoFood?

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Tian Sen Reflexology & Acupressure Bocorkan 3 Strategi Bisnis JasaSaat Pandemi

Tian Sen Reflexology & Acupressure adalah usaha jasa yang bergerak di bidang selengkapnya

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan – Strategi promosi produk selengkapnya