GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

5 Tips Membangun Relasi di Komunitas Bisnis Online

5 Tips Membangun Relasi di Komunitas Bisnis OnlineNetworking dalam usaha adalah salah satu sumber daya terbaik untuk pengembangan karier dan kesuksesan profesional. Networking yang baik dapat memberikan Anda banyak kesempatan dan kemungkinan untuk maju dan berkembang, lho!

Jika Anda berharap untuk mengembangkan dan meningkatkan peluang untuk sukses secara profesional, Anda perlu memahami pentingnya networking atau membangun relasi dalam usaha. Salah satu caranya ialah membangun relasi di komunitas bisnis online. Jika ini pertama kalinya untuk Anda, tenang, ada berbagai tips penting yang bisa Anda terapkan.


Mengapa Membangun Relasi Itu Penting?

Jawabannya sebenarnya sederhana. Sebab, relasi atau networking memungkinkan Anda mengakses peluang yang mungkin tidak dapat Anda temukan sendiri.

Networking dapat memberi wawasan tentang berbagai aspek operasional usaha, informasi yang dicari oleh pelanggan, juga saran tentang bagaimana mereka dapat meningkatkan skala usaha kuliner mereka.

Jika Anda mampu membentuk dan mempertahankan hubungan, satu kontak saja dapat membuka peluang pertemuan atau kolaborasi usaha kuliner dengan beberapa pengusaha hebat. Networking yang efektif dapat menghemat waktu dan tenaga. Jadi, mengetahui cara menggunakannya secara efektif dapat menjadi alat ampuh untuk perkembangan usaha.


Membangun Relasi dengan Bergabung ke Komunitas Bisnis Online

Anda bisa membangun networking dengan cara bergabung ke komunitas bisnis. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, komunitas bisnis merupakan perkumpulan dari sekelompok orang yang mempunyai kesamaan nilai-nilai.

Komunitas bisnis lahir dari keinginan para anggotanya untuk saling berinteraksi demi tujuan tertentu. Tujuan utamanya tentu membangun networking yang dapat membantu perkembangan bisnis. 

Baca Juga: Konfirmasi Diri untuk Jaga Privasi Data Usaha di GoBiz


5 Tips Membangun Relasi di Komunitas Bisnis Online

Ada beberapa tips membangun relasi yang bisa Anda lakukan di komunitas bisnis online, di antaranya:

1. Cari Orang yang Tepat

Jangkaulah orang-orang yang dapat memberi Anda bantuan khusus yang Anda butuhkan. Jika Anda tertarik pada satu bidang tertentu, membangun network dengan anggota komunitas bisnis online yang bekerja di industri tersebut bisa membantu Anda.

Jika Anda ingin banting setir dari bekerja kantoran menjadi pengusaha kuliner online dari rumah, dapatkan informasi dari anggota komunitas bisnis yang pernah melakukan lini bisnis yang sama seperti Anda.

2. Menerapkan Prinsip Memberi dan Menerima

Penting untuk mencari tahu apa yang dapat ditawarkan oleh anggota komunitas bisnis yang Anda jumpai. Anda perlu mengingat anggota-anggota yang berpotensi memberikan Anda keuntungan ke depannya. Namun, hal yang tidak kalah penting adalah mengetahui apa yang dapat Anda tawarkan sebagai imbalan. 

Idealnya, membangun relasi harus saling menguntungkan. Jadi, pastikan untuk memberi tahu para anggota di komunitas bisnis Anda bagaimana Anda dapat membantu mereka. Jika Anda bersedia mendukung mereka, kemungkinan besar mereka akan melakukan hal yang sama.

3. Bersikaplah Proaktif

Mengembangkan relasi Anda sepanjang tahun sangat penting untuk mempertahankan koneksi yang bermanfaat. Jika Anda tiba-tiba mengirim pesan ke anggota komunitas bisnis yang belum pernah Anda ajak bicara sebelumnya, mereka mungkin enggan berjejaring dengan Anda atau memberikan bantuan.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menjaga hubungan yang menyenangkan dengan network yang Anda punya setiap saat. 

4. Optimalkan Platform Media Sosial

Menjadi lebih mudah untuk memelihara jaringan profesional karena teknologi. Internet adalah sumber daya yang berharga untuk membuat, mengembangkan, dan berkomunikasi dengan para anggota komunitas bisnis Anda. 

Gunakan platform media sosial untuk terhubung dengan anggota-anggota yang penting bagi Anda atau untuk memulai percakapan dengan orang yang Anda temui saat acara.

Mengirim permintaan pertemanan atau pesan singkat ke kontak baru dapat membantu mereka mengingat Anda dan mendorong mereka untuk mencari hubungan timbal balik.

5. Rutin Menghadiri Acara Komunitas

Bersosialisasi secara langsung masih merupakan kesempatan terbaik Anda untuk menciptakan network yang sukses. Menghadiri acara komunitas akan membuka pintu bagi Anda untuk memperoleh berbagai kontak penting. 

Kemungkinan besar, orang lain di acara tersebut juga akan menjalin networking dan dengan senang hati akan bertukar kontak dan pengalaman dalam mengembangkan usaha dengan Anda. Siapa tahu, Anda bisa bertemu sosok mentor untuk membantu pengembangan usaha kuliner Anda secara lebih intensif!

Maka dari itu, perhatikan jadwal pertemuan komunitas bisnis agar Anda bisa selalu hadir untuk membangun networking.

Itulah 5 tips membangun network di komunitas bisnis online yang bisa Anda coba. Nah, untuk Anda yang saat ini memiliki usaha kuliner, apakah Anda sudah bergabung di komunitas bisnis online seperti Komunitas Partner GoFood (KOMPAG)?

Dengan bergabung di Komunitas Partner GoFood, Anda bisa menjalin relasi dengan sesama pemilik kuliner se-Indonesia, mendapatkan ilmu dari pemilik usaha lainnya, juga berkolaborasi untuk menciptakan ekosistem usaha kuliner yang lebih baik lagi di Indonesia!

Tertarik untuk bergabung dalam Komunitas Partner GoFood di Facebook? Yuk, klik tombol di bawah ini, ya!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Pengertian, Jenis, Peran, dan Perkembangan UMKM di Indonesia

Pengertian, Jenis, Peran, dan Perkembangan UMKM di Indonesia – Masih berpikir bahwa selengkapnya

Apa itu NIB dan Pentingnya untuk Usaha Anda?

Apa itu NIB dan Pentingnya untuk Usaha Anda? – NIB adalah akronim dari Nomor Induk selengkapnya