Pengertian dan Cara Membuat Laporan Laba Rugi Usaha Anda – Laporan laba rugi adalah ringkasan laba atau rugi suatu usaha selama satu periode waktu tertentu (seperti sebulan, tiga bulan, atau satu tahun).
Laporan ini digunakan untuk melacak pendapatan dan pengeluaran sehingga Anda dapat menentukan kinerja operasi usaha selama periode waktu tertentu.
Pengertian Laporan Laba Rugi
Laporan laba rugi menunjukkan apakah sebuah usaha menghasilkan keuntungan atau tidak selama periode yang dilaporkan.
Laporan ini memeriksa periode waktu tertentu dari usaha dengan mempertimbangkan semua biaya dan pendapatan yang diterima dalam rentang waktu tersebut dan memecahnya sampai hanya pendapatan bersih yang tersisa.
Laporan ini juga memberikan informasi tentang risiko, fleksibilitas keuangan, laba atas investasi, dan kemampuan operasi yang terlibat dalam usaha.
Baca juga: 15 Jenis Usaha yang Berpeluang & Laris
Manfaat Laporan Laba Rugi
1. Memberikan Informasi Rinci Tentang Pendapatan Usaha
Laporan ini memberikan data rinci tentang pendapatan. Laporan ini tidak hanya memperhitungkan pendapatan yang diperoleh dari penjualan, tetapi juga memperhitungkan pendapatan yang diperoleh dari komponen non operasional seperti bunga yang diperoleh dari investasi yang berbeda.
2. Database untuk Analisis Investor
Laporan ini juga menyediakan semua data dari penjualan hingga keuntungan, efisiensi operasional hingga aspek non operasional lainnya.
Semua informasi yang tercakup dalam laporan laba rugi secara kumulatif membantu investor mendapatkan gambaran yang jelas tentang kondisi usaha saat ini dan peluangnya untuk tumbuh di masa depan.
3. Manfaat Lainnya
Pertama, laporan keuangan dapat menunjukkan tingkat keuntungan usaha selama periode waktu tertentu. Jadi, Anda dapat melihat pendapatan utama yang diperolehnya.
Kedua, laporan ini signifikan karena didasarkan pada prinsip pencocokan dan menunjukkan biaya yang dikeluarkan oleh usaha untuk memperoleh pendapatan.
Selain itu, laporan laba rugi juga membantu sebuah usaha menganalisis pengeluaran dan memperhitungkan arus utama pendapatan.
Baca juga: 4 Komponen Utama yang Harus Ada dalam Pembukuan Usaha
Cara Membuat Laporan Laba Rugi Usaha
1. Pilih Periode Pelaporan
Langkah pertama adalah menentukan periode pelaporan. Sebuah usaha biasanya melaporkan laporan ini secara tahunan atau bulanan.
2. Buat Laporan Saldo Uji Coba
Untuk membuat laporan usaha, Anda perlu mencetak laporan neraca percobaan standar. Anda dapat dengan mudah menghasilkan neraca saldo melalui perangkat lunak/software akuntansi berbasis cloud. Ini akan memberi Anda semua angka saldo akhir yang dibutuhkan untuk membuat laporan laba rugi.
3. Hitung Pendapatan
Selanjutnya, hitung total penjualan usaha selama periode pelaporan. Pendapatan Anda mencakup semua uang yang diperoleh selama periode pelaporan.
Tambahkan semua item di bagian pemasukan dari laporan neraca percobaan dan masukkan jumlah total dalam item baris pendapatan dari dalam laporan.
4. Tentukan Biaya Penjualan Barang
Harga pokok penjualan mencakup biaya tenaga kerja langsung, bahan, dan biaya overhead yang dikeluarkan untuk menyediakan barang atau jasa.
Masukkan semua item baris harga pokok penjualan di laporan saldo percobaan dan buat daftar total harga pokok penjualan di laporan laba rugi, tepat di bawah item baris pendapatan.
5. Hitung Gross Margin
Kurangi total harga pokok penjualan dari total pendapatan pada laporan keuangan. Perhitungan ini akan memberi Anda margin kotor, atau jumlah kotor yang diperoleh dari penjualan barang dan jasa.
6. Masukkan Biaya Operasi
Tambahkan semua biaya operasional yang tercantum di laporan neraca saldo. Masukkan jumlah total ke dalam laporan sebagai item baris biaya penjualan dan administrasi tepat di bawah garis margin kotor.
7. Hitung Penghasilan
Kurangi total biaya penjualan dan administrasi dari margin kotor untuk mendapat angka pemasukan sebelum pajak. Masukkan jumlah di bagian bawah laporan.
8. Masukkan Pajak Penghasilan
Untuk menghitung pajak pendapatan, kalikan tarif pajak negara bagian yang berlaku dengan angka pendapatan sebelum pajak. Tambahkan ini ke laporan di bawah angka penghasilan sebelum pajak.
9. Hitung Penghasilan Bersih
Untuk menentukan pendapatan bersih usaha Anda, kurangi pajak pendapatan dari total pendapatan usaha Anda. Masukkan angka tersebut ke dalam baris terakhir laporan Anda.
10. Selesaikan Laporan Penghasilan
Tambahkan detail bisnis Anda dan periode pelaporan yang dicakup oleh laporan usaha.
Itulah informasi tentang pengertian dan cara membuat laporan laba rugi usaha Anda. Semoga sekarang Anda bisa membuat laporan yang baik dan benar, ya.
Bila ingin menyusun laporan keuangan dengan lebih praktis, Anda bisa memanfaatkan GoBiz yang membantu Anda membuatnya dengan lebih mudah dan nyaman.
GoBiz adalah Super App dari Gojek untuk mengembangkan usaha Anda, dengan 3 layanan utama, layanan pengelolaan pesan antar makanan dengan GoFood, layanan penerimaan uang digital berstandar QRIS dengan GoPay, juga layanan pencatatan penjualan secara otomatis dengan GoKasir. Hasil pencatatan otomatis dengan GoKasir bisa menjadi bahan Anda untuk merangkum pendapatan Anda dan membuat laporan laba-rugi.
Klik di sini untuk tahu info lebih lanjut soal GoBiz atau klik tombol di bawah untuk daftar sekarang!