GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

7 Fungsi Laporan Keuangan untuk Usaha Anda

7 Fungsi Laporan Keuangan untuk Usaha Anda – Ketika membaca soal “laporan keuangan,” seringkali orang merasa kebingungan. Laporan keuangan adalah catatan transaksi keuangan sebuah usaha dalam satu periode atau tahun. Ada banyak juga jenis laporan keuangan, masing-masing punya kegunaan tersendiri.

Nah, jangan sampai Anda mengabaikan fungsi laporan keuangan untuk usaha karena ternyata ada banyak sekali manfaatnya bagi Anda. Mari simak penjelasannya berikut ini. 

7 Fungsi Laporan Keuangan untuk Usaha Anda

1. Cerminan kondisi usaha

Bagaimana caranya Anda tahu apakah usaha Anda sukses atau masih perlu perbaikan? Caranya adalah dengan melihat laporan keuangan yang ada. Dari sana, Anda bisa melihat berapa banyak pemasukan dan pengeluaran di usaha Anda.

Bila ada yang tidak sesuai, maka Anda bisa dengan tanggap menanganinya sebelum kerugian semakin besar. Informasi selain laba rugi juga bisa Anda lihat, seperti aset, arus kas, dan utang piutang. 

Baca juga: 5 Strategi Penetapan Harga untuk Berjualan

2. Bahan evaluasi untuk ekspansi

Bagi Anda yang merencanakan untuk mengembangkan usaha, entah itu membuka toko cabang baru atau menambah produk jualan, ada baiknya untuk mengecek laporan keuangan terlebih dahulu.

Fungsi laporan keuangan adalah untuk membantu Anda menilai apakah bisnis yang dijalankan sudah cukup stabil atau belum. 

Misalnya saja Anda melihat bahwa penjualan menjelang liburan anak sekolah lebih tinggi daripada penjualan mendekati liburan akhir tahun. Dengan mengantongi informasi ini, Anda pun bisa semakin mantap untuk menyusun rencana ekspansi bisnis!

3. Acuan saat akan mengambil keputusan

Salah satu kesulitan dalam berbisnis yang bisa terbantu oleh fungsi laporan keuangan adalah pengambilan keputusan. Meski Anda termasuk orang yang intuitif, pastinya masih ada keraguan setiap kali akan mengambil keputusan bila tidak didukung dengan bukti konkret. Nah, bukti konkret yang Anda butuhkan yakni laporan keuangan. 

Jika Anda lagi bimbang soal rencana membuka lowongan kerja baru, misalnya, Anda bisa melihat kondisi finansial bisnis Anda yang tercantum di laporan keuangan.

Contoh lainnya seperti rencana untuk pindah tempat usaha atau pengadaan produk baru, semuanya bisa Anda pertimbangkan kembali dengan melihat laporan keuangan. 

4. Meningkatkan kredibilitas usaha

Mungkin saja Anda ingin mencari investor atau mitra bisnis baru untuk mendukung usaha Anda. Untuk melakukannya, Anda perlu menunjukkan laporan keuangan untuk usaha Anda.

Tanpanya, bisnis yang Anda jalankan akan kehilangan kredibilitas karena dianggap kurang hati-hati dalam mengelola keuangan, atau bahkan dicurigai sebagai bisnis yang tidak kompeten. 

Akhirnya, hilanglah kesempatan untuk mengembangkan bisnis Anda. Jangan sampai kasus ini terjadi pada bisnis Anda, ya. Mulailah menyusun laporan keuangan bisnis secara rutin dan teliti. 

5. Mampu menghindari risiko usaha

Setiap industri bisnis pasti punya risiko tersendiri, entah itu faktor internal maupun eksternal. Sekarang, tinggal bagaimana Anda gesit menangkap peluang dan menghindari risiko yang ada sebaik mungkin.

Inilah salah satu fungsi laporan keuangan, yaitu sebagai alat untuk membantu Anda untuk memprediksi apakah risiko yang akan diambil itu sepadan dengan potensi keuntungan yang mungkin didapat. 

Anda perlu melihat arus kas dan keseluruhan performa usaha Anda yang terangkum dalam laporan keuangan. Dengan begitu, Anda bisa menerka kemampuan bisnis Anda untuk bertahan ke depannya. 

6. Laporan keuangan sebagai syarat pinjaman

Ini dia fungsi laporan keuangan yang baru disadari ketika sudah terlambat. Ketika menjalankan sebuah bisnis, kita membutuhkan bantuan pinjaman modal.

Tujuannya beragam, mulai dari untuk menstabilkan arus kas, pengembangan bisnis, upgrade peralatan dan perlengkapan bisnis, dan masih banyak lagi. 

Dari banyaknya tawaran pinjaman modal yang bisa Anda ambil, hampir semuanya mewajibkan Anda untuk melampirkan laporan keuangan bisnis Anda sebagai bukti performa bisnis selama ini. Hal ini juga menjadi indikator apakah usaha Anda mampu membayar pinjaman tersebut sesuai kesepakatan.

7. Membantu perhitungan pajak

Terakhir, fungsi laporan keuangan adalah untuk membantu Anda dalam pelaporan dan pembayaran pajak. Tanpa adanya laporan keuangan yang relevan dan mudah dimengerti, Anda bisa saja keliru dalam melaporkan pajak seperti SPT Tahunan Badan.

Ini dikarenakan sistem perpajakan di Indonesia yang sifatnya self assessment, jadi Anda perlu menghitung sendiri jumlah pajak yang harus dibayarkan.

Bila Anda selama ini telaten menyusun laporan keuangan bisnis, maka Anda pun semakin terhindar dari risiko salah hitung dan terkena denda pajak. 

Itu dia sejumlah fungsi laporan keuangan untuk usaha Anda. Ya, Anda tidak perlu khawatir karena penyusunan laporan keuangan bisa dilakukan mudah dengan menggunakan GoBiz, lho!

Apabila Anda ingin merekap transaksi layanan pesan antar GoFood, atau mungkin mencatat transaksi pembayaran GoPay, semua dapat tercatat secara otomatis di aplikasi GoBiz.

Yuk, segera daftarkan usaha Anda dengan klik tombol di bawah ini untuk download aplikasi GoBiz sekarang juga!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Apa itu NIB dan Pentingnya untuk Usaha Anda?

Apa itu NIB dan Pentingnya untuk Usaha Anda? – NIB adalah akronim dari Nomor Induk selengkapnya

6 Tips Mengelola Modal Usaha

6 Tips Mengelola Modal Usaha – Ibarat mobil di jalanan, modal usaha itu layaknya selengkapnya