GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Ingin Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadan? Yuk, Lakukan 5 Hal Ini!

Ingin Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadan? Yuk, Lakukan 5 Hal Ini! – Marhaban ya Ramadan! Bulan suci Ramadan memang membawa berkah melimpah bagi kita semua. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk kita berbagi kebaikan dengan sesama, bukan?

Bagi para pemilik usaha, berbagi kebaikan pun bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mungkin terlihat sepele, tapi dampak positifnya begitu besar bagi yang menerimanya.

Mari kita simak 5 cara pemilik usaha bisa berbagi kebaikan di bulan Ramadan penuh fitri ini. 

5 Cara Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadan

1. Buat promo untuk traktir driver ojek online

Sebagai pemilik usaha, Anda mungkin enggan untuk secara langsung mengajak para pembeli mentraktir driver ojek online yang mengantarkan makanan mereka.

Namun, ada cara alternatif yang bisa Anda lakukan untuk memberi dorongan kepada para pembeli agar bisa mengubah niat baik mereka menjadi langkah nyata.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah membuat menu paket atau promo khusus di GoFood melalui aplikasi GoBiz. Seperti apa contohnya?

Anda bisa membuat menu paket yang berisikan 2 item makanan dan minuman dengan harga yang lebih murah. Jadi, saat pembeli memesan menu paket tersebut, secara otomatis 1 item makanan dan minuman akan diberikan kepada driver ojek online.

Beri tambahan informasi deskripsi menu paket agar pembeli bisa memahami cara kerjanya. Dengan begitu, bisnis Anda bisa membantu para pembeli untuk beramal di bulan Ramadan.

2. Berbagi kebaikan lewat free takjil

Nah, bagaimana jika usaha Anda yang beramal baik di bulan Ramadan? Anda bisa berbagi menu takjil kepada para driver ojek online yang belum bisa berbuka puasa karena perlu mengantarkan pesanan makanan pelanggan.

Sambil menunggu pesanan dibuat, Anda bisa memberikan menu takjil seperti snack, potongan buah, atau seporsi kecil nasi dan lauk kepada driver ojek online

Baca juga: 6 Usaha Jualan Takjil untuk Buka Puasa yang Menguntungkan

Mempersiapkan takjil untuk dibagikan ke driver ojek online juga sangat mudah. Anda bisa memilih snack seperti biskuit atau permen coklat agar mereka bisa menyegarkan raga sehabis berpuasa seharian.

Harapannya, kebaikan kecil Anda bisa menghadirkan senyum bagi para driver ojek online yang bekerja keras membantu kelancaran usaha Anda selama ini!

3. Beri minuman untuk driver ojek online berbuka

Salah satu menu yang paling banyak dicari menjelang buka puasa adalah segelas air putih. Namun, minum air putih saja belum bisa meredakan rasa lapar di perut. Karenanya, Anda bisa membagikan teh manis kepada para driver ojek online begitu azan Magrib berkumandang. 

Selain sangat mudah untuk dibuat, ternyata teh manis juga cepat untuk menghilangkan dahaga dan mengembalikan energi dengan cepat, lho.

Pastinya para driver ojek online merasa letih dan lemas karena berpuasa sambil bekerja di jalanan yang macet dan di bawah teriknya matahari, dengan menyeruput es teh manis, rasa haus hilang, tubuh pun tidak lagi lemas.

4. Ajak pelanggan bersedekah lewat GoPay

Bulan Ramadan adalah saat terbaik untuk beramal karena segala perbuatan baik kita akan mendapat pahala yang berlipat ganda. Salah satunya adalah dengan bersedekah.

Faktanya, banyak sekali masyarakat yang sebenarnya ingin berdonasi, tetapi bingung harus berdonasi ke mana dan lewat apa. Inilah waktunya bagi usaha Anda untuk membantu sesama yang membutuhkan sekaligus pelanggan Anda yang ingin bersedekah. 

Caranya mudah sekali, Anda bisa memajang QR code organisasi nonprofit pilihan Anda di depan kasir untuk kemudian bisa di-scan/dipindai langsung oleh pelanggan yang ingin berdonasi.

Atau, Anda juga bisa mengajak pelanggan untuk berdonasi saat melakukan pembayaran dengan GoPay. Jadi, uang yang masuk ke sistem GoBiz bisa Anda pisahkan untuk donasi dan cash flow bisnis. Mudah, bukan?

5. Adakan acara buka bersama anak yatim piatu

Senangnya berbagi kebahagiaan bersama anak-anak yatim piatu. Anda bisa mengadakan acara buka bersama di restoran atau di tempat bisnis Anda bersama panti asuhan terdekat.

Pertama-tama, Anda perlu menghubungi pihak yayasan terkait rencana buka bersama ini. Lalu, siapkan menu buka bersama sesuai jumlah pesertanya nanti, apakah akan dibagikan nasi kotak atau menu prasmanan.

Jangan lupa juga untuk mengisi keseruan buka bersama dengan acara-acara hiburan, seperti lomba mewarnai atau nonton film bersama. Namun, jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan saat melangsungkan acara, ya!

Yuk, maksimalkan amal baik Anda di bulan Ramadan dengan 5 cara di atas. Tidak perlu khawatir, GoBiz siap membantu Anda!

Dengan satu platform saja, Anda bisa mengakses layanan pesan antar GoFood, memesan bahan baku dari GoFresh, menerima pembayaran nontunai dengan GoPay, membuat promo pelanggan, dan masih banyak lagi.

Mau tahu bagaimana GoBiz bisa membantu usaha Anda naik kelas? Yuk, download aplikasi GoBiz di Play Store dan nikmati semua layanannya, ya!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Pengertian, Jenis, Peran, dan Perkembangan UMKM di Indonesia

Pengertian, Jenis, Peran, dan Perkembangan UMKM di Indonesia – Masih berpikir bahwa selengkapnya

Apa itu NIB dan Pentingnya untuk Usaha Anda?

Apa itu NIB dan Pentingnya untuk Usaha Anda? – NIB adalah akronim dari Nomor Induk selengkapnya