GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

8 Cara Agar Usaha Lebih Efisien, Wajib Diterapkan!

8 Cara Agar Usaha Lebih Efisien, Wajib Diterapkan! – Dalam usaha apa pun, efisiensi adalah hal yang sangat penting dalam operasional usaha. Ibarat sebuah pesawat, usaha harus terus berjalan dengan baik, tidak hanya untuk pemilik usaha tapi juga untuk konsumen.

Sayangnya, inefisiensi kerap menjadi beban yang membuat usaha merugi. Pernah merasakannya?

Inefisiensi adalah ketika Anda menghabiskan modal lebih banyak daripada pendapatan yang diperoleh. Bentuknya bisa bermacam-macam. Mulai dari produk cacat yang terbuang, stok berlebih, hingga pelayanan usaha yang mengecewakan pelanggan. 

Dengan sumber daya yang serba terbatas, efisiensi jadi makin penting perannya bagi usaha kecil dan menengah. Lantas, bagaimana cara agar usaha berjalan lebih efisien?


8 Cara Agar Usaha Lebih Efisien

1. Buat rencana usaha

Ini dia cara pertama agar usaha berjalan lebih efisien. Usaha tanpa rencana itu seperti manusia yang tidak punya tulang belakang. Rencana bukan cuma merupakan kunci penting untuk menjalankan semua jenis usaha.

Rencana akan membantu Anda menguraikan tujuan, sasaran usaha, serta proyeksi pertumbuhan yang diharapkan. Yang lebih penting lagi, rencana usaha akan membantu Anda mencapai tujuan.

2. Manfaatkan outsourcing untuk aktivitas non inti

Anda tidak mungkin menguasai semua bagian dalam usaha Anda. Tidak ada satu orang yang bisa Anda tugaskan untuk mengerjakan masalah manajemen sumber daya manusia, administrasi, penggajian maupun promosi secara bersamaan.

Namun untuk mempekerjakan banyak orang sekaligus, Anda tentu harus mengeluarkan biaya yang besar.

Sebagai solusi, manfaatkan tenaga kerja outsourcing atau pihak ketiga untuk tugas-tugas non inti. Anda bisa mencari melalui perusahaan outsourcing atau dengan memilih sendiri pekerja untuk melakukan tugas-tugas khusus yang tidak termasuk aktivitas inti dalam operasional usaha (seperti pembuatan produk, pengembangan produk dan hal-hal yang berhubungan langsung dengan proses produksi). 

3. Fokuslah pada hal-hal yang penting

Core activities atau aktivitas inti adalah komponen yang penting bagi semua usaha. Dengan fokus pada aktivitas inti, Anda bisa memperoleh kesempatan lebih besar untuk memenangkan persaingan dan membuat usaha berjalan lebih efisien.

Setelah mengalihkan aktivitas non-inti pada pihak ketiga, Anda akan punya lebih banyak waktu untuk fokus pada hal-hal yang paling krusial dengan cara seefisien mungkin.

4. Maksimalkan layanan pelanggan melalui media sosial

Siap membuat usaha berjalan lebih efisien? Tenang, langkah berikutnya berhubungan dengan pelanggan dan juga media sosial.

Seperti yang diketahui, pembeli adalah raja, dan raja harus selalu mendapatkan layanan terbaik sesuai dengan nilai yang telah dibayarnya. Media sosial merupakan salah satu sarana yang penting untuk bisa meningkatkan layanan pelanggan dalam usaha Anda.

Anda bisa menjawab berbagai pertanyaan terkait produk yang dijual, menerima masukan bahkan menerima pesanan pun kini bisa dilakukan lewat media sosial.

Memiliki media sosial tidak hanya akan meningkatkan brand awareness dan online presence di internet, tapi juga meningkatkan peringkat usaha Anda di mesin pencari. Adanya media sosial juga memungkinkan Anda berkomunikasi dua arah dengan para pelanggan.

5. Ciptakan lingkungan kerja yang bersahabat

Ini dia cara selanjutnya agar usaha berjalan lebih efisien. Karyawan akan merasa lebih bahagia jika mereka menyukai area tempat mereka bekerja. Di kantor, di kafe, di restoran dan di mana pun itu, pastikan semua orang bekerja dalam lingkungan yang nyaman dan sehat.

Ketika pemilik usaha merasa dekat dengan karyawannya, mereka bisa saling belajar, saling memberi semangat dan saling membantu.

Untuk mewujudkan lingkungan kerja yang nyaman, ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan. Mulai dari memberikan apresiasi, mengadakan outing bersama untuk menjalin kedekatan hingga menstimulasi produktivitas dengan adanya hadiah untuk karyawan terbaik setiap bulannya.

Tingkat kepuasan dan kebahagiaan karyawan berpengaruh secara langsung pada produktivitas mereka. Ketika usaha berjalan lebih efisien, itu artinya Anda dan karyawan sudah lebih produktif!

6. Terapkan sistem manajemen mutu

Ketika pasar sedang sepi, banyak perusahaan yang mencoba melakukan perampingan. Mulai dari mengurangi karyawan sampai menurunkan jumlah produksi. Sayangnya, langkah ini kerap membuat banyak usaha kehilangan stabilitas ketika pasar kembali normal.

Ketika situasi kembali seperti semula, beberapa pemilik usaha akan kesulitan memenuhi permintaan yang meningkat sambil mempertahankan kualitas dan profitabilitas. Efeknya, terjadi downgrade pada produk Anda dan artinya usaha Anda akan berada dalam masalah.

Agar usaha berjalan dengan lebih efisien, cobalah untuk menerapkan sistem manajemen mutu, yakni menetapkan standar yang baku dan tidak boleh dilanggar untuk setiap produk yang dikeluarkan.

Usaha dengan sistem manajemen mutu yang baik dan terstruktur akan lebih siap dalam menghadapi berbagai situasi dan membuat usaha berjalan lebih efisien. Selain itu, proses peningkatan kepuasan pelanggan akan lebih mudah dilakukan.

7. Manfaatkan otomatisasi

Bisa menjalankan berbagai pekerjaan secara otomatis adalah impian semua orang, tidak terkecuali para pemilik usaha. Selain bisa mengalokasikan waktu yang ada untuk hal lain yang lebih penting, mengotomatiskan akan menghemat tenaga, waktu bahkan uang Anda.

Contoh tugas-tugas yang bisa diselesaikan dengan otomatisasi antara lain mempercepat pemrosesan data perusahaan, misalnya dengan menggunakan aplikasi untuk memperoleh gambaran demografi pelanggan. 

Contoh lainnya adalah kontrol penghitungan neraca keuangan termasuk pajak dengan menggunakan aplikasi.

Siap untuk membuat usaha berjalan lebih efisien dengan tips yang satu ini? Layak dicoba, ya!

8. Manfaatkan teknologi pembayaran digital

Ingin usaha berjalan lebih efisien? Yuk, manfatakan perkembangan teknologi terkini! Tahukah Anda, perkembangan teknologi telah mengubah banyak sekali efisiensi dalam proses usaha. Saat ini, perkembangannya semakin masif.

Tidak hanya mengotomatisasikan berbagai pekerjaan, adanya teknologi seperti pembayaran digital yang sifatnya nontunai juga mengurangi beban kerja karyawan sekaligus meningkatkan kepuasan pelanggan. Salah satu contoh teknologi yang sedang berkembang pesat saat ini adalah alat pembayaran nontunai, seperti GoPay.

Mengapa transaksi nontunai seperti GoPay penting untuk meningkatkan efisiensi? Dilansir dari Forbes, menurut Co-chief Executive of Dos Toros, Leo Kramer, aktivitas transaksi tunai menghasilkan efek bottleneck atau macetnya aktivitas transaksi di satu titik. Hal ini secara langsung akan berdampak pada efisiensi proses usaha.

Proses menghitung uang sampai memberikan uang kembalian memakan lebih banyak waktu dan ini berpotensi membuat antrean menjadi semakin panjang. Adanya teknologi nontunai memungkinkan pelanggan untuk menyelesaikan transaksi secara lebih cepat.

Nah, bagi para pemilik usaha, penggunaan GoPay juga bisa menjadi sarana yang tepat untuk memberikan beragam promo menarik bagi para pelanggan, misalnya seperti diskon cashback.

Bagaimana, tertarik untuk membuat usaha Anda semakin efisien dengan membuat promo dengan GoPay? Yuk, nikmati berbagai keuntungan di atas dengan klik tombol di bawah ini!

Jangan lupa untuk follow Instagram @gopaypartners untuk dapatkan info-info menarik lainnya, ya!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Tian Sen Reflexology & Acupressure Bocorkan 3 Strategi Bisnis JasaSaat Pandemi

Tian Sen Reflexology & Acupressure adalah usaha jasa yang bergerak di bidang selengkapnya

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan – Strategi promosi produk selengkapnya