GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Cara Daftar Bantuan UMKM Online Terbaru dan Mudah

Cara Daftar Bantuan UMKM Online yang Perlu Anda Ketahui – Dalam upaya mendorong kembali perkembangan sektor UMKM, ada banyak cara yang sudah dan terus dilakukan oleh pemerintah Indonesia.

Salah satunya adalah dengan memberikan pelaku usaha UMKM Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang terdampak pandemi COVID-19 sebesar Rp1,2 juta. Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) ini khusus disalurkan oleh pemerintah bagi para pemilik usaha mikro yang belum tersentuh kredit perbankan.

Tentu saja ini adalah kabar baik bagi pelaku usaha UMKM yang membutuhkan suntikan dana untuk kembali menjalankan bisnisnya. Tidak sedikit usaha kecil di Indonesia terpaksa gulung tikar karena dampak pandemi COVID-19 yang terjadi sepanjang tahun 2020 lalu.

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan bantuan UMKM ini, ada cara daftar UMKM untuk bantuan pemerintah yang perlu Anda ketahui. Mari simak informasi lengkapnya berikut!


Apa Itu Bantuan UMKM Online dan Manfaatnya?

barista di kedai kopi sedang melayani pelanggan dengan pembayaran cashless - Definisi dan Dampak Cashless Society bagi Pemilik Usaha

Bantuan UMKM online adalah bantuan yang diberikan oleh pemerintah untuk mendorong kegiatan UMKM di Tanah Air. Bantuan ini makin gencar diberikan selama masa pandemi untuk membantu para pelaku UMKM yang terdampak sehingga dapat menjalankan kembali usahanya.

Pemerintah secara khusus menyediakan bantuan bagi UMKM yang terdampak sebesar Rp2,4 juta tahun lalu dan Rp1,2 juta tahun ini, untuk sekali pencairan. Jika ingin memperoleh bantuan tersebut, para pelaku UMKM harus mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Sebagai informasi, program Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) ini realisasinya mencapai 100% hingga akhir tahun 2020 lalu. Berhasil disalurkan kepada 12 juta pelaku usaha UMKM yang terdampak pandemi COVID-19, bantuan ini manfaatnya banyak dirasakan oleh masyarakat.

Kebanyakan pemilik UMKM dapat bertahan hidup dengan kembali menjalankan kegiatan usahanya lewat bantuan ini sehingga mengurangi dampak pandemi yang sangat besar dalam bidang usaha.

Baca Juga: 7 Penyebab Usaha Stagnan dan Cara Mengatasinya


Cara Daftar Bantuan UMKM Online

tips mengelola modal usaha (1) - uang - finansial

Cara daftar bantuan UMKM bisa Anda lakukan secara offline maupun online. Pengajuan secara langsung ke Dinas Koperasi dan UMKM setempat di tingkat kabupaten/kota bisa Anda lakukan jika Anda melakukan pendaftaran BLT UMKM secara online.

Perlu Anda ketahui, beberapa Pemerintah Daerah (Pemda) telah menerapkan aturan bagi pemilik usaha untuk melakukan pendaftaran UMKM secara online.

Akan tetapi, aturan ini tidak berlaku untuk semua dinas karena beberapa daerah masih mengharuskan pemilik usaha untuk menyerahkan berkas secara langsung.

Tahapannya adalah pertama-tama Anda perlu melakukan pengajuan pendaftaran bantuan ini ke Dinas Koperasi dan UMKM setempat di tingkat kabupaten/kota.

Setelahnya, Dinas Koperasi dan UMKM akan menyampaikan ke dinas di tingkat provinsi untuk dilanjutkan ke Kemenkop dan UMKM Deputi Bidang Usaha Mikro. Sebelum Anda melakukan pendaftaran UMKM online , ada beberapa persyaratan yang perlu Anda ikuti: 

  • Warga Negara Indonesia.
  • Mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  • Mempunyai usaha mikro.
  • Tidak bekerja sebagai PNS, TNI/Polri, pegawai BUMN atau BUMD.
  • Tidak sedang menerima pembiayaan dari pihak bank dan KUR.
  • Jika domisili usaha Anda berbeda dengan domisili di KTP, Anda dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha atau SKU.

Selain itu,  beberapa kelengkapan dokumen yang wajib Anda lengkapi di antaranya adalah:

  • Nomor Kartu Keluarga (KK).
  • Nama lengkap.
  • Informasi terkait bidang usaha.
  • Alamat tempat tinggal.
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  • Nomor telepon.

Saat proses seleksi, Dinas Koperasi dan UMKM akan bertindak sebagai pengusul yang tugasnya adalah membersihkan data calon penerima bantuan khusus UMKM di periode 2021. Pembersihan data calon penerima BLT UMKM 2021 ini akan dilakukan dengan cara:

  • Memverifikasi legalitas identitas kependudukan yang dimiliki.
  • Kemudian pengecekan kelengkapan surat dokumen persyaratan yang dilampirkan pemohon bantuan UMKM.

Nah, jika semua persyaratan sudah terpenuhi, maka cara daftar UMKM untuk pengajuan BLT UMKM secara gratis bisa dilakukan melalui Dinas Koperasi dan UMKM yang sesuai dengan domisili pemohon.

Anda bisa mengecek status pengajuan di https://eform.bri.co.id/bpum dengan memasukkan NIK KTP. Bila nama Anda resmi terdaftar, Anda bisa langsung menghubungi Kantor Cabang BRI untuk meminta jadwal pencairan bantuan. 

Itulah tadi cara daftar UMKM atau cara daftar UMKM online untuk program bantuan pemerintah yang perlu Anda ketahui. Dengan mendapatkan bantuan UMKM online, Anda diharapkan Anda bisa terbantu soal dana bisnis Anda.

Bila Anda membutuhkan bantuan modal usaha, Anda bisa beralih ke GoModal* yang tergabung dalam fitur layanan di GoBiz. Proses bisnis semakin lancar, cashflow pun tetap aman.

Segera lakukan cara daftar UMKM secara online sesuai panduan di atas, ya! Ingat, jangan sampai kehabisan kuota BLT UMKM. Supaya Anda tidak ketinggalan berita dan materi penting soal usaha kuliner, Anda bisa bergabung ke Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) secara gratis.

Di sini, Anda bisa kenalan dengan sesama pengusaha kuliner dan dapat pengetahuan baru soal tips usaha dari para mentor berpengalaman.  Yuk, klik banner di bawah ini untuk gabung dengan KOMPAG!

*) Syarat & Ketentuan Berlaku


Mau dapat berbagai tips dan trik usaha dari para pebisnis sukses? Mulai dari strategi branding, tips fotografi produk, hingga tips influencer marketing? Yuk, download “Kumpulan Cerita Mitra Usaha” dengan klik tombol di bawah sekarang!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Tian Sen Reflexology & Acupressure Bocorkan 3 Strategi Bisnis JasaSaat Pandemi

Tian Sen Reflexology & Acupressure adalah usaha jasa yang bergerak di bidang selengkapnya

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan – Strategi promosi produk selengkapnya