GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

7 Penyebab Usaha Stagnan dan Cara Mengatasinya

7 Penyebab Usaha Stagnan dan Cara Mengatasinya – Saat memulai usaha, Anda mungkin masih bersemangat untuk menjalankan usaha secara maksimal sehingga omzet penjualan meningkat pesat. Seiring berjalannya waktu, terutama saat omzet sudah stabil, tidak ada perubahan besar yang terjadi pada usaha Anda. 

Baca juga: 5 Masalah UMKM dan Cara Mengatasinya

Inilah yang disebut dengan kondisi stagnan, ketika usaha tidak mengalami perkembangan tapi juga tidak mengalami kerugian. Rata-rata kondisi ini dialami oleh usaha skala kecil dan menengah yang disebabkan oleh banyak faktor atau penyebab.

Apa saja penyebab usaha stagnan dan bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasan berikut.

7 Penyebab Usaha Stagnan dan Solusinya

pemilik usaha stres - penyebab usaha stagnan

Supaya usaha tidak mengalami kondisi stagnan, Anda perlu mempelajari apa saja faktor penyebabnya. Untuk itu, yuk simak apa saja faktor penyebabnya!

1. Kurang modal

Modal tidak hanya dibutuhkan saat memulai usaha, tapi juga ketika menjalankannya. Agar usaha berjalan lancar, Anda perlu meningkatkan produksi, memperbaiki manajemen usaha, hingga melakukan promosi. Sayangnya, seluruh kegiatan tersebut tidak bisa dilakukan secara cuma-cuma, butuh modal tentunya.

Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki solusi tepat untuk dapat memperoleh modal. Saat ini, sudah banyak bank dan layanan fintech yang menyediakan pinjaman bagi para pelaku usaha, salah satunya adalah GoBiz.

2. Tidak fokus

Menjalankan usaha tidak hanya berkutat di modal dan penjualan. Anda juga perlu mengetahui apa saja sumber daya yang Anda miliki serta bagaimana mengoptimalkan sumber-sumber daya tersebut agar usaha dapat berkembang.

Sayangnya, banyak pelaku usaha yang menjadi tidak fokus di tengah jalan sehingga hal-hal yang sebenarnya bisa dioptimalkan malah tidak diberdayakan sama sekali.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menentukan tujuan usaha yang jelas dan sejauh mana usaha Anda ingin berkembang agar dapat menghindari penyebab usaha stagnan.

3. Serba sendiri

Mayoritas pelaku usaha bekerja sendirian saat memulai bisnisnya. Ini adalah salah satu penyebab usaha stagnan yang semestinya Anda hindari. Padahal, untuk mencapai kemajuan usaha, tentu diperlukan bantuan dari pihak lain untuk membantu menjalankan usaha.

Alih-alih bekerja sendirian, sebaiknya buatlah sebuah tim untuk membantu mengembangkan usaha Anda. Misalnya, jika Anda hanya memahami produksi dan distribusi produk, maka pilih orang yang tepat untuk membantu Anda dalam bidang promosi.

4. Mempekerjakan orang yang salah

Merekrut anggota tim atau mempekerjakan orang saja tidak cukup kalau orang tersebut tidak punya kemampuan yang Anda butuhkan. Untuk itu, pastikan Anda merekrut orang yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan usaha Anda.

Misalnya, jika Anda membutuhkan orang untuk membantu promosi usaha, pastikan orang tersebut memiliki latar belakang atau berpengalaman di bidang tersebut. Selain itu, pilih juga anggota tim yang berperilaku baik, disiplin, dan mampu bekerja sama dalam tim untuk menunjang usaha Anda.

5. Produk kalah saing

Dalam dunia bisnis, kualitas produk memang nomor satu. Tapi, jika produk yang Anda jual tidak jauh berbeda dengan produk yang dijual kompetitor, nilai tambah apa yang bisa Anda berikan kepada pelanggan?

Ingat, inovasi juga penting karena produk berkualitas bisa saja kalah dengan produk yang menarik atau lebih murah. Untuk itu, Anda perlu berinovasi dalam menyediakan produk berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginan pelanggan.

6. Tidak sabar

Dibutuhkan kesabaran lebih dalam menjalankan usaha, terutama ketika usaha mengalami tantangan atau sedang sepi pembeli. Daripada menghabiskan waktu untuk mengeluh, sebaiknya lakukan hal-hal berikut untuk memotivasi Anda agar kembali semangat menjalankan usaha:

  • Introspeksi. Cari tahu penyebab utama yang menyebabkan usaha berjalan stagnan.
  • Analisis. Tentukan apa saja sumber daya yang dimiliki dan bisa dioptimalkan untuk menghadapi tantangan usaha Anda.
  • Inovasi. Buatlah terobosan dengan membuat produk yang unik dan bermanfaat bagi pelanggan Anda.
  • Repromosi. Promosikan kembali produk yang sudah Anda perbaiki dan berikan penawaran menarik bagi pelanggan.
  • Evaluasi. Tentukan kapan Anda perlu melakukan evaluasi terhadap kualitas dan penjualan produk Anda.

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, Anda selangkah lebih maju untuk mengenal usaha sekaligus pelanggan Anda.

7. Kurang promosi

Perkembangan zaman menuntut segala sesuatunya untuk berubah dan berkembang juga, termasuk dalam hal promosi. 

Selain menawarkan beragam keuntungan berupa diskon atau cashback, Anda juga bisa berinovasi dengan menyediakan berbagai macam pembayaran nontunai dan mengajak pelanggan untuk menggunakannya. Misalnya, Anda dapat menggunakan promo khusus pengguna GoPay yang bertransaksi di toko Anda.

Dari 7 penyebab usaha stagnan tersebut, mana yang menurut Anda paling menantang? Untuk mencegah atau mengatasi stagnansi usaha, yuk jangkau lebih banyak pelanggan dan tingkatkan penjualan bersama GoBiz! Info lebih lanjut tentang GoBiz bisa diakses di sini atau klik tombol di bawah untuk download aplikasi GoBiz sekarang.

Jangan lupa untuk follow Instagram @gopaypartners untuk dapatkan info-info menarik lainnya, ya!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021 – Selama pandemi, ada banyak sekali pengusaha selengkapnya

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode – Bagi seorang pengusaha, selengkapnya