Pusat Pengetahuan

8 Aplikasi Kasir Online & Manfaatnya untuk Usaha

Perkembangan teknologi dan informasi memungkinkan para pemilik usaha membuat sebuah sistem yang memudahkan operasional usaha. Sistem tersebut dikenal dengan Point of Sale (POS).  Aplikasi POS adalah sebuah aplikasi kasir atau cash register usaha. Kehadiran Aplikasi POS dalam berbagai bidang usaha sangat memungkinkan pengusaha untuk menjalankan usaha dengan lebih mudah. 

Aplikasi kasir ini dapat Anda gunakan di kantor, lokasi usaha, merchant, dan tempat-tempat lain yang memungkinkan adanya aktivitas jual beli. Dengan berbekal jaringan teknologi internet, aplikasi kasir biasa digunakan di toko online dan gerai ritel fisik. Dengan aplikasi untuk pencatatan otomatis semacam ini, Anda dapat mencatat seluruh history penjualan yang dilakukan sebelumnya, berikut juga jumlah ketersediaan stok barang di toko. 

Saat ini, mesin kasir dengan aplikasi hadir dalam berbagai bentuk dan jenis. Setiap jenis mesin kasir memiliki keunggulan dan kelebihan masing-masing, Tiap jenis aplikasi kasir ini juga berkembang seiring dengan zaman. Bahkan, saat ini, Anda bisa menggunakan satu mesin POS yang bisa digunakan untuk berbagai macam aktivitas.

Aplikasi Kasir Toko untuk Memulai Usaha

Peran aplikasi kasir toko dalam suatu usaha memang sangat penting adanya. Jika mesin kasir zaman dahulu hanya bisa digunakan untuk menerima transaksi jual beli, aplikasi kasir toko terbaru yang sudah menjadi POS, bisa digunakan untuk memasukkan jumlah data barang, jumlah ketersediaan barang, jenis barang yang dimiliki, harga tiap barang yang dijual, dan juga history penjualan.

Bahkan, mesin kasir ini sudah bisa digunakan untuk mencetak struk. Mesin kasir POS ini sangat membantu para pelaku usaha yang memiliki usaha cukup besar, dengan banyaknya stok barang dijual. Misalnya saja usaha restoran dan kuliner, retail, barber, salon, hingga laundry.

Mesin kasir yang bisa mencetak struk ini tentu sangat memudahkan Anda untuk memberikan nota penjualan kepada pelanggan. Terlebih lagi, mesin POS sangat terjangkau sehingga bisnis menengah ke bawah bisa menggunakannya. 

8 Manfaat Aplikasi Kasir Online untuk Usaha

Bagi pemilik usaha, kehadiran aplikasi kasir ini sangat membantu proses operasional usaha setiap harinya. Mesin ini sangat mudah digunakan sehingga Anda bisa langsung belajar cara mengoperasikannya. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari aplikasi kasir:

1. Kelola bisnis dari mana dan kapan saja

Sebagai pemilik dari usaha yang dijalankan, tentu saja Anda ingin untuk selalu terhubung dengan usaha tersebut. Sementara, tugas dan tanggung jawab mengharuskan Anda untuk bepergian dalam waktu lama sementara waktu. Tentu saja Anda tidak bisa mengatasi usaha Anda sendiri bukan?

Laporan penjualan - aplikasi kasir GoBiz
Laporan penjualan aplikasi GoBiz

Di sinilah peran aplikasi kasir ini, menghubungkan pemilik usaha dengan usahanya sendiri, di mana pun Anda berada. Dengan fitur lengkap yang dimiliki aplikasi ini, Anda bisa mendapatkan laporan penjualan, jumlah ketersediaan barang yang ada di toko, dan juga informasi pendapatan harian. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir dengan penjualan di usaha Anda. 

2. Mengurangi kesalahan transaksi

Melakukan transaksi dengan sistem kasir tradisional meningkatkan risiko kesalahan hitung. Hal ini tentu saja akan merugikan sebuah usaha sebab Anda tidak bisa mengecek kembali transaksi yang dilakukan.

Rincian transaksi - aplikasi kasir GoBiz

Sedangkan, dengan menggunakan aplikasi kasir, Anda bisa mengecek kembali produk atau item apa yang dijual dan pembayaran yang diterima. Dengan begitu, kesalahan transaksi penjualan dapat dihindarkan. 

Read more about:

1 2 3

Artikel Terkait

5 Resep Usaha Warteg, Bisa Untung 7 Jutaan per Bulan

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan warteg selengkapnya

15 Cara Mudah untuk Mendapatkan Modal Usaha

Modal adalah komponen utama yang harus dimiliki sebelum memulai sebuah bidang usaha. Tak selengkapnya