Pusat Pengetahuan

8 Aplikasi Kasir Online & Manfaatnya untuk Usaha

3. Memudahkan proses penghitungan penjualan

Berhubungan dengan manfaat aplikasi kasir yang mengurangi kesalahan transaksi, aplikasi ini juga memudahkan dalam proses penghitungan penjualan.

Jika sistem kasir manual mengharuskan Anda menghitung tumpukan struk untuk bisa mengetahui total penjualan dalam sehari. Maka aplikasi kasir akan memberikan Anda seluruh data dan history transaksi yang dilakukan sehingga gampang bagi Anda untuk menghitung pendapatan. 

4. Mudah untuk melakukan pengecekan transaksi sebelumnya

Dengan sistem kasir modern, pengecekan pada transaksi sebelumnya bisa dilakukan semudah meng-klik tombol yang ada di aplikasi kasir. Anda tidak perlu lagi melihat data transaksi yang bertumpuk, seperti saat menggunakan sistem kasir konservatif.

Karena sistem kasir online/modern menyimpan seluruh data tersebut. Cukup pilih tanggal waktu transaksi dan semua data akan otomatis muncul. 

5. Memonitor jumlah stok ketersediaan barang

Saat Anda harus pergi jauh, bisa saja stok ketersediaan barang di tempat usaha menipis. Jika orang yang Anda tugaskan untuk menjalankan usaha terlalu sibuk melayani pelanggan, maka ia tidak akan sempat menghubungi Anda bila ada stok barang habis.

Jangan khawatir, dengan aplikasi kasir, di manapun Anda berada, tetap memungkinkan untuk melakukan pengecekan jumlah stok barang di toko ataupun usaha yang dijalankan. 

6. Memudahkan pembuatan laporan ketersediaan barang

Bayangkan jika Anda pemilik toko ritel dengan puluhan atau bahkan ratusan jenis barang yang dijual. Bagaimana cara Anda menghitung seluruh jumlah barang tersedia untuk mengetahui mana stok yang banyak dan sedikit? Tentu saja akan sangat repot jika Anda harus mengeceknya satu-persatu. 

Namun, dengan aplikasi semacam ini, setiap ada barang terjual akan otomatis dikurangi jumlahnya pada informasi ketersediaan barang. Dengan begitu, Anda cukup membuka aplikasi ini dan mengecek jumlah barang-barang tersebut. 

7. Menunjukkan stok barang tersedia

Sistem kasir modern atau Point of Sale(POS) secara otomatis akan membantu Anda meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan. Caranya, saat ada stok barang kosong, sistem kasir ini akan otomatis menunjukkan notifikasi. Dengan begitu, Anda bisa segera mengisi kembali stok barang tersebut dan pelanggan tidak kecewa melakukan transaksi di usaha Anda. 

8. Membantu strategi penjualan usaha

Keistimewaan aplikasi kasir modern yang tidak ada pada sistem kasir konservatif adalah fitur informasi barang best seller.

Setiap transaksi yang tercatat di aplikasi, akan diolah menjadi sebuah data yang memberikan informasi pada Anda tentang status barang yang paling banyak terjual dan disenangi oleh para pelanggan.

Saat ada satu atau beberapa barang yang best seller, aplikasi ini akan memberitahukannya pada Anda. Dengan begitu, ketika Anda tahu barang apa yang paling laris dijual, maka Anda bisa memberikan promo potongan harga.

Misalnya promo buy 1 get 1 untuk item tersebut dan meningkatkan penghasilan usaha Anda. Ini merupakan strategi marketing paling mudah untuk mengenalkan usaha Anda pada publik.

4 Jenis Perangkat & Aplikasi Kasir yang Tersedia

Sebenarnya, penggunaan perangkat kasir untuk memudahkan operasional usaha ini sudah dilakukan semenjak dahulu. Perkembangan aplikasi kasir pun sangat pesat mengingat perkembangan teknologi juga semakin canggih.

Setidaknya, dari dulu hingga sekarang, ada beberapa jenis perangkat dan aplikasi yang banyak digunakan.

Read more about:

1 2 3

Artikel Terkait

14 Tips Kemasan Makanan yang Menarik & Aman untuk Delivery

Di tengah pandemi yang disebabkan penyebaran COVID-19 dan penerapan Pembatasan Sosial selengkapnya

Tingkatkan Penjualan Usaha Kuliner dengan 15 Cara Ini

Saat Anda sudah memulai usaha kuliner dan sudah mulai menguasai tempo operasional selengkapnya