GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

8 Aplikasi Kasir Online & Manfaatnya untuk Usaha

1. Cash register

Cash register adalah mesin kasir konvensional yang digunakan secara offline di toko-toko maupun restoran zaman dahulu. Mesin kasir ini memiliki laci penyimpanan uang yang hanya terbuka saat transaksi sudah diterima oleh kasir.

Saking klasiknya, mesin cash register ini mengharuskan petugas kasir untuk memasukkan nilai transaksi secara manual dengan menggunakan keyboard. 

Namun, cash register klasik yang satu ini sudah semakin berkembang dengan adanya cash register modern.  Cash register modern ini sudah lebih canggih dengan hanya meminta petugas kasir melakukan scan barcode produk untuk memasukkan nama barang dan total penjualan pun akan otomatis diperbarui. 

Meski mesin kasir atau cash register ini tergolong konservatif, namun ia sudah mampu mencetak dua struk yang diberikan kepada pelanggan dan pengusaha, untuk disimpan dan dibukukan. Mesin-mesin seperti ini masih bisa Anda temukan di beberapa tempat. 

2. Aplikasi Kasir Desktop

Mesin kasir POS Desktop adalah versi canggih dari cash register. Meski masih berbasis offline, namun POS Desktop telah menggunakan software yang memudahkan pengusaha melakukan banyak hal. Ini termasuk menyimpan catatan penjualan, data bisnis penting, daftar ketersediaan barang, dan informasi pembeli.

Di samping itu, POS Desktop juga mampu mengolah data barang yang paling banyak terjual dan menjadi barang best seller. Dari informasi ini, pengusaha akan bisa melakukan ide marketing dengan barang best seller untuk menarik banyak pelanggan. 

3. Aplikasi Kasir Android / POS Tablet

POS Tablet adalah sistem kasir yang disebut juga dengan Mobile Point of Sale (MPOS). Aplikasi mesin kasir ini menggunakan perangkat mobile tablet yang bisa dibawa ke mana saja dan dioperasikan dengan sistem operasi Windows, iOS dan Android. Ukuran MPOS yang kecil memudahkan perangkat ini untuk disesuaikan dengan layout toko. 

Dengan teknologi cloud, MPOS termasuk sistem kasir online yang memberikan informasi usaha secara lebih komprehensif. MPOS juga membantu pengusaha mengakses data transaksi secara langsung, meski Anda sedang tidak berada di tempat yang sama dengan usaha Anda. 

4. Portable / Mobile POS

Aplikasi Kasir Online

Jenis aplikasi kasir yang paling modern dan canggih adalah portable atau mobile POS yang berukuran kecil dan bisa dibawa kemana-mana. Aplikasi ini merupakan perangkat penjualan, sekaligus EDC yang berada dalam satu genggaman praktis.

Aplikasi ini bahkan memudahkan pengusaha untuk mengembangkan usahanya dengan menerima beragam pembayaran non-tunai, seperti kartu debit. Ini karena perangkat atau sistem kasir portable ini sudah terhubung dengan EDC. 

GoBiz merupakan aplikasi portable tercanggih saat ini, dalam satu genggaman Anda bisa mengelola bisnis dari mana dan kapan saja. Aplikasi ini sudah terhubung dengan mesin EDC untuk menerima beragam metode pembayaran, mulai dari tunai, GoPay, sampai kartu debit.

Ditambah lagi sudah dilengkapi printer bluetooth untuk cetak resi/struk secara instan. Beragam fitur dalam satu aplikasi & perangkat tentunya dapat memangkas biaya yang Anda butuhkan, bahkan hingga jutaan.

Dapatkan pengalaman yang nyaman dalam memonitor usaha Anda dengan aplikasi super dari Gojek: GoBiz. Dengan tambahan perangkat GoBiz akan membantu Anda menerima pembayaran dan mengelola transaksi usaha dengan lebih fleksibel.

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

1 2 3

Artikel Terkait

[Panduan JAGA] G: Gunakan Fitur Kelola Pegawai di GoBiz untuk melindungi data usaha Anda

Keamanan usaha Anda adalah prioritas kami. Panduan JAGA merupakan upaya Gojek untuk selengkapnya

Lindungi Data Usaha dengan Fitur Kelola Pegawai di Aplikasi GoBiz versi 3.19

Tahukah Anda? Keamanan data sensitif usaha Anda, seperti total pendapatan, rincian selengkapnya