GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

5 Strategi Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Kuliner, Cocok bagi Pengusaha Pemula!

5 Strategi Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Kuliner, Cocok bagi Pengusaha Pemula! – Memiliki brand usaha yang terkenal menjadi dambaan seluruh pengusaha. Namun masalahnya, bagaimana jika usaha tersebut baru saja Anda bangun dan belum dikenal banyak orang?

Tidak perlu khawatir! Masalah ini tentu dapat Anda selesaikan dengan cara membangun brand awareness yang kuat sejak dini. Brand awareness merupakan salah satu aspek penting dalam berbisnis karena dapat memberikan kepercayaan kepada pelanggan untuk mempengaruhi mereka membeli produk dari merek yang telah mereka kenal.

Berdasarkan penelitian Nielsen Global New Product Innovation Survey, 59% konsumen akan membeli produk baru yang dikeluarkan oleh brand yang sudah tidak asing bagi mereka. Nah bagaimana caranya membangun brand awareness yang kuat di mata pelanggan?

Yuk, simak info selengkapnya. 


Apa Keuntungan Bangun Brand Awareness Sejak Dini?

  1. Meningkatkan kesadaran calon pelanggan terhadap merek Anda yang akan berpengaruh besar dalam pengambilan keputusan dalam membeli/menggunakan produk. 
  2. Membangun persepsi positif di mata calon pelanggan.
  3. Mendatangkan lebih banyak pelanggan baru, apalagi didukung dengan kualitas produk.
  4. Reputasi brand menjadi bagus dan dapat mendorong pelanggan untuk loyal dengan produk Anda. 
  5. Pelanggan makin banyak, omzet usaha pasti melejit!

5 Strategi Meningkatkan Brand Awareness di Bidang Kuliner

Berinvestasi dalam meningkatkan kesadaran sebuah brand kepada konsumen menjadi salah satu strategi yang dapat Anda petik manfaatnya dalam jangka waktu yang panjang. Bagi pengusaha kuliner, berikut beberapa strategi praktis yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan brand awareness produk Anda. 

1. Buat desain kemasan unik 

Desain kemasan yang Anda gunakan dapat menjadi peluang dalam meningkatkan brand awareness. Pasalnya, saat ini, banyak konten review produk dari pelanggan di media sosial yang mudah dijadikan ajang promosi gratis.

Apalagi jika kemasan tersebut eye-catching, hal itu menjadi poin tambahan bagi pelanggan untuk menyukai produk Anda.

Salah satu tips adalah Anda dapat menambahkan kartu ucapan terima kasih dan dukungan rating pada resto untuk setiap pesanan GoFood. Agar lebih menarik lagi, Anda juga dapat menghias kemasan dengan memberikan trivia terkait menu dari produk, seperti contoh cara makan produk, rasa yang tersedia, atau kalimat kekinian. 

Baca juga: Cara Hitung HPP dan Cara Menetapkan Harga Jual ala Mentor KOMPAG

2. Aktif di media sosial

kata-kata promosi minuman

Sebagai tempat berkumpulnya jutaan pengguna, media sosial dapat memudahkan Anda meningkatkan brand awareness kepada target pasar.

Anda bisa meningkatkan rasa kepercayaan target pasar terhadap rasa dan kualitas produk melalui berbagai konten yang relevan. Misalnya, Anda dapat mencantumkan link restoran Anda di GoFood ke dalam akun Instagram usaha Anda.

Ada beberapa pilihan media sosial yang dapat Anda gunakan, seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan TikTok. Setiap media sosial tersebut tentunya memiliki karakteristik yang berbeda. Jenis konten yang ditampilkan pun beragam, tetapi banyak orang kini cenderung menyukai konten jujur, penuh hiburan, dan berupa video atau animasi.

Selain jenis konten, pemilihan traffic dari media sosial itu sendiri pun patut diperhatikan, contohnya engagement rate yang dimiliki TikTok 17,96% lebih tinggi dibanding Instagram yang hanya 3,86% (data Influencer Marketing Hubs), sehingga TikTok menjadi aplikasi yang paling efektif Anda gunakan untuk membangun brand awareness produk secara optimal. 

3. Teknik pemasaran menggunakan influencer 

Untuk memudahkan Anda dalam membangun brand awareness, Anda juga dapat bekerja sama dengan influencer. Dengan cara ini, Anda dapat menjangkau calon konsumen secara luas yang berasal dari pengikut para influencer tersebut di media sosial.

Para influencer ini juga biasanya telah memiliki kepercayaan kuat dari audiens, sehingga memudahkan Anda dalam menyampaikan keunggulan dari produk Anda. Meskipun begitu, Anda juga harus pintar-pintar menyeleksi persona influencer sebelum menggunakan jasa mereka. Anda dapat melihat data traffic media sosial dan akun yang mereka gunakan terlebih dahulu.

Pilihlah influencer dengan traffic tinggi dan memiliki nilai-nilai diri yang sejalan dengan usaha Anda. Dengan begitu, Anda dapat merasakan hasil yang setimpal dengan biaya yang Anda keluarkan nantinya. 

Baca juga: Tips Membangun Kepuasan Pelanggan ala Warung Oppa Bay

4. Aktif mengikuti pameran dan bazaar 

Aktif berpartisipasi dalam pameran dan bazaar juga menjadi cara lain untuk mengenalkan produk Anda ke pelanggan.

Banyak penikmat makanan dan konsumen yang sengaja datang untuk mencoba berbagai jenis produk yang ditawarkan. Hal ini tentunya membuka peluang Anda untuk memperkenalkan brand sekaligus mendorong mereka untuk mencoba produk yang Anda jual.

Selama acara berlangsung, Anda juga dapat mengoptimalkan jumlah transaksi dengan berbagai cara, seperti memberikan diskon, membagikan merchandise gratis, hingga bonus menarik lainnya.

Oleh karena itu, pastikan visual dari stan Anda rapi dan bersih untuk menarik minat pengunjung sehingga image terkait keunggulan produk Anda dapat tertanam dengan baik di benak pengunjung. 

5. Tampilkan foto produk yang menarik 

Sama halnya seperti strategi sebelumnya, foto produk juga menjadi elemen penting dalam meningkatkan kesadaran brand Anda. Dengan foto produk yang unik dan menarik, pastinya dapat memudahkan calon pelanggan untuk mengingat brand Anda.

Cara ini juga mendorong pelanggan untuk membeli meskipun mereka belum pernah merasakan cita rasa dari produk kuliner Anda. Untuk mendapatkan tampilan foto terbaik, Anda bisa menggunakan jasa fotografer handal untuk mengambil angle terbaik dari produk.

Namun, jika Anda ingin mencoba untuk memotret produk Anda sendiri, Anda dapat melihat berbagai referensi foto produk melalui website seperti Pinterest, Foodgawker, dan Pexels. 

Baca juga: Download 10 Font Desain Menu Restoran Keren di Sini!

Nah, dari 5 strategi di atas, yuk coba cek poin apa saja yang sudah Anda lakukan? Meskipun tidak bisa dirasakan hasilnya dalam waktu singkat, membangun brand awareness bisa dianggap sebagai investasi jangka panjang, lho. 

Kelima tips di atas bisa Anda gunakan untuk outlet Anda sekarang ataupun cabang outlet yang baru. Membangun brand awareness yang kuat sedari awal menjadi hal sangat penting yang perlu disiapkan sebelum membuka cabang baru. Kalau sudah susun strateginya, tidaklah susah untuk membuka cabang di GoBiz.

Anda bisa tambah cabang langsung di aplikasi GoBiz sekarang. Prosesnya mudah, cepat, dan transparan. Puluhan ribu Mitra Usaha sudah rasakan mudahnya menggunakan fitur ini. Anda bisa mencobanya dengan klik di sini.

Penting diingat, link di atas hanya dapat dibuka melalui ponsel Android pada aplikasi GoBiz versi terbaru dan menggunakan akun dengan peran Pemilik. Apabila Anda tidak menemukan tombol “Tambah cabang”, Anda bisa ajukan permohonan tambah cabang melalui Pusat Bantuan dengan klik di sini.

Nah, jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa bagikan ke Mitra Usaha lainnya ya supaya bisa sama-sama #MelajuBersamaGojek.

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Pelaku Usaha Kuliner Wajib Gunakan Bahan Dasar Makanan yang Aman dan Berkualitas, Bagi yang Melanggar Ada Hukumannya!

Memastikan keamanan bahan makanan (food safety) merupakan salah satu kunci dalam meraih selengkapnya

Tips Menjadi UMKM yang Cakap Digital dan Paham Pelindungan Data Pribadi

Halo, teman-teman Mitra Usaha! Kalian tau gak sih, angka jumlah pengguna internet di selengkapnya