GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Tips Membangun Kepuasan Pelanggan ala Warung Oppa Bay

Tips Membangun Kepuasan Pelanggan ala Warung Oppa Bay – Memutuskan beralih profesi dari seorang karyawan menjadi seorang pengusaha memang bukan pilihan yang mudah. Banyak pengetahuan dan tips yang harus dipelajari agar bisnis yang dibangun dapat selalu berjalan, salah satunya bagaimana cara membangun kepuasan pelanggan.

Apalagi, kepuasan pelanggan menjadi faktor penting membangun bisnis lebih maju untuk terus meningkatkan keuntungan.

Nah, kali ini Ibu Ernawati Dyah Martanti, selaku pemilik Warung Oppa Bay akan membocorkan tips membangun kepuasan pelanggan. Namun sebelum itu, yuk kenalan dulu dengan Ibu Ernawati dan Warung Oppa Bay!


Warung Oppa Bay, Alih Profesi Karyawan Jadi Pengusaha

Tips Membangun Kepuasan Pelanggan ala Warung Oppa Bay

Ernawati Dyah Martanti, dulunya seorang Brand Manager dari sebuah perusahaan ternama sejak 2002. Bekerja selama 17 tahun tidak membuatnya dirinya berkecil hati untuk memutuskan menjadi pengusaha.

Ia mengaku bahwa dirinya menginginkan status yang berbeda dan ingin lebih bisa mengembangkan bakat serta passion-nya.

“Sehebat-hebatnya karyawan tetap status karyawan, sekecil-kecilnya usaha tetap jadi bos,” ucapnya sambil tertawa.

Warung Oppa Bay dibangun pada 2019. Selama Warung Oppa Bay berdiri, Ernawati merasakan usahanya tidak selalu lancar. Ia pernah merasakan tantangan terkait pengelolaan manajemen stok saat Warung Oppa Bay didirikan.

Setelah dicari tahu, ternyata tantangan tersebut terjadi karena orderan tidak stabil dan tidak lancarnya proses rekrutmen karyawan. Meskipun memulai usahanya dari rumah, kini Warung Oppa Bay dapat berkembangkan melalui jasa katering.

Menurut Ernawati, dirinya merasa bahwa kesuksesan usahanya berasal dari faktor kepuasan pelanggan. Jika terdapat satu orang pelanggan yang merasa puas, orang tersebut akan menceritakan kepuasan tersebut minimal kepada 5 hingga 10 orang. Dengan begitu, orang lain akan mempromosikan bisnis kita tanpa biaya. 

Hal itu juga berlaku dengan pelanggan yang kecewa. Jika kita membuat seorang pelanggan kecewa, kekecewaan tersebut bahkan bisa membuat 20 hingga 30 orang menghilang.

Selama melayani pelanggan, Ibu Ernawati berprinsip bahwa kita boleh kecewa, tapi tidak boleh mengecewakan pelanggan. Prinsip itulah yang juga meneguhkan dirinya untuk bisa membuat pelanggan selalu puas dan setia. 


4 Hal yang Perlu Diperhatikan daam Membangun Kepuasan Pelanggan

Warung Oppa Bay pun membocorkan beberapa komponen harus perhatikan dalam membangun kepuasan pelanggan. Apa saja? Simak bersama, yuk!

1. Dimulai saat membuka aplikasi

Mitra Usaha perlu memperhatikan lebih detail saat mengatur menu di dalam aplikasi, seperti tampilan menu, urutan menu, pilihan menu, kejelasan deskripsi dari menu, ketersediaan menu, harga dari setiap menu, dan promo.

Dalam penentuan jam buka tutup toko juga tidak boleh sembarangan, karena membutuhkan waktu yang konsisten untuk menghindari pelanggan kecewa karena perubahan jam buka tutup toko. 

2. Waktu persiapan atau proses internal

Saat sudah menerima pesanan pun tidak boleh sembarangan. Mitra Usaha harus memperhitungkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memproses masakan hingga pesanan tersebut dibungkus. Perhitungan ini dibutuhkan agar pelanggan tidak kecewa akibat waktu pemesanan tidak terlalu lama. 

3. Pesanan diantarkan sampai customer menerima

Meskipun sudah bukan menjadi kendali Mitra Usaha, mengucapkan terima kasih dan meminta tolong kepada Mitra Driver dapat menjaga hubungan Anda dengan Mitra Driver yang mengantar, lho. Hal itu juga termasuk dalam usaha membangun kepuasan pelanggan karena pesanan nantinya dapat diantar dengan selamat oleh Mitra Driver. 

4. Pesanan diterima oleh pelanggan

Untuk membuat pelanggan merasa puas, Mitra Usaha juga harus memikirkan bagaimana cara agar pelanggan merasa puas. Hal tersebut mencakup saat pelanggan menerima pesanan, perasaan pelanggan saat pertama kali membuka bungkus dari pesanan, saat merasakan rasa dari pesanan mereka, dan setelah menikmati pesanan.

Jadi, tidak hanya rasa makanan saja, Mitra Usaha juga perlu memikirkan terkait kebersihan dan kerapian, serta tampilan makanan agar terlihat dapat menggugah selera. 

Selanjutnya, mari kita cari tahu 5 tips membangun kepuasan pelanggan yang bisa Anda terapkan dalam usaha Anda!


5 Tips Membangun Kepuasan Pelanggan, Sudah Terapkan yang Mana?

Bagi Mitra Usaha yang ingin selalu membangun kepuasan dari pelanggan, Ernawati memiliki beberapa tips praktis yang bisa diterapkan pada outlet Anda.

1. Jaga kualitas

Meskipun sedang banyak-banyaknya pesanan, Mitra Usaha tetap harus menjaga kualitas setiap pesanan yang diberikan. Misalnya, dari segi rasa dan porsi tetap sama, dari segi kebersihan tetap terjaga, dan sebagainya. Kenapa? Kualitas yang kurang baik atau tidak konsisten bisa menyebabkan pelanggan kecewa. Tidak mau hal ini terjadi pada usaha Anda, kan?

2. Evaluasi semua proses secara berkala

Mengevaluasi semua proses secara berkala menjadi salah satu cara agar kepuasan pelanggan selalu terjaga. Dengan rutin mengevaluasi, Anda dapat mengetahui proses mana saja yang dapat dimaksimalkan atau dikurangi untuk mengefisiensikan pesanan yang Anda berikan.

3. Buat SOP yang jelas

Tidak hanya sebagai informasi alur proses dan pembagian tanggungjawab kepada karyawan saja. SOP juga membantu karyawan untuk membuat situasi ideal dari pekerjaan yang mereka lakukan. Dengan SOP yang jelas, baik pemilik maupun karyawan dapat mengetahui lebih cepat bagian mana atau alur proses mana yang tidak berjalan dengan optimal.

4. Menanamkan prinsip yang sama antara pemilik dan karyawan

Membangun kepuasan pelanggan tidak hanya datang dari kemauan pemilik saja. Pemilik juga harus bisa menyebarkan semangat kepada setiap karyawan agar hubungan outlet dengan pelanggan tetap terjaga dengan baik. 

5. Jujur

Kejujuran menjadi pondasi terpenting untuk membangun kepercayaan pelanggan. Jadi, cobalah untuk tidak menyembunyikan suatu informasi apapun pada deskripsi produk yang Anda jual. 

Ernawati menambahkan, tips membangun kepuasan pelanggan yang ia dapatkan ini tidak hanya berdasarkan pengalaman saja. Ia juga banyak belajar untuk memaksimalkan bisnisnya saat bergabung dengan Komunitas Partner GoFood (KOMPAG), lho!

KOMPAG merupakan wadah komunitas UMKM kuliner terbesar di industri digital untuk menambah ilmu, berkolaborasi, dan berjejaring bersama para Mitra UMKM GoFood lainnya.

Banyak manfaat yang Warung Oppa Bay rasakan setelah bergabung dengan KOMPAG, seperti mendapatkan banyak ilmu, banyak teman, hingga mendapatkan berbagai cerita dari pengalaman Mitra Usaha lain terkait lika-liku mereka di bisnis kuliner.

KOMPAG juga memiliki program rutin dan banyak materi edukasi interaktif bersama pakar bisnis kuliner. Mitra Usaha bahkan dapat saling mendengarkan dan berbagi cerita dengan sesama Mitra Usaha GoFood untuk mengembangkan usaha kuliner lainnya. Tertarik untuk bergabung?

CTA Banner KOMPAG Komunitas Partner GoFood

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Resume adalah: Pengertian, Tips Membuat, dan Contohnya

Resume adalah salah satu dokumen yang dibutuhkan saat melamar pekerjaan. Ketika Anda selengkapnya

15 Faktor Keberhasilan dan Kegagalan Wirausaha, Sudah Tahu?

15 Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan dan Kegagalan Wirausaha – Memulai usaha selengkapnya