Ini SOP Kasir Restoran Sebenarnya Selain Melayani Pembayaran – Menentukan rencana manajemen dan memilih karyawan termasuk komponen perencanaan usaha yang penting diperhatikan. Komponen perencanaan usaha adalah serangkaian tindakan yang harus dilakukan untuk membangun dan menjalankan sebuah usaha, termasuk usaha restoran.
Mengapa komponen tersebut penting? Karyawan menampilkan citra dari restoran Anda, terutama karyawan-karyawan yang berhadapan langsung dengan pelanggan, seperti kasir. Apakah restoran Anda benar-benar ingin memprioritaskan pelanggan atau tidak, itu bisa dilihat dari karyawan kasir Anda.
Tak hanya dituntut untuk ramah pada pengunjung, kasir juga harus memiliki beberapa kemampuan untuk membuat pelanggan ingin kembali lagi ke restoran Anda. Kasir menjadi salah satu poin penilaian masyarakat mengenai sebuah usaha restoran.
Lalu, apa saja SOP kasir restoran yang baik untuk bisnis Anda? Berikut tujuh kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang kasir restoran!
1. Memeriksa daftar harga
Kasir adalah seseorang yang bertugas menerima dan membayarkan uang kepada pelanggan. Untuk memperoleh hasil kerja yang maksimal, kasir harus memastikan bahwa daftar harga yang ter-input di sistemnya sudah benar. Jika tidak, ia bisa merugikan pelanggan atau Anda sebagai pemilik usaha.
2. Mencatat data penjualan
Setelah restoran tutup, kasir masih memiliki tugas untuk melakukan closing. Closing adalah tindakan menghitung hasil pendapatan total yang diperoleh pada hari itu. Pertama, kasir akan menghitung pendapatan restoran berdasarkan struk yang dimilikinya. Setelah itu, kasir akan menghitung uang hasil pendapatan pada hari tersebut. Jika sesuai, ia bisa dikatakan telah menyelesaikan SOP kasir restoran dengan baik.
Baca juga: 5 Cara Menata Meja Kasir agar Lebih Profesional
3. Memberikan pelayanan yang ramah
Ramah adalah salah satu kewajiban bagi seluruh karyawan restoran Anda. Akan tetapi, kasirlah yang menjadi garda terdepan bagi kepuasan pelanggan. Sering kali bahkan kasir menjadi pusat komplain para pelanggan. Itulah kenapa ia harus memiliki kemampuan untuk mau mengakui kesalahan dan meminta maaf, supaya pelanggan tidak enggan untuk kembali ke restoran Anda.
4. Menerima pesanan
Menerima pesanan merupakan salah satu SOP kasir restoran. Sebisa mungkin kasir tidak membuat kesalahan yang akan merembet pada kesalahan perintah ke staff yang lain. Kasir juga harus memiliki kemampuan untuk menawarkan pilihan lain pada pelanggan jika menu yang diminta tidak ada atau pesanan dirasa terlalu sedikit. Lalu, pada tahap pembayaran, kasir juga harus memastikan apakah pembayaran akan dilakukan secara tunai atau nontunai
5. Memberikan informasi yang dibutuhkan pelanggan
Sebagai garda terdepan, kasir perlu memiliki pengetahuan lengkap mengenai restoran Anda. Kasir harus bisa memberikan informasi yang diminta oleh para pelanggan, baik itu mengenai harga makanan, bahan makanan yang digunakan, maupun rasa dari makanan tersebut. Jika tidak bisa menjawab pertanyaan, pelanggan cenderung akan meragukan kemampuan kasir dalam mengenal restorannya.
Baca juga: Cara Membuat Struk Sendiri secara Mudah dengan GoKasir
6. Membuat laporan penjualan
Membuat laporan penjualan adalah SOP kasir restoran yang tak terelakkan. Ia harus menghitung berapa banyak makanan dan minuman yang telah terjual dalam kurun waktu tertentu, baik itu harian, mingguan, bulanan, maupun tahunan. Pada dasarnya, kegiatan ini seperti pembukuan.
Jika dahulu proses pembukuan dilakukan dengan cara manual, kini tersedia berbagai macam aplikasi untuk menghitung pemasukan dan pengeluaran secara lebih praktis. GoKasir adalah salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan restoran Anda, tanpa dipungut biaya apa pun. Aplikasi kasir gratis ini bisa diunduh dan digunakan pada perangkat Android Anda.
7. Membersihkan dan menata area kasir
Menjaga kerapian dan kebersihan area kasir restoran merupakan salah satu tugas penting dari kasir. Pelanggan biasanya akan memperhatikan perlengkapan yang tersedia di sekitar meja kasir dan menilai citra restoran dari sana. Jika area kasir saja tidak dibersihkan, bagaimana dengan perlengkapan memasaknya? Jangan sampai pelanggan kecewa karena restoran dinilai kurang bersih, ya!
Setelah membaca tujuh SOP kasir restoran di atas, sudah sesuaikah kasir di restoran Anda saat ini? Pastikan Anda juga sudah memudahkan kasir dengan menggunakan GoKasir, aplikasi kasir gratis yang bisa membantu pencatatan keuangan bisnis Anda. Karena dalam setiap usaha, #PastiAdaJalan.