GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

5 Cara Menata Meja Kasir agar Lebih Profesional

5 Cara Menata Meja Kasir agar Lebih Profesional – Kenyamanan menjadi salah satu aspek penting agar usaha Anda ramai pembeli. Salah satu caranya, Anda perlu menghadirkan pelayanan yang berkualitas, terutama saat berhadapan dengan pelanggan di meja kasir.

Itulah mengapa, Anda perlu memastikan penataan meja kasir Anda tidak membuat pelanggan merasa terganggu.

5 Cara Menata Meja Kasir di Usaha Anda

Berkaitan dengan penataan meja kasir, ada 5 aspek penting yang harus Anda perhatikan, yaitu: 

1. Cara menata meja kasir yang utama: Cari posisi terbaik

pegawai kasir - tanda daftar perusahaan

Anda harus memastikan kalau lokasi kasir dapat dijangkau dengan mudah oleh pelanggan. Di waktu yang sama, keberadaan meja tersebut jangan sampai mengganggu aktivitas pelanggan lain yang ingin masuk atau keluar toko. 

Anda juga dapat melakukan penataan meja dengan memerhatikan kepercayaan di masyarakat.

Sebagai contoh, aturan feng shui mengungkapkan kalau meja kasir seharusnya ditempatkan tidak jauh dari pintu masuk. Biasanya, masyarakat Tionghoa memilih untuk menata meja kasir dengan orientasi diagonal dari pintu. 

2. Perhatikan akses ke power outlet

Faktor selanjutnya, Anda perlu memperhatikan keberadaan power outlet. Anda harus memastikan lokasi penempatan meja kasir tidak jauh dari soket listrik. Keberadaan soket listrik yang berdekatan dengan meja, bisa memberi kemudahan ketika Anda menggunakan berbagai jenis peralatan elektronik. 

Anda bisa membayangkan ketika posisi meja memiliki jarak yang cukup jauh dengan sumber listrik. Pada situasi tersebut, Anda bakal memerlukan kabel penghubung yang jumlahnya perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Kabel yang terlalu banyak bakal membuat suasana di sekitar kasir terlihat kurang rapi. 

Anda memang punya pilihan untuk merapikan kabel penghubung. Apalagi, ada banyak pilihan bahan yang bisa dimanfaatkan sebagai penutup kabel listrik. Dalam situasi tersebut, mau tidak mau, Anda bakal mengeluarkan biaya ekstra biar kabel penghubung terlihat rapi dan tidak mengganggu aktivitas. 

Baca juga: 5 Kebiasaan Pelanggan dalam Hal Pembayaran


3. Perhatikan kenyamanan saat antre

Cara menata meja kasir

Cara menata meja kasir berikutnya adalah Anda perlu memastikan lokasinya bisa memberi rasa nyaman kepada pelanggan pada situasi apa pun.

Oleh karena itu, jangan cuma mempertimbangkan pelayanan pelanggan di meja kasir saat kondisi toko sepi. Namun, Anda juga perlu memastikan kenyamanan pelanggan tidak terganggu meski toko dalam keadaan ramai.

Berkaitan dengan aspek kenyamanan pelanggan saat berada di depan meja kasir, ada beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan, yaitu: 

a. Antrean Pelanggan

Tidak menutup kemungkinan Anda akan berhadapan pada situasi ramai dan muncul antrean panjang di depan meja kasir. Oleh karena itu, pastikan bahwa penempatan meja kasir disertai dengan adanya ruang bagi para pelanggan untuk antre. 

Tempat antrean bisa Anda tata dengan baik sehingga pelanggan dapat berdiri secara rapi. Selain itu, pastikan pula bahwa antrean pelanggan di depan kasir tidak mengganggu pelanggan lain yang akan berbelanja. 

b. Jumlah Meja Kasir

Selain menyediakan space kosong untuk tempat antre pelanggan, pertimbangkan juga untuk menambah meja kasir. Keberadaan meja kasir tambahan sangat efektif dalam mempercepat pelayanan dan sekaligus mengurangi jumlah antrean.

c. Tempat Duduk Antrean

Jika kasir Anda hanya satu, Anda bisa mempertimbangkan untuk menaruh tempat duduk di dekat antrean. Hal ini penting agar pelanggan bisa duduk terlebih dahulu jika antrean panjang. Kursi tersebut bisa ditempatkan beberapa meter di dekat meja kasir. 

d. Maksimalkan Kenyamanan

Sebagai pelengkap dalam memberi rasa nyaman kepada pelanggan, Anda perlu menciptakan energi positif. Caranya sederhana. Anda dapat menggunakan pewangi ruangan, menyetel musik, dan lain sebagainya. 


4. Atur pencahayaan yang cukup

Cara menata meja kasir

Faktor selanjutnya yang tak boleh Anda lewatkan ketika menata meja kasir adalah pencahayaan. Hindari penempatan meja di area yang gelap.

Cara penataan seperti ini tidak hanya menimbulkan suasana yang negatif, tetapi juga berpotensi mengganggu pelayanan kepada pelanggan. 

Jangan hanya memanfaatkan pencahayaan dari luar ruangan sebagai cara menata meja kasir, tetapi pasang pula lampu di area dekat dengan meja kasir.

Pencahayaan yang baik membuat petugas kasir bisa melihat dengan jelas barang-barang yang dibeli serta uang yang ia terima atau kembalikan ke pelanggan.

5. Hindari terlalu banyak barang di kasir

Cara menata meja kasir yang terakhir adalah meminimalkan perlengkapan yang ditempatkan di atas meja. Fungsi utama meja adalah untuk melayani para pelanggan. Oleh karena itu, usahakan agar Anda memilih meja dengan ukuran yang cukup luas.

Dengan begitu, petugas kasir tidak mengalami kesulitan saat pelanggan membeli barang dalam jumlah banyak. 


Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk menghindari adanya terlalu banyak barang di kasir adalah dengan menggunakan perlengkapan secara efektif. Salah satu contohnya adalah pemakaian mesin kasir. Alih-alih menggunakan mesin kasir yang disertai komputer, pertimbangkan untuk memanfaatkan GoBiz PLUS

Baca juga: Kartu Debit VS Kartu Kredit: Mana yang Lebih Disukai Pelanggan?

Dengan menggunakan GoBiz PLUS, Anda tidak perlu lagi memakai mesin kasir berukuran besar. Fungsi mesin kasir sudah bisa Anda dapatkan lewat keberadaan perangkat yang didapatkan saat menggunakan GoBiz PLUS. Perangkat ini memiliki fitur built-in printer yang bisa Anda pakai untuk mencetak struk. 

Tidak hanya itu, GoBiz PLUS dapat menggantikan keberadaan mesin electronic data capture (EDC). Biasanya, pemilik usaha bakal menggunakan beberapa jenis mesin EDC untuk melayani pelanggan yang ingin melakukan pembayaran dengan kartu. 

Perangkat yang Anda peroleh dari GoBiz PLUS memberi kemudahan melayani pembayaran dengan berbagai metode. Selain bisa menerima pembayaran kartu debit atau kartu kredit, Anda pun bisa menerapkan pembayaran via dompet digital seperti GoPay melalui QRIS. 

Nah, sampai di sini Anda jadi tahu kenapa harus segera daftar GoBiz PLUS, kan? Dengan GoBiz PLUS, Anda bisa memperoleh banyak keuntungan dan tetap memberi pelayanan yang nyaman kepada pelanggan. Tertarik?

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021 – Selama pandemi, ada banyak sekali pengusaha selengkapnya

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode – Bagi seorang pengusaha, selengkapnya