5 Cara Memahami Pelanggan dengan Lebih Baik – Pembeli atau pelanggan adalah raja. Untuk itu, pelaku usaha perlu memahami pelanggan dengan lebih baik agar dapat mengetahui apa yang mereka butuhkan sehingga mampu menghasilkan produk yang bernilai bagi pelanggannya.
Pentingnya Memahami Pelanggan untuk Kegiatan Usaha
Setiap pelanggan tentu memiliki karakter atau perilaku yang beragam sehingga Anda tidak bisa menerapkan satu jenis pelayanan bagi semua orang.
Dengan memahami pelanggan, Anda juga dapat menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan mampu memberikan tanggapan yang tepat saat berkomunikasi atau bertransaksi.
Misalnya, jika pelanggan Anda merupakan orang yang teliti, maka Anda perlu bersikap ramah dan bersabar untuk menjawab setiap pertanyaannya sehingga ia merasa puas dan memutuskan untuk membeli produk Anda berkat pelayanan yang memuaskan.
Contoh lainnya, jika rata-rata pelanggan Anda lebih sering berbelanja menggunakan dompet digital seperti halnya GoPay, maka Anda bisa memberikan promo diskon untuk pembayaran menggunakan GoPay.
Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dengan Teknologi, Mana yang Paling Ampuh?
5 Cara Memahami Pelanggan dengan Lebih Baik
Memahami pelanggan dengan lebih baik memang tidak mudah, terlebih di tengah arus digitalisasi yang semakin membuat orang sulit bertatap muka secara langsung dan melihat bagaimana perilaku kedua belah pihak saat bertransaksi.
Namun, tahukah Anda? Anda bisa mengenali mereka dengan 5 cara berikut ini. Yuk, simak!
1. Tingkatkan empati
Ini dia cara memahami pelanggan yang pertama. Rata-rata pelanggan cenderung bersikap loyal terhadap merek atau produk yang mampu mengenali masalah dan kebutuhan mereka.
Oleh karena itu, tingkatkan empati Anda sebagai pelaku usaha dengan menempatkan permasalahan atau kebutuhan mereka seolah permasalahan atau kebutuhan Anda sendiri.
Jika pelanggan bertanya tentang masalah atau kebutuhannya, segera tawarkan produk atau jasa yang sesuai sebagai solusinya. Dengan begitu, pelanggan akan merasa dipahami sehingga memutuskan untuk berlangganan produk atau jasa Anda.
2. Sediakan informasi
Mayoritas pelanggan menginginkan informasi yang lengkap terkait produk atau jasa yang ditawarkan para pelaku usaha.
Namun, mereka juga ingin memperoleh informasi tersebut secara mudah dan cepat sehingga Anda perlu menyediakan beragam informasi lengkap yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Misalnya, Anda bisa memuat informasi yang banyak dicari (seperti nomor kontak, email, cara pemesanan, dan lain sebagainya) di media sosial atau website.
3. Berikan pilihan
Pasti Anda ingat bukan bahwa pembeli adalah raja? Jadi, jangan biarkan Anda mendominasi percakapan selama bertransaksi dan berikan pilihan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, ya.
Hindari memaksakan satu produk kepada mereka, meskipun Anda tahu bahwa produk tersebut memang dibutuhkan.
Baca juga: 10 Cara Menarik Pelanggan Kembali ke Toko Anda
4. Tunjukkan apresiasi
Setiap orang pasti akan sangat senang jika diperlakukan dengan baik. Untuk itu, pastikan Anda bersikap ramah terhadap pelanggan dan menunjukkan apresiasi Anda sebagai penjual atau pelaku usaha dengan senantiasa menyapa pelanggan, menanyakan kebutuhan mereka, memberikan rekomendasi yang tepat, dan berterima kasih karena telah mampir atau berbelanja di toko Anda.
Tentu pelanggan usaha Anda akan senang diapresiasi oleh Anda! Nah, sudahkah Anda menerapkan cara memahami pelanggan yang satu ini?
5. Libatkan pelanggan
Usaha bukan sekadar transaksi jual beli yang setelahnya tidak ada lagi hubungan antara pelaku usaha dengan pelanggan. Lebih dari itu, dalam kegiatan usaha, pelanggan memiliki posisi tersendiri yang perlu dilibatkan dalam proses berbisnis.
Cobalah libatkan pelanggan dalam kegiatan usaha Anda dengan melakukan survei kepuasan konsumen secara berkala atau voting pelanggan saat akan menelurkan produk baru. Dengan begitu, pelanggan akan merasa menjadi bagian dari produk atau usaha Anda.
Baca juga: 6 Cara Mendapatkan Pelanggan Baru dalam Bisnis Kuliner
Sudahkah Anda menerapkan 5 langkah tersebut untuk memahami pelanggan? Selain itu, jangan lupa tingkatkan pemasaran online dan sediakan ragam pembayaran nontunai agar produk Anda bisa menjangkau lebih banyak pelanggan!
Bagaimana caranya? Yuk, pakai GoPay! Dengan GoPay, Anda #BisaLebih gampang kelola usaha apa pun, terima pembayaran nontunai dari pelanggan, buat laporan penjualan otomatis, tambah omzet, dan masih banyak keuntungan lainnya!
Cari tahu lebih lanjut bagaimana GoPay bisa bantu usaha Anda berkembang lebih pesat, yuk!
Jangan lupa untuk follow Instagram @gopaymerchant untuk dapatkan info-info menarik lainnya, ya!