GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

6 Cara Mendapatkan Pelanggan Baru dalam Bisnis Kuliner

Dalam dunia bisnis, kuliner menjadi salah satu bidang yang banyak digeluti oleh para pebisnis. Cenderung lebih mudah untuk dijalankan, bahkan dengan modal rendah bisnis kuliner sudah dapat dimulai. Selain itu, kuliner yang berkaitan erat dengan makanan dan minuman merupakan kebutuhan utama manusia menjadikannya bisnis potensial dengan pangsa pasar yang tak akan habis. Segmen pasarnya pun beragam dengan cakupan yang luas, mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa. 

Meski begitu, butuh strategi tersendiri untuk para pebisnis yang telah menekuni bisnis tersebut sebelumnya untuk menjaga bisnisnya tetap lancar atau bahkan mendapatkan pelanggan baru untuk mengekspansi pasarnya. Ada 6 cara yang dapat dilakukan oleh Rekan GoBiz untuk mendapatkan pelanggan baru, berikut caranya:

Konsisten menjaga cita rasa

Soal makanan, cita rasa adalah segalanya. Cita rasa dari sebuah makanan adalah faktor penarik utama dalam industri kuliner. Kepercayaan pelanggan atas bisnis yang kamu jalankan pun didasari oleh cita rasa yang dihadirkan. Cita rasa yang enak dan beda dari yang lain akan menciptakan kesan tersendiri bagi pelanggan. Pelanggan tidak segan untuk kembali datang dan mencicipi menu yang kamu tawarkan, bahkan akan mempromosikannya kepada orang lain. 

Oleh karena itu, cita rasa makananmu harus selalu terjaga dengan baik. Kualitas cita rasa makanan ditentukan oleh kualitas bahan-bahan yang digunakan serta proses pengolahannya. Kamu pun harus memperhatikan standar dan prosedur yang digunakan sesuai dan tidak mengalami penurunan. Selain itu, sebagai pebisnis, melakukan pengawasan soal cita rasa merupakan hal penting.

Melakukan inovasi produk 

Semakin banyaknya pendatang baru dalam bisnis kuliner membuat persaingan bisnis ini juga semakin ketat. Meski produk dalam bisnis kuliner beragam, tapi tidak jarang juga jenis yang merajai pasar hanya jenis-jenis tertentu. Banyak juga bisnis lain yang menghadirkan menu yang serupa dengan bisnis yang kamu jalankan. 

Akibatnya, perlu adanya pembeda antara bisnis yang kamu miliki dibandingkan dengan yang lainnya. Melakukan inovasi dan eksplorasi terhadap menu yang kamu hadirkan bisa dilakukan untuk mempertahankan pelanggan. Melalui inovasi ini pula, kamu dapat menyesuaikan bisnis kuliner dengan tren hits jaman now sehingga tidak ketinggalan tren. 

Memanfaatkan momentum

Meski makanan adalah kebutuhan utama manusia, tetapi tidak semua makanan tersebut ada setiap waktu atau ada kalanya pelanggan merasa bosan untuk memakannya. Bisnis kulinermu pun pasti mengalami waktu sepi oleh pelanggan. Namun, kamu dapat menggantikan penjualanmu pada hari besar nasional dan sebagainya. 

Pada saat seperti ini, kamu dapat memberikan program promo untuk item menu tertentu atau lakukan promosi di media sosial yang mengajak para pelanggan untuk membagikan foto mereka saat berada di bisnismu. Penggunaan media sosial ini juga dapat mengenalkan bisnismu pada masyarakat. Selain itu, kamu juga dapat membuka booth di festival kuliner atau kegiatan lain untuk mendapatkan pelanggan baru. 

Berkolaborasi dengan agen perjalanan

Dalam sebuah paket perjalanan, tidak hanya destinasi wisata, tempat makan yang dipilih pun menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengguna jasa agen perjalanan. Jika kamu mengelola bisnis kuliner tradisional yang menyajikan makanan-makanan khas suatu daerah, kamu dapat bekerja sama dengan agen perjalanan yang menyediakan trip ke daerah tersebut. Promosi seperti ini dapat memberikan cakupan pelanggan yang lebih luas bagi bisnismu. Dalam melakukan promosi ini, kamu dapat memberikan komisi kepada agen perjalanan tersebut jika merekomendasikan dan membawa peserta perjalanannya ke bisnismu. 

Memperkenalkan bisnis ke instansi terdekat

Sektor kuliner memang berhubungan dengan industri pariwisata, terutama jika kamu mengelola bisnis kuliner tradisional khas daerah. Kamu dapat memperkenalkan bisnis kuliner ini kepada instansi-instansi terkait seperti Dinas Pariwisata atau badan lainnya. Promosi dengan cara ini cukup efektif untuk mendapatkan pelanggan sesuai dengan target bisnismu karena rekomendasi dari instansi-instansi tersebut.

Bergabung dengan komunitas 

Memperkenalkan bisnis kepada komunitas-komunitas yang masih berhubungan dengan bisnismu pun dapat memberikan peluang tersendiri untuk menciptakan pelanggan baru. Jika kamu bergabung dalam komunitas yang aktif bertukar informasi antar anggotanya, hal ini dapat menjadi keuntungan tersendiri karena kamu dapat membagikan informasi mengenai bisnis kuliner yang kamu kelola.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan pelanggan baru dalam bisnis kuliner. Semakin banyak cara yang kamu lakukan, kemungkinan meningkatkan pelanggan baru juga menjadi semakin besar. Selain itu, untuk menunjang penjualan dan kelancaran bisnis, kamu bisa menggunakan super app seperti GoBiz yang dilengkapi dengan fitur – fitur terbaik yang membantu operasional bisnismu. Selamat mencoba!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Modal Usaha adalah Fondasi Awal Bisnis. Ini 8 Cara Mendapatkannya

Mendapatkan modal usaha adalah hal penting bagi calon pengusaha. Di tengah keadaan selengkapnya

Indikator Kepuasan Pelanggan, Ada 5 Hal yang Perlu Diketahui

Indikator kepuasan pelanggan adalah ukuran yang digunakan untuk mengetahui puas atau selengkapnya