GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

20 Ide Usaha dengan Modal Dibawah 10 Juta!

Memulai usaha tidak harus mahal. Cukup dengan modal 10 juta rupiah saja, Anda bisa kok mulai membuka usaha di berbagai bidang. Berikut ide usaha yang bisa Anda manfaatkan untuk usaha Anda nantinya!

1. Warung Makan

Hampir sama seperti usaha katering rumahan, usaha warung makan merupakan usaha modal 10 juta yang bisa Anda jadikan pilihan, terutama jika rumah Anda berada di pinggir jalan raya yang sering dilalui banyak kendaraan. Namun, berbeda dari katering, Anda harus menyiapkan tempat yang memadai serta meja dan kursi untuk pembeli. Anda pun cukup menyiapkan garasi rumah dan etalase untuk memajang masakan yang akan Anda jual nantinya.

2. Jus Buah

Usaha modal 10 juta lainnya yang bisa Anda lakukan adalah usaha jus buah yang pastinya sangat diminati oleh berbagai kalangan. Anda cukup bermodalkan etalase atau meja ala franchise, blender, buah-buahan segar, dan pelengkapnya serta cup plastik dan sedotan.

3. Warung Kopi 

Usaha kekinian yang sangat cocok dan memiliki peluang yang besar adalah usaha warung kopi. Bahkan, Anda tidak memerlukan keterampilan masak tertentu karena pilihan makanan di warung kopi bisa berupa makanan kecil yang praktis seperti gorengan, mi instan, dan aneka bubur seperti bubur ayam atau kacang hijau. Sehingga,usaha modal 10 juta ini bisa Anda wujudkan tanpa persiapan yang ribet. Kopi yang disajikan pun bisa berupa kopi sachetan sehingga Anda tidak perlu menyiapkan alat-alat coffee maker professional seperti di café. Pilih lokasi yang strategis dan dekat dengan keramaian seperti area kampus ataupun perkantoran agar warung kopi Anda ramai pelanggan.

4. Minuman Kekinian

Usaha selanjutnya yang terjangkau dan bisa dijadikan pilihan usaha modal 10 juta adalah usaha minuman kekinian, baik itu franchise atau membuka usaha sendiri. Anda bisa memilih berbagai macam resep minuman coklat, boba, thai tea, cheese tea, teh dengan berbagai macam rasa hingga minuman brown sugar.

5. Katering Rumahan

Usaha modal 10 juta selanjutnya adalah usaha katering rumahan yang ditujukan untuk anak sekolahan atau pegawai kantoran. Anda hanya perlu membeli bahan-bahan makanan segar di pasar, alat masak, serta kotak kemasan. Selain itu, perhitungkan ongkos kirim yang perlu Anda keluarkan. Dengan membuat usaha katering rumahan dengan cita rasa masakan yang enak dan konsisten, pasti banyak orang akan dengan senang hati berlangganan katering Anda.

6. Franchise

Usaha modal 10 juta selanjutnya yang bisa Anda pilih adalah bisnis franchise atau waralaba makanan kecil atau minuman. Dengan berbisnis waralaba, Anda bisa memilih brand yang sudah populer dan dikenal banyak orang sehingga Anda tidak perlu susah-susah memikirkan marketing produk lagi. Anda bisa memilih bisnis makanan berat seperti ayam crispy hingga makanan ringan seperti brownies, hot dog, hamburger, kebab, dan dimsum. Biasanya, Anda hanya perlu membayarkan biaya beberapa juta rupiah untuk bergabung dengan franchise tersebut.

7. Laundry Kiloan

Selain makanan, ternyata laundry juga berpeluang untuk bisnis, lho! Terutama jika tempat tinggal Anda berada di daerah yang ramai dan dekat dengan lokasi kampus. Anda hanya perlu menyiapkan mesin cuci, deterjen, dan setrika. Anda juga perlu menyiapkan beberapa hal tambahan seperti daftar harga untuk mematok barang yang akan di laundry, karena per item biasanya harganya berbeda. Tarif untuk mencuci jaket tentu berbeda dengan tarif mencuci sprei dan karpet. Usaha modal 10 juta ini pun dapat memberikan keuntungan yang cukup menjanjikan bagi Anda.

8. Ayam Geprek

Jika Anda berada di wilayah yang dekat dengan kampus, maka usaha yang satu ini pasti akan laris manis karena anak kos sangat menyukai ayam geprek pedas dengan harga terjangkau dan level pedas yang bervariasi. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan jasa ojek online untuk memasarkan usaha Anda. Usaha modal 10 juta ini pasti akan sangat menguntungkan karena Anda hanya perlu menyiapkan tempat makan dan bahan-bahan ayam geprek.

9. Bakso

Hampir semua orang Indonesia pasti menyukai cita rasa bakso yang gurih dan nikmat, terutama jika dinikmati saat hujan dan udara dingin. Oleh karena itu, usaha yang satu ini tentu bisa menjadi pilihan Anda. Usaha modal 10 juta ini tentu dapat membawa pundi-pundi uang yang lumayan bagi Anda asalkan cita rasa bakso buatan Anda enak dan pas di lidah. Selain itu, Anda juga bisa menjajakan bakso dengan gerobak keliling. Harga gerobak di pasaran pun kurang dari 2 juta rupiah dan tergantung dari model dan kualitas gerobak tersebut.

10. Kue Kering

Mendekati acara tertentu seperti lebaran atau natal, pasti kue kering banyak sekali diburu oleh masyarakat. Peluang ini tentu tidak boleh Anda lewatkan! Cukup bermodalkan toples bening, bahan-bahan kue kering dan oven untuk memasak kue tersebut. Riset resep kue yang menurut Anda pas di lidah terlebih dahulu, dan jika resep tersebut sukses maka Anda bisa memasarkannya di media sosial ataupun ke tetangga sekitar kompleks rumah Anda.

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

1 2

Artikel Terkait

[Panduan JAGA] A: Adukan hal mencurigakan ke mitrausaha@gojek.com

Penipu ada dimana-mana dan untuk meningkatkan keamanan usaha Anda, Anda juga harus selengkapnya

Kelola Pesanan Online dan di Outlet dengan Aktifkan Layanan POS di GoBiz

Kabar baik bagi Anda, Mitra Usaha Gojek yang sudah terhubung dengan layanan GoFood, selengkapnya