Pusat Pengetahuan

Tips Usaha Es Cappucino Cincau dengan Modal Minim

Belakangan ini, bisnis minuman kopi semakin marak di Indonesia. Tidak hanya menyegarkan, tetapi minuman kopi juga dianggap sebagai pelengkap berbagai aktivitas, seperti bekerja, belajar, atau sekadar ngobrol santai bersama kerabat. Termasuk juga es cappucino, minuman favorit yang selalu ada di setiap kedai kopi.

Berbeda dari minuman kopi lainnya, es cappucino ini disajikan dingin. Cocok untuk diminum saat cuaca panas, mengingat Indonesia sendiri beriklim tropis. Selain itu, rasa es cappucino juga tidak sepahit kebanyakan minuman kopi, misalnya espresso. Campuran susu dan kopi dalam es cappucino membuat teksturnya lebih creamy dan rasanya lebih manis.

Potensi pasar bisnis es cappucino juga terlihat sangat menjanjikan. Pertama karena memesan minuman bisa dilakukan di luar jam makan, tidak seperti makanan yang biasanya sepi pengunjung setelah jam makan. Selain itu, harganya yang lebih murah pun semakin meningkatkan peluang bisnis ini laris manis.

Anda juga tidak memerlukan kios yang terlalu besar karena pembeli es cappucino biasanya membeli melalui aplikasi atau takeaway. Untuk urusan pendataan penjualan, pemesanan, laporan keuangan, dan lainnya, Anda juga tidak perlu repot.

Anda bisa memanfaatkan aplikasi GoBiz yang memudahkan segala operasional bisnis dan menjadikannya sistematis dan otomatis. Dengan bantuan GoBiz, Anda bisa fokus pada hal lain, seperti bagaimana memberikan pelayanan dan kualitas terbaik untuk pelanggan.

Keuntungan usaha es cappucino

Menilik potensi bisnis es cappucino, Anda juga bisa melihat keuntungan-keuntungan lain dari membuka bisnis ini. Mulai dari bahan-bahan yang mudah ditemukan di pasaran, hingga segmentasi pasar yang luas.

1. Bahan baku es cappucino

Bahan-bahan utama dari membuat es cappucino adalah kopi bubuk dan susu. Dengan menggabungkan kedua bahan ini, terciptalah cappucino yang bisa disajikan panas atau dingin. Tambahkan es batu untuk membuatnya menjadi es cappucino kekinian.

Jika tidak mau repot, Anda juga bisa menggunakan cappucino instan yang dijual bebas. Tetapi, Anda harus mencicipinya terlebih dahulu, bisa saja minuman yang dihasilkan terlalu pahit atau terlalu manis. Sesuaikan takarannya dengan selera.

2. Perlengkapan

Tentunya Anda membutuhkan blender, kulkas kecil atau cooler, dan termos untuk bisa memulai bisnis es cappucino. Blender bisa digunakan untuk mengocok susu sebelum ditambahkan ke larutan kopi. Kulkas kecil untuk menyimpan es batu dan termos untuk menyeduh air. Jangan lupa untuk membeli gelas plastik dan sedotan.

Perlengkapan berikut bisa dibeli di toko-toko serta pasar swalayan. Sangat mudah dan tidak perlu repot untuk mencarinya. 

3. Modal awal yang kecil

Mengingat bahan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuat minuman ini tergolong sedikit, bisa dipastikan bahwa modal awal yang harus disiapkan tidak begitu besar. Belum lagi, harga dari bahan dan perlengkapan tersebut cukup terjangkau. Dengan begitu, Anda juga bisa menjual produk dengan harga terjangkau tanpa mengalami rugi.

Resep es cappucino cincau

Sebelum memulai, Anda harus tahu cara membuat es cappucino yang enak. Salah satu varian minuman yang kini sedang populer adalah cappucino cincau. Minuman khas Italia ini dipadukan dengan cita rasa Indonesia. Rasanya tentu saja enak dan mudah sekali untuk dibuat. Resep cappucino cincau berikut bisa juga menjadi inspirasi Anda.

Bahan-bahan utama:

  • 2 sachet cappucino instan
  • 50 gram susu bubuk rasa coklat
  • 100 ml air dingin
  • 50 gram gula pasir
  • 25 ml susu kental manis
  • 600 gram es batu

Bahan-bahan boba:

  • 100 gram tepung sagu
  • ΒΌ sendok teh kopi instan
  • 50 ml air hangat
  • 1 sendok makan gula bubuk

Bahan tambahan:

  • 200 gram cincau hitam, diparut halus
  • 2 sdm susu kental manis

Cara membuat:

  • Untuk membuat boba, campurkan tepung sagu, kopi instan, dan gula bubuk hingga menjadi adonan.
  • Bentuk menjadi bola-bola kecil. Rebus di dalam air mendidih. Segera angkat jika boba sudah terapung di atas air.
  • Boba yang sudah matang harus direndam dalam air dingin. Boba pun sudah siap.
  • Blender cappucino instan dengan susu bubuk, air dingin, gula pasir, susu kental manis, dan es batu hingga halus.
  • Ambil gelas dan masukkan cincau hitam. Kemudian, masukkan boba yang sudah disiapkan.
  • Tuangkan cappucino yang sudah diblender. Sajikan dengan sedikit tambahan susu kental manis.

Tekstur kenyal dari boba dan cincau hitam membuat es cappucino semakin enak. Mudah dan cepat untuk dibuat, Anda tidak akan dipusingkan dengan proses pembuatan yang rumit. Resep cappucino cincau ini bisa menjadi salah satu menu andalan Anda, daya tarik tersendiri dalam bisnis yang dirintis.

Perhitungan modal dan laba es cappucino

Sebelum memulai usaha baru, tentunya Anda perlu menyiapkan modal usaha. Modal ini mencakup biaya perlengkapan, sewa, dan bahan makanan. Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk membuka bisnis minuman es cappucino, berikut rincian perlengkapan dan barang yang diperlukan, beserta harganya.

Biaya perlengkapan

BarangJumlahEstimasi harga
Etalase kecil1 unitRp900,000
Meja1 unitRp450,000
Kursi4 unitRp400,000
Blender1 unitRp300,000
Cooler1 unitRp350,000
Termos listrik1 unitRp500,000
Pisau1 unitRp50,000
Sendok1 lusinRp20,000
Baskom2 unitRp10,000
Toples/wadah5 unitRp60,000
Serbet1 unitRp30,000
Total biaya perlengkapan
Rp3,070,000

Biaya operasional per bulan

BarangJumlahEstimasi harga
Cappucino bubuk10 kgRp400,000
Cincau 15 kgRp375,000
Susu bubuk30 pcsRp300,000
Gula30 pcsRp300,000
Susu kental manis30 pcsRp300,000
Tepung sagu30 pcsRp300,000
Kopi bubuk15 pcsRp225,000
Air10 galonRp550,000
Gelas plastik1500 pcsRp240,000
Sedotan1500 pcsRp24,000
Listrik30 hariRp200,000
Sewa tempat30 hariRp1,000,000
Total biaya operasional bulanan
Rp4,214,000

Dari kedua daftar barang dan harga yang sudah dibahas di atas, bisa dipastikan bahwa total modal usaha yang perlu dipersiapkan adalah sebesar Rp7,284,000. Total modal usaha ini bisa saja berubah sewaktu-waktu, tergantung dengan kondisi pasar serta kebutuhan bisnis Anda.

Tidak diperlukan waktu lama untuk dapat menutup modal usaha tersebut. Mari simak estimasi target dan keuntungan bersih yang didapat di bawah ini.

Harga es cappucino per gelasTarget penjualanTotal pemasukan
Rp12,00030 gelas per hariRp10,800,000
Estimasi modal awal
Rp7,284,000
Keuntungan bersih
Rp3,516,000

Sangat menguntungkan, bukan? Apabila Anda berhasil untuk mencapai target penjualan setiap harinya, maka itulah besar keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Tidak hanya menutup modal awal saja, tetapi Anda juga mendapatkan laba bersih.

Tips & trik membuka usaha cappucino cincau

Jika Anda sudah mantap untuk merintis usaha es cappucino, Anda perlu menyimak tips dan trik agar bisnis yang dijalankan tetap sukses dan ramai pengunjung. Berikut hal-hal yang bisa Anda contoh dan lakukan.

1. Pemilihan lokasi

Lokasi sangat penting dalam kesuksesan sebuah usaha. Apa jadinya jika bisnis Anda terletak di wilayah terpencil yang jarang dikunjungi orang. Maka dari itu, tempat strategis yang bisa digunakan adalah tempat yang dekat dengan akses jalan raya atau wilayah pemukiman.

Selain area yang padat penduduk, Anda juga bisa membuka bisnis minuman kopi ini di area sekolah, perkantoran, atau kampus. Lokasi-lokasi ini cocok dengan target pasar, para pembeli juga bisa dengan mudah memesan minuman dan menikmatinya selagi beraktivitas.

Pastikan juga bahwa etalase atau kedai bisnis Anda terlihat dengan jelas. Anda bisa menggunakan bantuan banner mencolok untuk menarik perhatian pengunjung. 

2. Gencar melakukan promosi

Salah satu rintangan dari memulai bisnis baru adalah memperkenalkan produk ke calon pembeli. Tentukan daya tarik dari minuman yang dijual, bisa jadi harganya yang lebih murah atau pilihan topping yang variatif. Daya tarik ini kemudian bisa Anda promosikan, baik secara online maupun offline.

Manfaatkan sosial media sebagai cara Anda berkomunikasi dengan pelanggan. Buat konten-konten menarik yang menunjukkan daya tarik dari minuman yang Anda jual. Jangan lupa untuk membuat promo-promo menarik yang dapat mendorong calon pembeli untuk mencoba minuman Anda.

Tidak hanya sosial media, Anda juga bisa memanfaatkan flyer atau brosur untuk memperkenalkan bisnis Anda ke warga sekitar. Lagipula, mereka adalah pelanggan pertama yang akan mengunjungi kios Anda. Sertakan alamat, kontak, menu, serta harga minuman agar pembeli bisa dengan mudah memesannya.

3. Layanan berkualitas

Jika Anda menugaskan karyawan untuk melayani pelanggan, pastikan mereka selalu bersikap ramah. Pelanggan yang kecewa dengan layanan dari bisnis Anda, pastinya akan berpikir dua kali untuk berkunjung kembali.

Selalu tersenyum dan membantu pelanggan dalam memesan minuman akan menjadi sikap yang membuat para pembeli berubah menjadi pelanggan. Tentu saja ini akan menguntungkan bisnis Anda.

4. Manfaatkan teknologi

Di era digital, semuanya serba cepat. Tidak terkecuali juga proses bisnis. Anda perlu menyeimbangkannya dengan mendaftarkan bisnis Anda ke platform layanan pesan antar online GoFood dan aplikasi pembayaran digital GoPay.

Keduanya akan membuat pembeli semakin tertarik dan mudah untuk melakukan pemesanan. Jangan lupa juga untuk memanfaatkan GoBiz untuk memudahkan operasional bisnis Anda.

Sepertinya Anda sudah siap menjadi pemilik bisnis es cappucino. Tidak ada salahnya untuk merencanakan bisnis dengan matang. Ikuti tips yang sudah dibahas dan serahkan urusan operasional bisnis Anda dengan GoBiz. Serba cepat, mudah, dan aman.

Sumber gambar: chefiso.com

Read more about:

Artikel Terkait

14 Tips Kemasan Makanan yang Menarik & Aman untuk Delivery

Di tengah pandemi yang disebabkan penyebaran COVID-19 dan penerapan Pembatasan Sosial selengkapnya

Tingkatkan Penjualan Usaha Kuliner dengan 15 Cara Ini

Saat Anda sudah memulai usaha kuliner dan sudah mulai menguasai tempo operasional selengkapnya