GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Konfirmasi Diri untuk Jaga Privasi Data Usaha di GoBiz

Demi menjaga akun GoBiz usaha Anda dari orang yang tidak bertanggung jawab, kami menghimbau pemilik atau penanggung jawab usaha untuk melakukan konfirmasi diri di aplikasi GoBiz atau GoBiz Dashboard.

Kenapa Anda harus konfirmasi diri* sebagai pemilik atau penanggung jawab usaha?

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti penipuan atau tersebarnya data sensitif usaha. Proses konfirmasi ini berguna untuk memastikan bahwa hanya pemilik atau penanggung jawab usaha yang dapat mengakses fitur premium GoBiz.

Berikut adalah beberapa keuntungan yang dapat Anda nikmati jika Anda telah berhasil melakukan konfirmasi kepemilikan:

  1. Mengganti rekening bank dan menambah outlet di kemudian hari.
  2. Melihat seluruh transaksi, pendapatan, dan komisi outlet di aplikasi dan dashboard.
  3. Membuat promo GoFood atau GoPay dari aplikasi.
  4. Memiliki akses ke semua fitur GoBiz saat ini dan di kemudian hari.

*) Fitur ini hanya tersedia untuk Mitra Usaha Gojek yang memiliki 1 outlet saja. Jika usaha Anda hanya memiliki 1 outlet, namun belum dapat melakukan konfirmasi kepemilikan, mohon perbarui rincian data usaha Anda dengan menghubungi mitrausaha@gojek.com. Jika usaha Anda memiliki lebih dari 1 outlet, mohon kesediaannya untuk menunggu, Anda dapat segera menikmati fitur ini.

Dokumen apa saja yang perlu Anda persiapkan untuk melakukan konfirmasi diri sebagai pemilik atau penanggung jawab usaha?

Untuk usaha perseorangan, mohon persiapkan kelengkapan data berikut:

  1. Nomor KTP pemilik usaha
  2. Nomor rekening yang terdaftar di GoBiz
  3. Jumlah pencairan dana terakhir usaha Anda
    Lihat email dengan judul “Payout request receipt” untuk melakukan pengecekan
  4. Nomor ponsel yang ingin digunakan sebagai pemilik/penanggung jawab usaha

Untuk badan usaha, mohon persiapkan kelengkapan data berikut:

  1. Surat pernyataan dari GoBiz yang sudah diisi lengkap, dicetak, ditandatangani, lalu discan
  2. Nomor KTP direktur perusahaan
  3. Nomor rekening bank yang digunakan saat pendaftaran
  4. Nomor dokumen seperti yang tertera di layar konfirmasi**

Jika usaha Anda merupakan perseorangan, Anda dapat melakukan konfirmasi diri via aplikasi GoBiz atau GoBiz Dashboard. 

Untuk melakukan konfirmasi diri di aplikasi GoBiz, ikuti langkah-langkah di bawah ini: 

Pastikan Anda adalah pemilik/penanggung jawab usaha dan sudah menggunakan aplikasi GoBiz versi terbaru dan login menggunakan nomor ponsel yang terdaftar.

1. Buka halaman Lainnya.
2. Klik Pencairan, atau klik di sini.
3. Saat halaman konfirmasi kepemilikan muncul, pastikan pemilik usaha yang mengkonfirmasi. Lalu, pilih Iya, saya pemilik usaha.
4. Baca berbagai keuntungan yang dapat Anda nikmati dengan melakukan konfirmasi ulang, lalu klik Selanjutnya.
5. Baca semua fitur yang dapat diakses jika Anda sudah konfirmasi. Kemudian, klik Selanjutnya.
6. Persiapkan rincian data yang diperlukan. Baca syarat dan ketentuan yang berlaku, lalu klik ikon kotak dan pilih Selanjutnya.
7. Masukkan no. KTP dan rekening yang terdaftar, lalu klik Selanjutnya.
8. Masukkan jumlah pencairan dana terakhir usaha Anda. Kemudian pilih Selanjutnya.
*Lihat email dengan judul “Payout request receipt” untuk melakukan pengecekan. 
A. Jika Anda ingin menggunakan nomor ponsel yang sama untuk pemilik dan karyawan, klik “Saya ingin menggunakan nomor ini”.
B. Jika Anda ingin menggunakan nomor ponsel baru untuk pemilik, klik “Saya ingin mendaftarkan nomor baru”. Lalu, klik “Pilih nomor dan kirim data”.
9. Setelah menentukan nomor ponsel, klik ikon centang ungu dan pilih Selanjutnya.  

Untuk melakukan konfirmasi diri di GoBiz Dashboard, ikuti 4 langkah di bawah ini: 

1. Buka GoBiz Dashboard dengan mengakses account.gobiz.co.id dan lakukan login menggunakan email atau nomor ponsel yang terdaftar. Lalu klik Login.
2. Masukkan no. KTP dan rekening yang terdaftar, lalu klik Lanjut. 
3. Masukkan jumlah pencairan dana terakhir usaha Anda.
Lihat email dengan judul “Payout request receipt” untuk melakukan pengecekan. 
4. Pilih no. hp yang ingin digunakan sebagai Pemilik / Penanggung Jawab Usaha.
Lalu, klik ikon centang dan pilih Kirim data

Klik di sini untuk download panduan konfirmasi diri di aplikasi GoBiz atau GoBiz Dashboard.

Jika usaha Anda merupakan badan usaha, Anda dapat mengakses GoBiz Dashboard untuk melakukan konfirmasi diri. 

Untuk melakukan konfirmasi diri di GoBiz Dashboard, ikuti 4 langkah di bawah ini: 

1. Persiapkan rincian identitas* sesuai dengan yang muncul pada halaman GoBiz Dashboard (antara 1a/1b/1c).
2. Pastikan Anda download surat kuasa dengan klik download template surat pernyataan atau klik di sini.
3. Klik ikon centang jika Anda sudah membaca dan menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku, kemudian klik Selanjutnya.
4. Masukkan rincian identitas** yang diminta, unggah/upload surat pernyataan yang telah diisi dan ditandatangani, dan masukkan nomor rekening bank yang digunakan untuk pencairan dana. Jika sudah, klik Konfirmasi.

Mudah, kan, Mitra Usaha Gojek? Cukup dengan melakukan langkah-langkah di atas, Anda telah berhasil melindungi privasi dan data sensitif usaha Anda dengan melakukan konfirmasi diri sebagai pemilik/penanggung jawab usaha! 



**) GoBiz secara otomatis akan menampilkan nomor dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan yang tercatat di sistem kami pada saat Anda pertama kali mendaftar. Anda akan diminta memasukkan nomor dari salah satu dokumen berikut: KTP Direktur, SIUP, NPWP perusahaan, NIB atau TDUP.

Untuk informasi dan bantuan lebih lanjut, mohon hubungi Pusat Bantuan Mitra Usaha Gojek

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Kembangkan usaha dengan lebih optimal bersama GoBiz versi 3.17!

Mengevaluasi program promo usaha jadi lebih optimal dengan adanya fitur Performa Promo di selengkapnya

Usaha maju dengan fitur baru GoBiz versi 3.16!

Tingkatkan penjualan usaha Anda dengan GoBiz versi 3.16 yang telah hadir untuk membantu selengkapnya