GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

3 Alasan Kenapa Anda Perlu Menyiapkan Anggaran Promosi Usaha

3 Alasan Kenapa Anda Perlu Menyiapkan Anggaran Promosi Usaha – Kalau Anda baru memulai usaha—atau bahkan masih merencanakannya, maka pastikan bahwa Anda telah menyiapkan 3P dalam rencana usaha yang akan dilakukan.

3P yang terdiri dari produk, pelayanan, dan promosi merupakan  elemen penting dan mendasar yang akan  menentukan perkembangan usaha Anda. Untuk itu, yuk mari mengenalnya lebih lanjut!


Mengenal 3P dalam Dunia Usaha

Motivasi bisnis

3P boleh dibilang sebagai fondasi penting dalam sebuah usaha—terlepas seberapa besar atau kecil skalanya. Namun, apa itu 3P?

3P adalah strategi pemasaran yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan sehingga menghasilkan pendapatan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, yang termasuk ke dalam 3P ialah Produk, Pelayanan, dan Promosi.

Namun, bagaimana semua unsur ini dapat menjadi elemen penting dalam strategi meningkatkan penjualan UMKM?

1. Produk

Sebagai contoh, Anda akan menjual sandal. Produk ini merupakan kebutuhan bagi masyarakat luas sehingga pangsa pasar Anda cukup luas.

Jika Anda menawarkan produk yang manfaatnya kurang sesuai dengan kebutuhan, maka akan sulit bagi Anda menemukan pasar. Jika pasar sulit didapat, tentu akan sulit pula usaha akan berkembang, bukan?

Contoh lainnya, Anda bermaksud menjual sisir bekas yang telah patah. Meski masih ada kemungkinan seseorang akan membeli sisir bekas karena cukup penting, hampir tidak mungkin orang akan membeli jika kondisinya patah, bukan? 

Selain itu, pastikan produk yang akan menjadi andalan juga mempunyai ciri dan keunikan tersendiri yang membedakannya dengan produk kompetitor. Tak lupa, pastikan pula bahwa Anda dapat menjaga—bahkan mampu meningkatkan—kualitas produk tersebut sehingga tak mengecewakan pelanggan.

2. Pelayanan

Pelayanan berperan sangat penting dalam menciptakan keseluruhan pengalaman yang dirasakan pelanggan saat menggunakan produk Anda.

Sebagai contoh, Anda menjual bakso. Jika seorang pelanggan datang memesan seporsi bakso saat kedai sedang sepi dan Anda baru bisa menyelesaikan pesanan tersebut dalam waktu 10 menit, maka pelanggan tentu akan kesal karena menunggu terlalu lama, bukan? 

Tentunya, ada banyak contoh pelayanan yang dapat diberikan. Selain waktu tunggu dan waktu respons, beberapa lainnya adalah sentuhan personal, kesopanan dan keramahan, dan sebagainya.

Produk yang bagus ditambah dengan pelayanan prima akan menciptakan customer loyalty. Jika customer loyalty terbentuk—artinya pelanggan akan kembali melakukan pembelian meski tak ada harga diskon, maka pundi-pundi rupiah pun akan mengalir lebih lancar.

3. Promosi

Anda sudah siap dengan produk dan pelayanan. Selanjutnya, lakukan promosi untuk membuat pelanggan menyadari kehadiran usaha Anda.

Promosi adalah kegiatan pemasaran yang bertujuan memberitahu atau menawarkan produk sehingga pelanggan tertarik untuk membeli. Promosi yang dilakukan pun sebaiknya terstruktur sehingga lebih efektif dan efisien baik dari segi waktu, tenaga, dan biaya.

Bicara soal biaya, Anda juga perlu menyiapkan anggaran promosi usaha khusus. Besarnya budget yang perlu dipersiapkan disesuaikan dengan berbagai faktor, seperti jenis produk, target pemasaran, periode, platform iklan, dan lain-lain.

Baca Juga : Cara Promosi di Instagram untuk Pemula


3 Alasan Anda Perlu Menyiapkan Anggaran Promosi Usaha

Tren bisnis kopi

Seperti yang disebutkan, Anda perlu secara khusus menyiapkan budget promosi untuk usaha. Namun, apa alasannya?

1. Memotivasi untuk Meningkatkan Pendapatan

Promosi merupakan modal awal sekaligus investasi bagi UMKM Anda. Tentunya, Anda ingin mendapat pengembalian dari modal yang Anda keluarkan, bukan?

Seperti misal, dengan budget Rp100.000,00 Anda bisa mendatangkan 8 orang pelanggan dengan masing-masing pembelanjaan Rp40.000,00. Jika komponen margin Anda adalah Rp15.000,00 untuk setiap pelanggan tersebut, artinya Anda memperoleh untung Rp120.000,00.

Perhitungan semacam ini seharusnya dapat memotivasi Anda untuk makin giat dalam mengembalikan modal. Ingatlah bahwa setiap pengeluaran dalam usaha komersial yang Anda lakukan semestinya memiliki jumlah lebih kecil dibandingkan pendapatan yang Anda terima.

Baca Juga: 7 Fungsi Laporan Keuangan untuk Usaha Anda

2. Menjaga Fokus dalam Promosi

Persaingan usaha di nyaris seluruh kategori—terutama untuk skala UMKM—sangat ketat. Karena itu, promosi harus terus Anda lakukan untuk menjaga eksistensi.

Apabila Anda tidak menyiapkan secara spesifik budget promosi, maka bukan tidak mungkin dana tersebut akan terpakai untuk pengeluaran lainnya. Kalau sudah begitu, akhirnya kegiatan promosi jadi terhambat.

Mau tidak mau, Anda memang harus ketat dalam alokasi dana usaha. Hindari mencampuradukkan dana untuk satu keperluan dengan keperluan lainnya demi menjaga kondisi finansial usaha.

3. Mempercepat Pengenalan Produk

Alasan yang tak kalah penting mengapa Anda harus menyiapkan anggaran promosi usaha adalah untuk mempercepat pengenalan produk. Makin cepat promosi dilakukan, makin cepat produk akan mulai dikenal masyarakat, makin cepat pula kemungkinan pelanggan akan membeli produk dan menghasilkan pemasukan bagi usaha Anda.

Namun, Anda juga perlu jeli dalam memilih platform maupun metode promosi. Sesuaikan pula kemampuan Anda dalam mengelola promosi tersebut guna menjaga efisiensi.

Jika Anda tidak mempunyai banyak resource untuk melakukan semuanya sendiri, lakukanlah kolaborasi dengan pihak lain. Bersama GoBiz misalnya, Anda dapat melakukan promosi dengan lebih praktis!

Super App dari Gojek ini menyediakan fitur yang memungkinkan Anda untuk membuat promo untuk pelanggan. Tak cuma itu, GoBiz juga menawarkan GoBiz PLUS, perangkat pelangkap kasir untuk usaha Anda, yang dapat digunakan untuk cetak struk, juga terima pembayaran kartu kartu debit dan kredit tanpa harus melakukan permintaan mesin EDC ke bank.

Beragam fitur ini pun bisa Anda jadikan kesempatan untuk promosi. Seperti misal, Anda bisa menawarkan promo khusus pembayaran melalui GoPay yang telah memiliki jutaan user maupun pembayaran melalui kartu GoBiz PLUS!

Di sisi lain, opsi pembayaran nontunai yang menjadi gaya hidup masyarakat saat ini turut meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam berbelanja. Dari sisi Anda sebagai pelaku usaha pun, pencatatan transaksi digital jadi lebih mudah dan rapi. Karena itu, yuk terus gunakan pembayaran nontunai untuk meningkatkan usaha Anda. Tingkatkan pula transaksi lewat berbagai promo bersama GoBiz PLUS, ya!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Tian Sen Reflexology & Acupressure Bocorkan 3 Strategi Bisnis JasaSaat Pandemi

Tian Sen Reflexology & Acupressure adalah usaha jasa yang bergerak di bidang selengkapnya

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan – Strategi promosi produk selengkapnya