GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

7 Cara Jitu Meningkatkan Layanan Pelanggan

7 Cara Jitu Meningkatkan Layanan Pelanggan – Pelanggan adalah inti dari usaha apa pun dan untuk itu, harus jadi prioritas. Riset membuktikan, sebanyak 72% pelanggan akan merekomendasikan sebuah usaha kepada orang-orang terdekat apabila memperoleh pengalaman yang positif. Itulah mengapa, Anda harus terus meningkatkan layanan pelanggan Anda. 

Dalam menjalankan usaha, fokuslah untuk membuat pelanggan senang dan terpuaskan. Selain menghadirkan produk-produk terbaik, hadirkan juga pelayanan usaha yang berkualitas.

Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan layanan pelanggan Anda. Apa saja?


7 Tips Ampuh Meningkatkan Layanan Pelanggan 

Ada beragam cara yang bisa Anda tempuh untuk meningkatkan layanan usaha. Bila pelanggan senang, tentu mereka akan sangat merekomendasikan usaha Anda. Jadi, mari catat beberapa tips berikut ini!

1. Jika usaha online, kirimkan pesan atau balasan yang dipersonalisasi untuk setiap pembeli

7 Cara Jitu Meningkatkan Layanan Pelanggan

Ketika pelanggan membeli produk, apakah Anda menyapa mereka dengan pesan yang bersifat personal atau sebaliknya, Anda justru mengirimkan pesan generik?

Pesan otomatis memang sangat membantu pelanggan untuk lebih familier terhadap produk, terutama jika mereka masih belum tahu-menahu tentang usaha Anda. Namun, jenis pesan seperti ini sangat jauh dari personal.

Baik saat pelanggan membeli produk, mendaftar uji coba, atau mengirimkan masukan, gapai mereka secara personal dengan memberikan bantuan. Walau tidak menerima tawaran bantuan dari Anda, pelanggan akan sangat mengapresiasi dan langsung menanamkan kesan positif terhadap bisnis Anda di dalam benak mereka.

Bagaimana cara mengirimkan pesan seperti ini?

Pertama-tama, sebutkan nama mereka di dalam pesan. Lalu, gunakan pula nada dan gaya penulisan yang ramah, familier, dan informal sesuai kebutuhan.


2. Peka dengan kendala yang dihadapi pelanggan

7 Cara Jitu Meningkatkan Layanan Pelanggan

Kadang-kadang, bukan cuma usaha yang membuat kekeliruan, tetapi pelanggan juga. Ketika hal tersebut terjadi, sekalipun merupakan kesalahan pelanggan, bukan berarti Anda tidak perlu memberikan solusi. Penyelesaian masalah menunjukkan bahwa brand benar-benar peduli dengan pelanggan.

Warby Parker merupakan contoh yang pas dari poin ini. Sederhananya, seorang pelanggan meninggalkan kacamata di dalam gerbong kereta. Lalu, seseorang yang duduk di seberang mereka mengambil kacamata tersebut dan bermaksud untuk mengembalikannya. Orang itu tak lain adakah Anjali Kumar, Senior Executive di Warby Parker.

Tidak hanya mengembalikan kacamata, Anjali bahkan mengirimkan kacamata baru, karena sadar bahwa lensa kacamata yang asli sedikit tergores, dan sebuah pesan personal dalam secarik kertas. Hasilnya? Pelanggan menceritakan kejadian yang dia alami di media sosial dan menjadi populer, bahkan sampai masuk kanal Forbes.

Jadi, apabila Anda melihat kesempatan untuk memperbaiki kendala pelanggan, tidak ada salahnya untuk Anda lakukan. Hanya saja ingat, Anda mesti punya bujet tersendiri untuk mengatasinya.


3. Berikan hadiah kepada pelanggan yang setia

7 Cara Jitu Meningkatkan Layanan Pelanggan

Lagi-lagi, pelanggan modern menginginkan personalisasi. Bagaimanapun juga, hal ini dapat meningkatkan penjualan dan kesetiaan.

Secara umum, cara terbaik untuk memberikan pengalaman personal adalah dengan mengadakan program loyalitas. Riset ikut menunjukkan bahwa sebanyak 79% pelanggan lebih puas dengan program yang menawarkan personalisasi tingkat tinggi.

Jadi, cobalah untuk membuat pelanggan terkesan dengan sebuah pengalaman yang tak mudah dilupakan. Sebelum itu, carilah sesuatu yang benar-benar relevan dengan selera mereka.

Baca Juga: Yuk, Kenali 5 Penyebab Usaha Sepi dan Cara Mengatasinya


4. Diskon yang menarik adalah cara jitu meningkatkan layanan pelanggan

Cara menghitung diskon meningkatkan layanan pelanggan

Diskon menjadi salah satu cara tepat untuk membuat orang-orang membeli produk. Menurut riset yang dilakukan oleh Shopify, toko yang rajin menawarkan diskon mampu meningkatkan penjualan sebanyak 8 kali lipat!

Nah, bila Anda terdaftar sebagai Mitra Usaha Gojek, Anda berkesempatan untuk menggunakan aplikasi super, yakni GoBiz, untuk melakukan cara ini.

Lewat aplikasi GoBiz, Anda bisa membuat beragam diskon, termasuk diskon ongkir, diskon menu, dan diskon total belanja. Tak hanya itu, para pemilik usaha juga dapat membagikan promo ke berbagai media daring supaya menggaet lebih banyak calon pembeli.


5. Aktif meminta masukan dari pelanggan

Meningkatkan layanan pelanggan

Jangan hanya menunggu konsumen untuk meninggalkan feedback!

Jadilah proaktif dan mintalah masukan mereka kapan pun Anda melihat kesempatan. Kirimkan survei setelah mereka melakukan pembelian atau lakukan interaksi dengan tim pelayanan untuk mengetahui seberapa puas pelanggan terhadap brand


6. Pahami produk Anda

Meningkatkan layanan pelanggan

Untuk membantu pelanggan, Anda harus memahami produk secara mendalam terlebih dahulu. Setiap pengusaha sangat direkomendasikan untuk menyediakan layanan pelanggan yang bersedia menjawab pertanyaan konsumen terkait keseluruhan hal dari sebuah produk.

Dengan cara ini, Anda tentu dapat membantu konsumen ketika mereka mengalami kendala. Di sisi lain, Anda juga bisa memberikan tips dan trik tentang cara penggunaan produk yang lebih efektif.


7. Fitur pembayaran serbaguna juga dapat meningkatkan layanan pelanggan, lho

Meningkatkan layanan pelanggan

Berikan kemudahan kepada pelanggan dengan menyediakan perangkat pembayaran canggih dan multifungsi. Satu yang terpenting, perangkat itu haruslah praktis.

Pertanyaannya kemudian, adakah perangkat yang seperti itu? Jawabannya, ada. Kini, Anda bisa menggunakan GoBiz PLUS.

GoBiz PLUS memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi pembayaran dengan berbagai metode tanpa perlu repot menyediakan berbagai perangkat berbeda.

Dengan menambah lebih banyak opsi pembayaran, tentu saja, kenyamanan sekaligus tingkat engagement pelanggan pun bisa meningkat secara signifikan. Selain itu, memilih fitur pembayaran yang aman juga mampu membuat pelanggan lebih percaya terhadap usaha Anda.


Itulah tadi 7 cara jitu meningkatkan layanan pelanggan yang patut Anda cermati. Nah, bagaimana kalau sekarang Anda mulai mengenal perangkat GoBiz PLUS lebih lanjut?

Baca juga: Apa Itu GoBiz PLUS dan Manfaatnya untuk Usaha Anda?  

GoBiz PLUS dapat melayani segala bentuk pembayaran nontunai, termasuk GoPay, QRIS, kartu kredit, dan kartu debit. Dengan lebih banyak opsi pembayaran, target pelanggan pun semakin bervariasi sehingga meningkatkan penjualan.

GoBiz PLUS juga memungkinkan Anda untuk mencetak struk belanja dengan lebih mudah tanpa perlu repot. Fitur canggih lainnya juga mencakup pencatatan segala transaksi yang dilakukan oleh pelanggan. Keuntungannya, semua data tersebut jelas bisa dimanfaatkan untuk membuat strategi peningkatan pelayanan yang lebih baik lagi.

Jadi, bagaimana? Tertarik dengan kemampuan GoBiz PLUS dalam mengembangkan usaha? Yuk, klik di sini atau tekan tombol di bawah untuk mempelajarinya lebih lanjut!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021 – Selama pandemi, ada banyak sekali pengusaha selengkapnya

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode – Bagi seorang pengusaha, selengkapnya