Kisah perjalanan pemilik Street Boba, Jovi Adhiguna, hingga sesukses sekarang bisa dijadikan pelajaran bagi Anda yang baru merintis usaha sendiri.
Pasalnya, di tengah bisnis minuman boba atau bubble tea yang kian menjamur, Street Boba mampu bertahan dan memiliki banyak pelanggan setia. Bahkan jumlah gerainya pun terus bertambah. Yuk, simak bersama kisahnya!
5 Pelajaran Jalankan Usaha Kuliner dari Pemilik Street Boba, Jovi Adhiguna
1. Beranikan diri keluar dari zona nyaman
Pemilik Street Boba, Jovi Adhiguna, awalnya justru dikenal sebagai seorang content creator dan influencer yang fokus pada dunia fashion dan beauty.
Namun, dunia yang membuat namanya besar tersebut tak lantas membuat Jovi cepat berpuas diri. Saat orang-orang menduga ia akan meluncurkan produk yang berhubungan dengan fashion, Jovi justru memilih keluar dari “zona nyaman” dan terjun ke dunia kuliner.
Siapa sangka, bisnis barunya tersebut justru mendapat respons positif dari masyarakat. Street Boba pun makin dikenal dan jumlah gerainya terus bertambah. Membuktikan bahwa untuk bisa punya bisnis yang sukses, Anda harus berani keluar dari zona nyaman terlebih dahulu.
2. Tidak ragu untuk berinovasi
Salah satu alasan mengapa Street Boba unggul dari pesaingnya adalah karena inovasi. Terobosan Street Boba bisa dilihat dari interior yang dipilih. Selain mengangkat Japanese pop culture sebagai tema utama, Street Boba juga memadukannya dengan beberapa objek yang menunjukkan kearifan lokal.
Misalnya untuk gerai di Kota Surabaya, Anda bisa menemukan maskot Street Boba dikelilingi ilustrasi jajanan khas Surabaya. Tak cuma menarik dan Instagrammable, desain interior seperti ini juga bisa menjadi pembeda dari brand minuman boba lain.
Bukan hanya interior, inovasi yang dihadirkan Street Boba juga bisa dilihat dari varian rasanya. Varian rasa yang dipilih begitu unik dan dilabeli dengan unsur-unsur khas Jepang. Hal ini membuat Street Boba tampil beda dari kompetitornya.
3. Libatkan calon pelanggan dalam mengembangkan usaha
Di mata pemilik Street Boba, Jovi Adhiguna, keberadaan pelanggan sangat penting untuk kelangsungan usaha. Tanpa adanya pelanggan, Street Boba tidak akan sebesar sekarang. Oleh karenanya, Street Boba selalu melibatkan pelanggan dalam pengembangan usaha.
Contoh paling sederhana bisa ditemukan saat Street Boba akan melakukan ekspansi. Untuk menentukan lokasi gerai selanjutnya, brand minuman boba ini membuat polling di media sosial.
Meski simpel, ternyata cara ini cukup efisien untuk mengetahui mana lokasi yang paling tepat. Lokasi yang menunjukkan antusiasme paling tinggilah yang kemudian menjadi pertimbangan untuk membuka gerai baru.
4. Konsisten menjaga kualitas
Kualitas produk sangat menentukan kepuasan pelanggan. Makin baik dan konsisten kualitasnya, maka makin tinggi pula tingkat kepuasan pelanggan. Hal ini juga diterapkan oleh Street Boba. Agar tidak kalah dari para pesaing yang sama-sama menjual minuman boba, Street Boba konsisten menjaga kualitas.
Setiap gerai Street Boba konsisten menjaga kualitas rasanya. Jadi, rasa produk di satu gerai dengan gerai lainnya akan selalu sama nikmatnya. Nah, salah satu cara untuk menjaga konsistensi rasa Street Boba adalah dengan mengadakan pelatihan. Sebelum membuka gerai baru, akan diadakan pelatihan sebagai bentuk quality control.
5. Harus dibarengi komitmen yang kuat
Agar bisnis bisa berumur panjang dan selalu ada di hati masyarakat, diperlukan komitmen yang kuat. Adanya komitmen akan membuat Anda tidak cepat berpuas diri. Jika Anda tidak cepat berpuas diri, maka kesempatan untuk mengembangkan usaha akan selalu terbuka lebar.
Hal ini berhasil dibuktikan pemilik Street Boba. Dengan komitmen yang kuat, Street Boba bisa bertahan dan tidak sekadar menjadi bisnis aji mumpung. Bahkan di tengah masa pandemi seperti sekarang, Street Boba sudah berhasil membuka 68 gerai di seluruh Indonesia.
Adanya komitmen kuat untuk menjalankan bisnis dengan baik ternyata juga membuat Street Boba berhasil mempertahankan nama parent brand yang sudah dibangun cukup lama, yaitu Nikmat Group. Keberhasilan Street Boba terbukti mampu mendongkrak nama Nikmat Group sebagai perusahaan makanan dan minuman.
Dari perjalanan pemilik Street Boba, bisa dipelajari bahwa bisnis yang sukses dimulai dengan kemauan untuk keluar dari zona nyaman. Sedangkan untuk mempertahankan bisnis, diperlukan inovasi agar produk tetap sesuai permintaan pasar. Cara lain yang bisa Anda terapkan adalah dengan bergabung dengan komunitas.
Menjadi bagian dari sebuah komunitas bisnis akan membantu Anda terhubung dengan relasi baru, memperoleh ilmu bisnis, hingga membuka peluang kolaborasi.
Belum menemukan komunitas yang sesuai? Anda bisa mulai dari Komunitas Partner GoFood (KOMPAG). Di KOMPAG, Anda akan bertemu partner GoFood lain yang sudah terjun lebih dulu ke dunia bisnis. Yuk, daftar Komunitas Partner GoFood sekarang!