GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Benarkah Pembayaran QRIS Tingkatkan Penjualan? Ini Rahasianya

Memanfaatkan pembayaran QRIS untuk bisnis akan membuat transaksi jadi lebih praktis. QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard adalah QR code berstandar nasional yang digunakan untuk memfasilitasi pembayaran digital di Indonesia. 

Sebelum QRIS muncul, Anda mungkin sudah kenal dengan istilah kode QR. Meski namanya mirip, QRIS berbeda dari kode dua dimensi tersebut karena memuat lebih banyak informasi. Selain itu, QRIS juga telah terintegrasi dengan beberapa metode pembayaran.

QRIS bisa dimanfaatkan untuk Anda yang menjalankan bisnis. Diluncurkan oleh Bank Indonesia dan ASPI (Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia) sejak 2019 lalu, standar QR code nasional ini punya banyak manfaat yang membuat transaksi bisnis lebih praktis. Berikut informasinya! 

Baca juga: 15 Ide Bisnis Kuliner dan Usaha Rumahan yang Lagi Trend 2022


Manfaat Pembayaran QRIS untuk Bisnis

qris adalah 001 - Pembayaran QRIS
(image Source: Freepik)

Bagi pelanggan, pembayaran QRIS memberikan kemudahan tersendiri karena mereka hanya perlu scan QR code dan transaksi bisa langsung terjadi. Sementara itu, bagi pemilik bisnis, sistem pembayaran satu ini akan memberikan manfaat berikut:

1. Transaksi jadi lebih praktis

QRIS membuat transaksi jadi lebih praktis karena bisa terima pembayaran dari berbagai platform. Pasalnya, QRIS telah terkoneksi dengan penyedia layanan pembayaran digital di Indonesia. Bisnis yang menyediakan metode pembayaran QRIS dapat memudahkan pelanggan dalam bertransaksi. Dengan QRIS, pelanggan bisa memilih sendiri platform mana yang ingin digunakan untuk membayar. Dengan kata lain, QRIS menyediakan lebih banyak alternatif pembayaran.

2. Cegah peredaran uang palsu

Dalam menangani uang palsu, pemerintah Indonesia sudah membentuk Badan Koordinasi Pemberantasan Uang Palsu (Botasupal). Sebagai pebisnis cerdas, Anda secara mandiri juga perlu mencegah peredaran uang palsu agar tidak merugikan terhadap bisnis. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan metode pembayaran QRIS.

Selain dapat mencatat transaksi cashless payment ke dalam sistem secara otomatis, QRIS juga membuat uang dari pelanggan bisa langsung masuk ke rekening. Anda tak lagi perlu khawatir uang akan tercecer atau menerima uang palsu saat transaksi bisnis berlangsung.

Baca Juga: 5 Pilihan Lokasi Usaha Kuliner yang Strategis

3. Jangkau lebih banyak konsumen

Bisnis UMKM membutuhkan banyak inovasi agar dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Salah satu cara efektif melakukannya adalah dengan menerapkan metode QRIS. Dengan QR code, setiap bisnis bisa menyediakan pembayaran nontunai secara lebih efisien.

Sekarang, sudah lebih 40 ribu merchant bergabung dengan QRIS. Tentu saja, besarnya minat terhadap metode pembayaran ini karena kemampuannya untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Jumlah pengguna QRIS akan terus bertambah, menunjukkan kepercayaan bahwa QRIS dapat menjangkau lebih banyak konsumen dan membantu meningkatkan penjualan.

4. Hemat biaya operasional

Metode ini juga dapat menghemat biaya operasional karena Anda tidak perlu lagi repot menyiapkan uang kembalian. Anda bisa menyimpan uang penjualan langsung di bank agar aman. Pengecekan pun bisa Anda lakukan kapan pun Anda mau. QRIS juga menurunkan risiko uang tunai hilang atau dicuri sehingga semakin menguntungkan bisnis.

5. Keamanan transaksi terjamin

Keamanan transaksi menggunakan metode pembayaran QRIS terjamin karena sistemnya sudah berstandar internasional. QRIS mempermudah transaksi digital yang diawasi oleh regulator dari satu pintu. Semua aplikasi PJSP (Penyedia Jasa Sistem Pembayaran) dapat saling membaca atau bertransaksi dengan aman satu sama lain, termasuk PJSP asal luar negeri.

6. Semua transaksi tercatat secara otomatis

QRIS memiliki tujuan utama untuk menyederhanakan transaksi digital. Dengan QRIS, pencatatan transaksi bisa Anda lakukan secara otomatis sehingga transaksi akan lebih cepat dan praktis. Bukan hanya itu, penerapan QRIS juga memungkinkan Anda untuk menerapkan sistem kontrol transaksi nontunai satu pintu. Jadi, tidak perlu berpindah-pindah aplikasi atau software untuk mengecek seluruh metode pembayaran nontunai. 

Adanya laporan riwayat transaksi dari metode pembayaran QRIS akan memudahkan Anda untuk mengecek riwayat transaksi secara berkala. Oleh karenanya, Anda bisa dengan lebih mudah memantau, menganalisis, maupun menentukan strategi keuangan usaha apa yang perlu Anda terapkan ke depannya.

7. Operasional bisnis jadi lebih efisien

Dengan menerapkan metode pembayaran QRIS Anda tidak perlu bolak-balik daftar metode pembayaran yang berbeda. Sebab, satu kode QR saja sudah bisa terima pembayaran dari macam-macam channel sehingga operasional bisnis pun jadi lebih efisien.

Baca Juga: 5 Strategi Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Kuliner, Cocok bagi Pengusaha Pemula!


Mudahkan Pelanggan dengan Pembayaran QRIS via GoPay

Apotek Pharm 24 Waringin Puluhan Tahun Bangun Kepercayaan dan Makin Kuat Berkat GoPay - pembayaran QRIS

Anda juga bisa semakin memudahkan pelanggan dengan pembayaran QRIS via GoPay. Dengan daftar GoPay untuk bisnis, Anda bisa terima berbagai jenis transaksi nontunai melalui QR code. Artinya, Anda bisa sediakan lebih banyak opsi pembayaran bagi pelanggan.

Menyediakan metode pembayaran GoPay yang praktis buat pelanggan akan sangat menguntungkan bisnis. Sebab, demand terhadap pembayaran nontunai semakin meningkat akhir-akhir ini. Dengan menyediakan metode pembayaran GoPay, Anda bisa memenuhi permintaan pelanggan dan memperlancar proses pembayaran.


Demikian informasi seputar metode pembayaran QRIS yang dapat bikin transaksi lebih praktis. Tidak hanya praktis, QRIS juga akan bantu Anda menjangkau lebih banyak calon konsumen. Sebab, metode ini bisa menerima transaksi dari berbagai jenis channel pembayaran. Terlebih, kini menghadirkan QRIS jadi jauh lebih mudah berkat GoPay. Melalui GoPay, Anda dapat mendapatkan QRIS yang bisa terima pembayaran dari berbagai uang elektronik dan dompet digital. Yuk, daftar GoPay sekarang agar bisnis makanan Anda semakin berkembang!

aplikasi UMKM

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

CUAN Bersama Gojek Lewat Kumpulan Cerita Mitra Usaha Anda

Hai, Mitra Usaha! Selamat datang di CUAN! Ini merupakan Kumpulan Cerita Mitra Usaha Anda selengkapnya

Mie Ayam Bangka Bintaro, Mentor GoFood yang Mentransformasi Bisnis Keluarga Tradisional jadi Digital

Mie Ayam Bangka Bintaro, Mentor GoFood yang Mentransformasi Bisnis Keluarga Tradisional selengkapnya