GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

15 Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan & Kegagalan Wirausaha

Memulai usaha sendiri tentu membutuhkan berbagai macam persiapan, tekad, serta prinsip yang kuat. Jika tidak, maka usaha Anda akan mudah goyah serta tidak menutup kemungkinan bahwa Anda akan mengalami kerugian nantinya.

Selain itu, memulai suatu usaha harus disertai dengan inovasi dan kreativitas yang mumpuni agar usaha Anda dapat bersaing di pasaran. 

15 Faktor Keberhasilan dan Kegagalan Wirausaha

Sebenarnya, di dunia ini tidak ada sosok entrepreneur yang sempurna dan ideal untuk menjalankan bisnis yang sukses, karena hal itu tergantung dengan tipe bisnis yang dijalankan entrepreneur itu sendiri.

Anda mungkin tidak sepintar dan secanggih Mark Zuckerberg atau Steve Jobs, namun ada beberapa hal yang bisa Anda terapkan sebagai acuan untuk keberhasilan dan kegagalan wirausaha Anda. Dengan memperhatikan hal-hal berikut, bisnis Anda pasti akan berjalan dengan optimal dan semakin berkembang nantinya.

1. Rencana 

Hal pertama yang dapat menentukan keberhasilan dan kegagalan wirausaha adalah bisnis plan atau rencana tentang bisnis yang akan Anda jalankan. Rencana ini mencakup segala sesuatu yang ingin Anda raih dan wujudkan dalam bisnis Anda maupun gambaran produk Anda nantinya.

Selain itu, dengan rencana yang rinci dan matang, potensi kerugian yang nantinya akan Anda alami dapat diminimalisir agar usaha Anda dapat berjalan dengan maksimal dan lancar nantinya. 

2. Peluang 

Menemukan peluang adalah salah satu alasan utama yang bisa mendorong pertumbuhan bisnis Anda. Untuk menemukan peluang bisnis yang tepat, Anda bisa melakukan riset pasar untuk menentukan target konsumen serta promosi apa yang harus dilakukan untuk menjangkau mereka. Dengan menjalankan riset dengan maksimal, pasti Anda bisa menemukan peluang bisnis yang tepat nantinya. 

3. Determinasi

Determinasi ini adalah tekad yang Anda miliki dalam menjalankan usaha tersebut. Jika Anda yakin dengan apa yang Anda lakukan, memiliki tekad dan kemauan yang keras untuk menjalankan bisnis Anda, maka Anda pasti tidak akan mudah goyah meskipun telah mengalami berbagai macam kegagalan dan cobaan.

Itulah mengapa determinasi bisa menjadi keberhasilan dan kegagalan wirausaha seseorang, karena tanpa determinasi, seseorang pasti akan mudah menyerah begitu menghadapi suatu masalah dalam bisnis. 

4. Etika Kerja

Dalam setiap kisah entrepreneur yang sukses, selalu ada cerita tentang etika kerja mereka yang positif serta diterapkan dalam kehidupan sehari-hari karena telah menjadi kebiasaan.

Beberapa entrepreneur sukses dunia seperti Mark Zuckerberg, pendiri Facebook, membiasakan work-life balance dalam pekerjaannya namun juga seringkali bekerja overtime jika memang dibutuhkan. Dengan etika kerja yang kuat, otomatis bisnis Anda pun nantinya akan ikut berkembang. 

Selain etika, hal yang bisa mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan wirausaha Anda ke depannya adalah kedisiplinan dalam berbisnis. Setiap pebisnis harus memiliki strategi yang tepat untuk meraih goal dan tujuan yang ingin mereka dapatkan, sehingga Anda harus memiliki kedisiplinan yang harus diterapkan dalam keseharian Anda saat berbisnis.

Terapkan kedisiplinan ini ke dalam usaha Anda maupun pegawai Anda, dan pastikan Anda konsisten dalam menjalankan berbagai macam aturan dalam berbisnis. 

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

1 2 3

Artikel Terkait

7 Tips Membuka Warung Sembako agar Laris Manis

Usaha warung sembako atau warung kelontong dapat menjadi peluang bisnis yang tepat, selengkapnya

Rincian Modal Warung Sembako Sederhana

Ide untuk memiliki usaha warung sembako sederhana sekarang ini semakin marak dibicarakan selengkapnya