GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

4 Etika Bisnis yang Harus Dimiliki Pengusaha

Dalam menjalankan dan mengembangkan sebuah bisnis tidak hanya dibutuhkan kemampuan saja. Untuk bisa mengembangkan bisnis juga dibutuhkan etika bisnis.

Etika dalam menjalankan usaha merupakan sebuah peraturan tidak tertulis mengenai apa yang benar dan yang tidak benar ketika menjalankan bisnis.

Dalam dunia usaha, pemahaman mengenai etika sangatlah penting. Tanpa adanya etika dalam berbisnis, maka akan membuat persaingan menjadi tidak sehat dan saling menjatuhkan satu dengan yang lain.

Tujuan Dan Manfaat Etika Bisnis

Etika bisnis memiliki banyak tujuan. Salah satu tujuan yaitu agar para pemilik bisnis dapat menjalankan bisnisnya dengan cara yang sehat dan baik.

Selain itu memahami etika dalam berwirausaha juga bertujuan untuk mengarahkan pemilik usaha untuk menciptakan manajemen yang baik sehingga usaha yang dijalankan bisa berjalan lancar. Selain itu prinsip ini juga dapat digunakan untuk membuat citra diri pemilik bisnis menjadi baik. 

Tidak hanya itu saja, etika bisnis juga memiliki beberapa manfaat penting bagi suatu bisnis. Dapat membuat bisnis tersebut mempunyai kredibilitas dan citra yang baik di mata publik.

Selain itu dengan adanya etika dalam berbisnis, hubungan antara karyawan dan manajemen akan terjalin baik dan tentunya perusahaan mampu menjunjung nilai-nilai yang baik sehingga perusahaan dapat berkembang dengan baik. 

Sifat Etika Bisnis yang Harus Dimiliki

Jika Anda memiliki bisnis tentunya Anda harus memperhatikan etika bisnis apa saja yang dibutuhkan, dan berbagai nilai-nilai etika dalam berbisnis yang harus Anda pelajari. Karena bukan tidak mungkin etika dalam berbisnis bisa menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan & kegagalan dalam wirausaha. Berikut ini etika-etika yang harus Anda miliki saat berwirausaha.

1. Bersikap Jujur

Etika untuk bisnis pertama yang harus Anda miliki adalah jujur. Jujur di sini bisa diartikan jujur ke investor maupun ke konsumen. Anda perlu jujur kepada pihak konsumen atau klien. Konsumen atau klien berhak tahu mengenai produk yang ditawarkan oleh bisnis Anda.

Baik dari bahan produk sampai kualitas produk. Anda tidak boleh membuat pernyataan bohong mengenai kualitas produk tersebut. Jangan sampai Anda membohongi konsumen atau klien. Jika Anda membohongi klien maka itu bisa membuat bisnis Anda memiliki citra yang buruk. 

Anda juga tidak boleh berbohong kepada calon investor. Sampaikan dengan jujur kepada calon investor mengenai kondisi perusahaan. Dengan jujur kepada calon investor, Anda tidak hanya akan membuat investor yakin terhadap kemampuan Anda tetapi juga kepada bisnis Anda. 

2. Bersikap Baik Kepada Semua Orang

Etika bisnis selanjutnya yang harus Anda miliki adalah bersikap baik kepada semua orang. Dengan bersikap baik, Anda akan memiliki citra yang baik. Dengan begitu, citra Anda akan naik. Tidak hanya citra saja tetapi juga citra bisnis yang Anda miliki. Selain itu sikap yang baik juga akan membuat rekan bisnis Anda segan terhadap Anda. 

3. Anti Suap

Etika bisnis ini sangat penting untuk Anda miliki. Suap menyuap merupakan kasus yang sering terjadi di dalam dunia bisnis. Tetapi jangan sampai Anda tergiur untuk menerima suap. Dengan menerima suap ini akan sangat merusak citra Anda dan juga citra usaha Anda.

Selain itu dengan menerima suap tentunya akan merugikan Anda karena investor akan menarik dana mereka. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa terancam dengan urusan hukum. Oleh karena itu sangat penting untuk Anda memiliki sikap tegas dan menolak suap. 

4. Bersikap Dewasa

Etika ini juga perlu Anda miliki. Mempunyai sikap dewasa akan menguntungkan Anda dalam menjalankan bisnis. Jika Anda tidak mempunyai sikap dewasa maka Anda akan mengalami kesulitan untuk menjalankan bisnis.

Anda tidak boleh mengedepankan nilai ego ketika melakukan sebuah bisnis. Untuk bisa memutuskan suatu keputusan dalam dunia bisnis, Anda harus mempunyai sikap dewasa. Jika Anda memiliki sikap tidak dewasa maka akan membuat rekan bisnis ragu untuk menjalin hubungan bisnis dengan Anda. 

Etika dalam berbisnis tidak hanya dibutuhkan sebagai suatu sikap ketika bertemu dengan rekan bisnis tetapi juga sikap yang harus ditunjukkan kepada klien atau konsumen. Dengan memiliki etika bisnis yang baik, Anda bisa membangun citra yang baik pula. Selain itu citra usaha Anda juga akan dikenal baik oleh publik.

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

[Panduan JAGA] G: Gunakan Fitur Kelola Pegawai di GoBiz untuk melindungi data usaha Anda

Keamanan usaha Anda adalah prioritas kami. Panduan JAGA merupakan upaya Gojek untuk selengkapnya

Lindungi Data Usaha dengan Fitur Kelola Pegawai di Aplikasi GoBiz versi 3.19

Tahukah Anda? Keamanan data sensitif usaha Anda, seperti total pendapatan, rincian selengkapnya