GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Mau Merintis Usaha dari Nol? Sudah Punya 7 Karakteristik Wirausaha Ini?

Mau Merintis Usaha dari Nol? Sudah Punya 7 Karakteristik Wirausaha Ini? – Merintis usaha dari nol bukanlah perkara mudah. Dibutuhkan karakteristik wirausaha yang kuat untuk memastikan usaha tersebut tetap berjalan.

Karena pada kenyataannya, akan ada banyak tantangan dan masalah selama merintis dan menjalankan usaha. Tidak sedikit wirausaha yang merasa tidak siap, lalu berhenti di tengah jalan.

Anda tentunya tidak ingin situasi seperti itu menimpa usaha yang sedang digarap, kan? Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan membangun karakteristik wirausaha ideal di dalam diri Anda. Contohnya seperti beberapa karakteristik di bawah ini.

7 Karakteristik Wirausaha, Sudah Memilikinya?

Persaingan Usaha Kuliner Teratasi dengan 5 Cara Ini

1. Jujur dengan keadaan

Menjadi wirausaha, Anda harus memiliki sikap yang jujur, terutama dengan keadaan Anda dan usaha yang sedang dirintis. Dengan kata lain, Anda harus menjadi realistis.

Untuk bisa jujur, Anda perlu mengenali diri sendiri, termasuk kelebihan dan kekurangan Anda dalam hal menjalani usaha. Jangan ragu mengakui bahwa ada hal-hal yang tidak Anda kuasai atau berada di luar jangkauan. Sikap jujur ini akan sangat bermanfaat, terutama saat bekerja bersama tim untuk membangun usaha.

Salah satu contoh sederhananya adalah menyampaikan secara gamblang kepada tim soal tujuan yang hendak dicapai oleh usaha, termasuk menyampaikan kekurangan serta tantangan yang harus dihadapi ke depannya nanti.

Sampaikan jika ada skenario buruk yang mungkin akan menimpa usaha Anda. Tujuannya agar tim bisa berupaya mencarikan solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut.

2. Komitmen tinggi dan percaya diri

Karakteristik wirausaha lain yang tidak kalah penting adalah berkomitmen tinggi. Tidak hanya berkomitmen pada diri sendiri, tetapi juga memegang komitmen kepada karyawan atau tim yang bekerja dan terlibat dalam upaya membangun usaha bersama Anda.

Wujudkan komitmen Anda sebagai pemilik usaha dengan percaya diri. Pemimpin yang memiliki keyakinan tinggi dapat menularkan keyakinan yang sama pada timnya.

Jika Anda percaya dapat membawa usaha menjadi berhasil, maka tim Anda juga bisa ikut percaya dan berkomitmen untuk mencapai visi tersebut.

3. Tidak takut dengan yang namanya risiko

Berbisnis tentu bukan tanpa risiko. Dalam prosesnya, akan ada banyak tantangan, masalah, termasuk risiko. Mulai dari risiko kerugian secara finansial, sampai risiko yang dapat memengaruhi manajemen kerja, relasi, hingga masa depan usaha itu sendiri.

Risiko bisnis ini biasanya muncul seiring dengan adanya pengambilan keputusan-keputusan penting dalam menjalankan usaha.

Misalnya, Anda memutuskan mengambil pinjaman online untuk memulai usaha. Risikonya tentu bisa macam-macam, mulai dari kemungkinan terjadi keterlambatan pembayaran pinjaman sampai risiko kebocoran data pribadi dan usaha. Namun, tidak takut dengan yang namanya risiko bukan berarti Anda jadi nekat dan asal-asalan mengambil keputusan.

Maksudnya, siapkan solusi atau beberapa rencana cadangan jika seandainya hasil usaha tidak sesuai dengan rencana yang sudah dibuat sebelumnya.

4. Rajin dan disiplin

Rajin dan disiplin merupakan dua karakteristik wirausaha yang penting karena dapat menjadi kunci kesuksesan. Sebagai pemilik usaha, tentunya Anda juga ingin agar anggota tim memiliki sikap yang sama. Namun, jangan hanya meminta mereka melakukan hal tersebut.

Berilah contoh nyata yang bisa mereka tiru. Tak perlu memberikan contoh yang rumit, mulailah dari hal sederhana seperti menerapkan peraturan yang Anda buat sendiri.

Misalnya, datang dan pulang tepat waktu sesuai dengan SOP, pekerjaan selesai sesuai deadline, serta teliti dan bertanggung jawab dengan pekerjaan masing-masing.

5. Pandai berinovasi dan kreatif

Perjalanan merintis usaha memang dimulai dari perencanaan di atas kertas. Namun, pada kenyataannya, belum tentu semua hal berjalan sesuai rencana. Akan ada banyak hal tak terduga yang akan terjadi dan menuntut Anda mengubah rencana. Itulah sebabnya Anda perlu pandai berinovasi dan menjadi lebih kreatif.

Jangan ragu menerapkan hal-hal baru dan membuat perubahan untuk usaha Anda selama itu bisa dilakukan dan berpotensi memberikan hasil optimal. Perluas wawasan Anda untuk meningkatkan kreativitas.

Pada era digital kini, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi dengan mudah di internet. Wawasan-wawasan inilah yang akan memicu daya inovasi dan kreativitas Anda dalam menjalankan usaha.

6. Komunikatif

Bukan hanya harus pandai berbicara, komunikatif juga berarti Anda memiliki kemampuan untuk mendengar dan membaca situasi. Baik itu saat berinteraksi dengan tim, klien, atau pembeli.

Karakteristik wirausaha satu ini akan sangat menguntungkan bagi para pengusaha karena Anda bisa dengan mudah mendapat informasi seputar kebutuhan, pasar, dan konsumen.

Pandai berbicara juga tidak melulu berarti bisa berbahasa Indonesia dengan baik dan benar atau lancar saat berbicara. Dalam hal ini, komunikatif artinya memiliki kemampuan untuk menyampaikan ide atau pemikiran Anda secara efektif kepada lawan bicara. 

7. Mandiri, tapi juga kolaboratif 

Sendiri tidak lemah, bersama jadi lebih kuat. Saat menjalankan usaha, Anda dituntut untuk bisa keduanya. Di satu sisi, harus mampu untuk bekerja mandiri dan mencari jalan keluar sendiri. Namun, di sisi lain juga harus mampu berbaur dan melakukan kerja sama untuk mencapai tujuan yang saling menguntungkan.

Caranya tentu saja dengan menjalankan kolaborasi bisnis. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari aktivitas ini, mulai dari membangun relasi, menambah wawasan, dan pengalaman.

Seperti yang bisa Anda dapatkan saat bergabung dengan Komunitas Partner GoFood (KOMPAG). Anda dapat bertemu dengan sesama pemilik usaha lain untuk bertukar pikiran dan berbagi pengalaman. Dari obrolan ini, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan solusi atas tantangan bisnis yang tengah Anda hadapi.

Ya, pada dasarnya, menjalankan usaha bukan hanya tentang perencanaan dan penyusunan strategi. Anda juga perlu tingkatkan kemampuan diri dan miliki berbagai karakteristik wirausaha di atas yang akan membantu Anda untuk melakukan eksekusi bisnis.

Tak perlu khawatir, dengan dukungan orang atau komunitas yang tepat, tentu usaha Anda bisa berjalan dengan lebih lancar. Semoga sukses!

Daftar-Komunitas-Partner-GoFood-KOMPAG-1

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Tian Sen Reflexology & Acupressure Bocorkan 3 Strategi Bisnis JasaSaat Pandemi

Tian Sen Reflexology & Acupressure adalah usaha jasa yang bergerak di bidang selengkapnya

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan

7 Strategi Promosi Produk untuk Tingkatkan Penjualan – Strategi promosi produk selengkapnya