Mau tau nggak? Jadi si Bu Romaniah dapet telpon dari nomor yang nggak dikenal, katanya dari GoPay Merchant dan GoPay Indonesia gitu. Nah, penasaran dong, dari siapa tuh? Hmm, ternyata siapa lagi kalo bukan Kang Tipu. Awalnya, si Kang Tipu nawarin gratis biaya promo gitu deh. Untungnya, si Bu Romaniah cerdas, nggak gampang kegeeran, dan selalu pegang prinsip-prinsip JAGA. Nah, yuk, dengerin ceritanya lebih lanjut!
Tanggal 28 Januari ini, kita memperingati Hari Pelindungan Data. Ini adalah hari penandatanganan perjanjian internasional pertama yang menangani perlindungan data pribadi. Acara ini bertujuan meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya privasi data baik bagi bisnis maupun individu.
Bagi kami, perlindungan data pribadi Anda selalu menjadi prioritas utama. Kami menerapkan langkah-langkah ketat sesuai dengan hukum yang berlaku dan praktik terbaik di industri. Dengan menjaga kerahasiaan dan integritas data pribadi Anda, kami berkomitmen untuk menyediakan lingkungan layanan yang aman dan nyaman bagi semua pengguna kami.
Terkait data pribadi, masalah paling umum yang kerap ditemui di internet saat ini adalah aktivitas percobaan penipuan (scam) dan pengelabuan (phishing).
- Scam adalah modus penipuan dengan menyamar sebagai pihak tertentu yang bertujuan untuk memperoleh data atau manfaat dari pihak lain, terutama soal uang.
- Phishing adalah jenis serangan rekayasa sosial yang sering digunakan untuk mencuri data dan informasi penting milik Anda, termasuk One Time Password (OTP) dan nomor kartu kredit.
Para pelaku ini berpura-pura mengatasnamakan GoPay Merchant dan/atau GoPay Indonesia, mitra, vendor, agen, atau karyawan kami, dan mencoba mengelabui Anda untuk memberikan data sensitif atau informasi pribadi Anda dengan mengancam atau mengatakan bahwa hal tersebut diperlukan untuk menyelesaikan transaksi atau memberi Anda promo khusus.
Maka dari itu, guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, Gojek Group Data Protection Office bersama GoPay Merchant akan memberikan informasi lebih lanjut mengenai aktivitas apa saja yang termasuk ke dalam penipuan dan pengelabuan agar Anda bisa mencegahnya.
Cara Mengetahui Aktivitas Penipuan atau Pengelabuan
- Anda tidak mengenali pengirim atau peneleponnya.
- Pesannya berisi salah ejaan atau kesalahan lainnya. Baris perihal dan konten tidak sesuai.
- Penawaran yang dibuat tampak mencurigakan atau terlalu bagus untuk menjadi kenyataan.
- Berisi penawaran dengan tenggat waktu yang mendesak.
- Berisi permintaan untuk melakukan tindakan tertentu, seperti meneruskan email ke email pribadi/mencurigakan, transfer atau mengirimkan uang ke rekening bank pribadi, dan mungkin menawarkan uang untuk melakukannya.
- Berisi peringatan tentang virus atau penipuan.
- Berisi lampiran atau dokumen mencurigakan, yang dapat mencakup file (.exe).
Cara Menghindari Penipuan atau Pengelabuan
Tentu saja dengan selalu ingat Panduan JAGA! Masih ingat, kan, apa itu JAGA?
- J: Jangan transfer uang ke siapa pun
- A: Amankan data usaha & data pribadi, seperti kode OTP, 16 digit nomor kartu ATM/debit/kredit, CVV, kode PIN, dll
- G: Gunakan fitur peran pengguna di GoBiz untuk melindungi data usaha Anda
- A: Adukan hal mencurigakan menu Bantuan pada aplikasi GoBiz
Selain itu, Anda juga perlu mengingat hal-hal penting berikut ini:
- Waspadai pihak-pihak yang mengaku sebagai perwakilan GoBiz dan/atau Gojek Indonesia.
- Berhati-hatilah ketika seseorang memberi tahu bahwa Anda telah memenangkan kontes dan berhak mendapatkan sesuatu yang berharga, seperti voucher, cashback, promo khusus, atau uang tunai. Cek situs resmi atau halaman media sosial kami untuk melihat apakah promo atau program tersebut benar adanya.
- Lakukan pengecekan ulang sebelum mentransfer uang atau saldo GoPay kepada siapa pun (termasuk pada saat pembelian barang, jasa, atau top up ke rekening bank seseorang).
- Pastikan Anda mendapatkan informasi dari media komunikasi resmi, yang hanya dikirimkan dari GoBiz, GoFood, GoPay, GoBiz PLUS, atau Gojek Indonesia
- Email: Kami mengirimkan email melalui [email protected] atau dengan domain email @go-jek.com/@gojek.com/@aux.gojek.com.
- SMS: Pesan resmi dari Gojek melalui SMS hanya datang dari nama pengirim terdaftar sebagai berikut: “Gojek”, “GO-FOOD”, “GoBiz”, “GoPay”, dan “SPOTS”.
- Media sosial
– Instagram: @gobizindonesia
– YouTube: Mitra Usaha Gojek
- Pusat Bantuan GoBiz
- WhatsApp: Pastikan Anda menerima pesan WhatsApp dari GoBiz yang telah terverifikasi. Ditandai dengan centang hijau di sebelah kanan teks/nama penerima GoBiz (bukan pada gambar/foto akun WhatsApp).
Ingat! Kami tidak akan pernah meminta data sensitif (16 digit kartu ATM/kredit, 3 digit kode CVV di belakang kartu) dan kode atau kata sandi apa pun kepada pengguna. Jangan pernah bagikan kode OTP kepada siapa pun, bahkan jika itu adalah seseorang yang mengaku dari GoBiz dan/atau Gojek Indonesia.
Selamat Hari Pelindungan Data Pribadi!