GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

[Panduan JAGA] A: Adukan hal mencurigakan lewat Menu Bantuan di Aplikasi GoBiz

Penipu ada di mana-mana dan untuk meningkatkan keamanan usaha Anda, Anda juga harus menambah pengetahuan mengenai cara-cara pencegahannya. Apakah Anda masih ingat dengan J.A.G.A?

  • J: Jangan transfer uang ke siapa pun
  • A: Amankan data usaha & data pribadi, seperti kode OTP, 16 digit nomor kartu ATM/debit/kredit, CVV, kode PIN, dll
  • G: Gunakan fitur peran pengguna di GoBiz untuk melindungi data usaha Anda
  • A: Adukan hal mencurigakan lewat menu Bantuan pada aplikasi GoBiz

Mari kita pelajari lebih lanjut cara untuk terapkan langkah A untuk JAGA usaha melalui cerita pendek di bawah ini:

Bu Tini adalah pemilik toko roti yang sudah berjualan selama 2 bulan. Ia melihat perkembangan penjualan teman-temannya atau toko roti sekitarnya ketika berjualan melalui GoFood. Akhirnya ia memutuskan untuk mendaftarkan usahanya di GoFood dan telah melengkapkan formulir pendaftarannya. Tiga hari kemudian, ia mendapatkan pesan Whatsapp dari akun yang mengaku-ngaku sebagai pihak dari GoBiz. Dalam pesannya mengatakan:

Halo,

Perkenalkan, nama saya Veronica dan saya customer service dari team GoBiz. Saya mengetahui bahwa Ibu sedang mendaftar GoBiz, tetapi terdapat beberapa kekurangan informasi seperti nomor 16 digit kartu ATM, kode CVV dan kode PIN dari kartu Ibu.

Mohon infokan kekurangan informasi ini ke saya ya agar pendaftaran Ibu dapat diproses dengan cepat.

Bu Tini pun curiga karena dimintai data-data nomor 16 digit kartu ATM, kode CVV, serta kode OTP. Ia mengingat edukasi J.A.G.A yang dilihat dari media sosial @gobizbygojek serta @gofoodpartners bahwa pihak resmi GoBiz TIDAK PERNAH meminta data tersebut. 

Selain itu, Bu Tini juga mengingat bahwa semua data pendaftaran sudah dilengkapi melalui aplikasi GoBiz. Oleh karena itu untuk memastikan kebenaran informasi ini, ia membuka kembali halaman panduan GoBiz mengenai pendaftaran dan data yang diminta hanyalah KTP, NPWP dan fotokopi halaman buku tabungan

Bu Tini pun mengetahui bahwa ini adalah tindakan penipuan sehingga ia tidak menghiraukan pesan dari penipu dan langsung mengirimkan laporan lewat menu Bantuan pada aplikasi GoBiz.

Pembelajaran yang didapatkan dari Bu Tini adalah bahwa kita harus selalu berwaspada dan mengetahui ciri-ciri penipu. Sama seperti Bu Tini, Anda telah mengetahui ciri-ciri penipu dari edukasi J.A.G.A, kan? Nah, untuk informasi selengkapnya, yuk simak beberapa ciri-ciri penipu yang Anda harus selalu waspadai:

  • Berbicara bertele-tele
  • Tidak sabar dan ingin semuanya cepat
  • Mengirimkan pesan berisikan dengan ancaman
  • Meminta kode OTP (kode 4 angka)
  • Meminta transfer dana ke nomor rekening atau virtual account yang tidak dikenal atas nama pribadi
  • Meminta rincian 16 digit nomor kartu ATM atau kartu kredit (nomor kartu, masa berlaku, nama pemegang kartu, PIN, kode CVV)

Perlu diingat bahwa komunikasi resmi dari GoBiz atau Gojek TIDAK PERNAH meminta:

  1. Kode OTP
  2. 16 digit nomor kartu debit/ATM atau kredit
  3. Kode CVV (3 digit di belakang kartu)
  4. Nama gadis ibu kandung

Ingat bahwa hal tersebut adalah data yang sensitif yang BERHAK Anda simpan dan tidak dibagikan kepada orang lain.

Jika Anda menemukan tindakan yang mencurigakan atau pihak yang mengatasnamakan Gojek, harap cek dan konfirmasi kembali informasi atau teks yang Anda dapatkan atau pihak yang menghubungi Anda melalui menu Bantuan pada aplikasi GoBiz.

Selalu waspada dan terapkanlah J.A.G.A agar usaha Anda #AmanBersamaGojek!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Makin Nyaman Terima Pesanan dengan GoBiz Versi 3.24

Tidak terasa penghujung tahun 2020 telah tiba. Selamat bagi Anda, para Mitra Usaha Gojek selengkapnya

Jaga Kebersihan Usaha dengan Terima Pembayaran Nontunai di GoBiz

Kami mengajak Anda sebagai pemilik usaha untuk berperan aktif dalam memutus rantai selengkapnya