GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

[Panduan JAGA] A: Amankan Data Usaha & Data Pribadi

Kang Tipu memiliki seribu satu cara magis (manipulasi psikologis) untuk memakan korbannya. Namun, dengan menerapkan J.A.G.A dalam kesehariannya, Mitra Usaha Gojek akan terlindungi dari berbagai upaya penipuan yang mengatasnamakan Gojek/GoFood/GoBiz. Masih ingat dengan J.A.G.A, bukan?

  • J: Jangan transfer uang ke siapa pun  
  • A: Amankan data usaha & data pribadi, seperti kode OTP, 16 digit nomor kartu ATM/debit/kredit, CVV, kode PIN, dll
  • G: Gunakan fitur peran pengguna di GoBiz untuk melindungi data usaha Anda
  • A: Adukan hal mencurigakan ke mitrausaha@gojek.com

Mari kita pelajari lebih lanjut tentang langkah kedua dari panduan J.A.G.A ini, A: Amankan data usaha & data pribadi.

Perlu diingat bahwa informasi pribadi dan usaha Anda bersifat rahasia, hanya Anda lah yang boleh mengetahuinya. Informasi rahasia seperti 16 digit nomor kartu ATM/debit dan kode OTP adalah data yang paling sering diincar oleh Kang Tipu. 

Beberapa modus yang sering digunakan Kang Tipu untuk mendapatkan informasi rahasia tersebut adalah dengan alasan pembaharuan data, mengancam men-suspend akun GoBiz, mengiming-imingi pencairan dana yang lebih cepat atau pinjaman modal usaha. 

“Halo, kami ingin menawarkan pinjaman modal usaha khusus untuk Anda, dengan persyaratan harus memberikan nomor kartu ATM dan kode OTP yang barusan diterima.”

Apa yang akan Anda lakukan ketika ada seseorang yang mengaku dari Gojek dan memberikan penawaran yang terdengar menarik seperti di atas?

Jawaban yang benar adalah mencari informasi dari sumber terpercaya, seperti contohnya website resmi Gojek atau GoBiz. Gojek memang menyediakan fasilitas pinjaman dana usaha lewat GoModal. Namun, perlu diketahui, bahwa pengajuan pinjaman dana dilakukan melalui aplikasi GoBiz. Informasi selengkapnya dapat Anda pelajari halaman GoModal. Yang penting untuk selalu diingat adalah Gojek tidak pernah meminta 16 digit nomor kartu ATM/debit atau kode OTP untuk alasan apa pun.

Memangnya, apa yang dimaksud dengan 16 digit nomor kartu dan kode OTP, serta apa yang akan terjadi jika Anda memberikan informasi tersebut ke Kang Tipu?

Apa itu 16 digit nomor kartu?

Ini adalah deretan angka yang terdapat di sisi muka dari kartu ATM/debit dan kartu kredit yang berjumlah 16 digit. Nomor ini merupakan nomor identitas kartu Anda dan bersifat unik, setiap kartu debit atau kredit memiliki nomor yang berbeda.

Informasi penting lain yang tertera di bagian muka kartu adalah nama pemilik dan masa berlaku. Sedangkan di bagian belakang kartu, tertera informasi penting yang berupa 3 digit angka yang disebut kode CVV.  

Apa itu kode OTP?

OTP yang merupakan singkatan dari “one time password” adalah 4-6 digit yang digunakan untuk memverifikasi diri, yang biasanya akan dikirim melalui SMS. Kode hanya akan berlaku dalam waktu tertentu dan sekali pakai saja. Kode OTP biasa digunakan saat melakukan login ke sebuah aplikasi atau saat melakukan transaksi perbankan secara online.

Apakah saya boleh memberi kode OTP dan/atau 16 digit nomor kartu ke orang lain?

TIDAK. Kode OTP, nomor kartu ATM/debit, dan kredit adalah informasi rahasia yang tidak boleh diberikan atau dibagikan kepada siapa pun.

Memang apa bahayanya kalau saya berikan informasi rahasia tersebut ke orang lain?

Bila Kang Tipu mengetahui nomor kartu, masa berlaku, dan kode CVV dari kartu kredit Anda, ia dapat menggunakan informasi tersebut untuk berbelanja online tanpa sepengetahuan Anda! Sedangkan, Anda lah yang harus membayar tagihan kartu kredit tersebut.

Bila Kang Tipu mengetahui nomor kartu ATM/debit Anda, ia dapat mendaftarkan nomor kartu Anda sebagai sumber top up di aplikasi uang elektronik atau sumber dana/pembayaran di situs e-commerce. Setelah itu, Anda akan mendapatkan SMS berisi kode OTP untuk memverifikasi pendaftaran sumber top up/pembayaran tersebut. Bila Kang Tipu juga mengetahui kode OTP tersebut, maka pendaftarannya akan berhasil dan dana di rekening Anda dapat terkuras habis untuk top up saldo uang elektronik Kang Tipu atau pun untuk membayar pembelanjaannya di situs e-commerce.

Sama halnya bila kode OTP untuk login GoBiz jatuh ke tangan Kang Tipu, maka akun GoBiz Anda akan diambil alih.

Salah satu modus yang sering digunakan Kang Tipu untuk mendapatkan informasi rahasia adalah dengan mengiming-imingi pencairan dana yang lebih cepat atau dengan mengancam men-suspend akun GoBiz. 

Nah, sekarang mitra usaha sudah tahu bahaya penyalahgunaan data pribadi, bukan?

Oleh sebab itu, ingat dan terapkanlah J.A.G.A, agar usaha Anda senantiasa #AmanBersamaGojek.

#JAGA

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

[Panduan JAGA] G: Gunakan Fitur Kelola Pegawai di GoBiz untuk melindungi data usaha Anda

Keamanan usaha Anda adalah prioritas kami. Panduan JAGA merupakan upaya Gojek untuk selengkapnya

Lindungi Data Usaha dengan Fitur Kelola Pegawai di Aplikasi GoBiz versi 3.19

Tahukah Anda? Keamanan data sensitif usaha Anda, seperti total pendapatan, rincian selengkapnya