GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

F&B Service Adalah: Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya

Dalam menjalankan bisnis F&B, Anda pasti sudah familier dengan istilah F&B service, bukan? F&B service adalah sebuah jasa yang berhubungan dengan makanan atau minuman. Jasa ini sudah ada sejak lama, dan saat ini istilah tersebut sudah mengalami perluasan makna. Meski begitu, inti dari F&B service tetap berpusat pada bisnis makanan dan minuman. Mari simak artikel di bawah ini untuk mengetahui lebih dalam tentang F&B service!


Apa itu F&B Service?

Cara menghitung HPP Makanan - F&B Service

F&B service adalah sebuah jasa pelayanan dan penyajian hidangan, baik makanan atau minuman, kepada pelanggan. Menurut pendapat para ahli, seperti Soekresno dan Pendit, F&B service adalah bentuk usaha yang bertanggung jawab pada layanan untuk menyediakan semua kebutuhan makanan dan minuman. Sedangkan menurut Rachman Arief, F&B service adalah bentuk pelayanan yang memproduksi, mengolah, serta menyajikan makanan dan minuman.

Kalau dirangkum, dapat disimpulkan bahwa F&B service adalah jasa pelayanan makanan dan minuman siap saji kepada pelanggan. Pernahkah Anda makan di sebuah warteg atau rumah makan? Ketika Anda datang, ada pegawai yang menyambut dan mencatat pesanan Anda, bukan? Setelah Anda selesai pesan, pegawai tersebut akan pergi ke dapur lalu kembali dengan membawakan pesanan Anda. Itulah yang disebut dengan F&B service.

Ketika Anda selesai makan, peralatan makan yang Anda gunakan akan dibersihkan kembali di belakang. Meja dan lantai tempat makan pun akan dibersihkan agar bisa dipakai oleh pelanggan lain yang ingin makan. Ini juga termasuk ke dalam F&B service juga, lho

Baca juga: 7 Faktor Pendukung Keberhasilan Usaha yang Belum Banyak Diketahui


Tujuan F&B Service

Pada dasarnya, F&B service adalah bisnis yang masih beririsan langsung dengan produk makanan dan minuman . Di samping itu, jasa penyediaan konsumsi punya beberapa tujuan, yaitu seperti berikut ini:

  • Menyediakan, menawarkan, dan melayani berbagai kebutuhan terkait makanan dan minuman untuk para pelanggan.
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan, khususnya dari segi pelayanan F&B.
  • Mendapatkan dan meningkatkan keuntungan bisnis F&B sebagai sumber penghasilan.
  • Menjaga hubungan baik antara pemilik bisnis F&B dengan para pelanggan.
  • Meningkatkan reputasi bisnis F&B dalam hal pelayanan.

Baca juga: 7 Cara Memberikan Pelayanan Prima adalah …


Jenis-jenis F&B Service

makanan yang laris di bulan puasa - F&B Service
(image source: Freepik)

Jasa penyediaan konsumsi dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan bentuk pelayanannya. Jenis-jenis jasa penyediaan konsumsi adalah seperti berikut ini.

1. Room service

Pertama, berupa room service, yaitu pelayanan pengantaran makanan ke kamar. Jasa pelayanan seperti ini bisa Anda temui di hotel, guest house, dan tempat penginapan lain. Ketika mau pesan makanan, para tamu bisa menelepon ke nomor restoran. Pamflet yang berisi nomor telepon dan daftar menu pasti akan tersedia di setiap kamar. Setelah itu, makanan akan diantar ke kamar tamu. Inilah yang disebut dengan room service.

2. Bar

Selanjutnya, ada jasa penyediaan konsumsi yang menyediakan dan menyiapkan berbagai jenis minuman di sebuah konter kecil, atau bar. Biasanya, bar identik dengan minuman beralkohol. Namun, pada kenyataannya, bar juga menyediakan minuman-minuman non-alkohol. Semua jenis minuman yang bar sediakan harus diminum saat itu juga. Artinya, pelanggan tidak bisa memesan minuman secara takeaway.

3. Restoran 

Anda pasti pernah mengunjungi restoran, bukan? Restoran adalah salah satu jenis jasa penyediaan makanan & minuman yang paling banyak ada di Indonesia. Pengelolaannya secara komersial untuk memberikan pelayanan makanan dan minuman kepada semua pelanggan yang datang. Restoran pun banyak macamnya. Ada restoran yang menyajikan menu khas suatu negara, misalnya seperti restoran Cina, restoran Jepang, dan sebagainya. Ada pula restoran yang berdasarkan harga makanannya.

Agar bisa menjangkau lebih banyak pelanggan, daftarkan restoran Anda ke GoFood. GoFood adalah platform F&B yang praktis, mudah, dan efisien. Dengan mendaftarkan resto ke GoFood, pelanggan akan bisa memesan makanan dan minuman dari resto Anda secara online. Apalagi, ada banyak promo juga di GoFood. Anda bisa menggaet pelanggan agar datang lagi dan lagi dengan memanfaatkan promo-promo tersebut. Begini cara daftar GoFood!

Baca juga: 15 Bisnis Makanan Online & 7 Tips Menjalankannya

4. Banquet

Jenis satu ini adalah pelayanan makanan dan minuman khusus ketika ada perayaan event. Misalnya, jika Anda ingin menggelar party atau jamuan makan dan mengundang beberapa orang, maka Anda bisa booking banquet. Pihak penyedia layanan akan menyiapkan jamuan makan dan minum lengkap sesuai dengan menu yang Anda pesan sebelumnya. Jenis pelayanan ini juga menyediakan ruang serbaguna khusus untuk booking yang Anda lakukan.

5. Steward

Berikutnya, ada steward yang tergolong ke dalam sub-divisi F&B product. Steward adalah seseorang yang bertugas untuk mengurus dan merawat semua alat makan dan alat masak yang ada di dapur restoran atau hotel. Steward juga bertanggung jawab sepenuhnya pada operasional dapur.


F&B service adalah salah satu jasa pelayanan makanan atau minuman kepada pelanggan. Baik atau buruknya reputasi bisnis Anda, tergantung pada seberapa bagus service yang Anda berikan. Apalagi, sesuai dengan pepatah, “pelanggan adalah raja”, raja hanya datang dan makan di tempat yang terbaik! Jadikan pelanggan-pelanggan Anda sebagai raja dan buat mereka datang lagi dengan F&B service yang memuaskan!

aplikasi UMKM

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Pelaku Usaha Kuliner Wajib Gunakan Bahan Dasar Makanan yang Aman dan Berkualitas, Bagi yang Melanggar Ada Hukumannya!

Memastikan keamanan bahan makanan (food safety) merupakan salah satu kunci dalam meraih selengkapnya

Tips Menjadi UMKM yang Cakap Digital dan Paham Pelindungan Data Pribadi

Halo, teman-teman Mitra Usaha! Kalian tau gak sih, angka jumlah pengguna internet di selengkapnya