Pusat Pengetahuan

15 Ide Bisnis Makanan Online & 7 Tips Menjalankannya

Maraknya bisnis online kini tidak menyisihkan industri kuliner dalam pertumbuhannya. Tidak heran bisnis makanan online juga berkembang pesat. Apalagi kondisi sekarang ini, di mana pebisnis kuliner lebih terbantu dengan aplikasi online yang menawarkan jasa partnership untuk menjual makanan serta mengantarkannya.

Bukan tidak mungkin Anda juga menjadi bagian dari pebisnis sukses dengan memulai sendiri bisnis makanan dengan menjualnya di internet. Ini ulasan ide bisnis serta tips menjalankannya yang perlu Anda ketahui.

15 Ide Bisnis Makanan Online

Jika Anda masih belum yakin, karena tidak tahu makanan seperti apa yang sebaiknya Anda jual, berikut beberapa ide bisnis makanan online yang dapat Anda pertimbangkan serta sesuaikan dengan kondisi Anda.

1. Frozen Food

Memiliki bisnis makanan online salah satu tantangannya adalah pengiriman untuk konsumen yang cukup jauh dari area Anda. Frozen food bisa jadi salah satu pilihan untuk mengatasi masalah ini. 

Aneka bahan olahan makanan yang sudah dikemas dan dibekukan ini jauh lebih awet dan tidak mudah basi selama penyimpanannya dilakukan dengan tepat. Anda dapat memilih frozen food seperti daging sapi atau ayam, nugget, kentang stick, tempura, atau bakso untuk dijual secara online. 

2. Cokelat & Permen

Beberapa bisnis makanan online menjual cokelat dan permen di lapaknya, dan Anda juga dapat melakukan ini. Tidak sedikit juga yang menjual brand-brand cokelat dan permen yang sulit di dapat di beberapa area di Indonesia. Termasuk beberapa brand impor. Anda dapat mencoba ide ini untuk membuat bisnis Anda lebih menarik.

3. Minuman Kekinian

Selain makanan, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menjadikan minuman sebagai menu utama bisnis makanan online Anda. Terutama menu minuman kekinian seperti Smoothies, Es Kepal Milo, Thai Tea, atau yang sedang banyak digemari sekarang, Boba. Minuman kekinian ini cenderung memiliki bahan-bahan dasar yang sederhana dan mudah dibuat.

4. Menu Sehat

Jika Anda ingin turut dalam mempromosikan gaya hidup sehat lewat bisnis makanan online, Anda dapat memilih menu-menu sehat untuk makanan Anda. Walau beberapa makanan sehat ini harganya mahal, namun masih banyak konsumen yang membeli karena mereka paham beberapa bahan dasar menu sehat memang mahal seperti beras merah misalnya. Peminatnya menu sehat ini juga termasuk konsumen yang loyal, membuat ide ini layak dijajal.

5. Salad Buah

Menu yang satu ini termasuk makanan yang populer. Dengan berbahan dasar buah-buahan segar yang disiram dengan mayonaise dan ditaburi keju, salad jadi salah satu menu cemilan sehat yang paling sering dipesan secara online. Cara membuatnya juga relatif mudah dan cepat, cocok jika Anda ingin menjadikan bisnis makanan online ini sebagai bisnis sampingan. 

6. Kue Kering

Tidak hanya laku keras saat hari-hari raya besar. Kue kering atau cookies juga diburu untuk kepentingan acara-acara keluarga seperti ulang tahun, pernikahan, atau syukuran sebagai sajian untuk tamu. Anda dapat mengambil peluang ini untuk memulai bisnis makanan online Anda sendiri dengan berbagai varian jenis kue kering yang enak dan unik.

7. Katering Bento

Membahas ide bisnis makanan online, tidak mungkin tidak menyertakan katering di dalam daftar panjang ini. Usaha katering ini dapat Anda buat jadi lebih menarik dengan mengemas makanan dengan gaya bento. Anda juga dapat membuat daftar jenis menu bento untuk katering Anda, agar konsumen dapat memilih menu yang sesuai dengan seleranya.

Read more about:

1 2 3

Artikel Terkait

5 Resep Usaha Warteg, Bisa Untung 7 Jutaan per Bulan

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan warteg selengkapnya

15 Cara Mudah untuk Mendapatkan Modal Usaha

Modal adalah komponen utama yang harus dimiliki sebelum memulai sebuah bidang usaha. Tak selengkapnya