GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

7 Cara Memberikan Pelayanan Prima adalah …

Selain komponen perencanaan usaha yang matang, pelayanan prima juga menjadi salah satu kunci penting agar usaha Anda bisa panjang umur. Jika diartikan, pelayanan prima adalah pelayanan yang diberikan sebaik mungkin kepada pelanggan sehingga mereka bisa merasa puas.

Pelanggan yang puas punya kemungkinan lebih tinggi untuk kembali membeli produk Anda. Lantas, bagaimana cara yang bisa Anda lakukan untuk memberi pelayanan prima kepada pelanggan? Simak ulasannya di bawah ini!

Pelayanan Prima adalah Kunci Keberhasilan Usaha

menjalankan usaha online - Apa itu NIB dan Pentingnya untuk Usaha Anda? - Distributor sembako Jakarta

Pelayanan prima merupakan salah satu faktor penting bagi keberhasilan usaha. Percuma saja kalau barang atau jasa yang Anda jual sudah bagus, tapi pelayanannya kurang. Pelanggan pun akan malas untuk membeli.

Sebaliknya, jika Anda mengimbangi kualitas produk dengan pelayanan prima, maka pelanggan akan merasa spesial. Mereka mendapatkan pengalaman berbelanja yang baik dengan usaha Anda. Alhasil, mereka tidak akan ragu untuk kembali membeli produk dari usaha Anda.


Pelayanan Prima Bisa Datangkan Pelanggan Setia

Pengusaha mana pun bisa mendapatkan pelanggan baru, tapi untuk mempertahankan mereka bisa menjadi tantangan tersendiri. Nah, pelanggan setia bisa Anda dapatkan dengan memberikan pelayanan prima.

Ingat, pelayanan prima adalah tentang memberi kepuasan dalam pengalaman pelanggan membeli barang atau jasa Anda. Saat pelanggan mendapatkan kepuasaan, tentu saja pelanggan akan kembali dan mempercayakan usaha Anda dalam memenuhi kebutuhannya.


7 Cara Memberikan Pelayanan Prima

kepuasan pelanggan - seorang pelanggan bekerja di cafe - cara memahami pelanggan - cara meningkatkan kualitas layanan - pelayanan prima adalah

Lalu, bagaimana cara memberikan pelayanan prima untuk pelanggan? Berikut tujuh cara mudah sekaligus efektif untuk memberikan pelayanan prima kepada pelanggan. 

1. Sapa dengan ramah

Meski terdengar paling dasar, namun menyapa pelanggan dengan ramah justru menjadi langkah pertama dalam memberikan pelayanan yang prima. Menyapa dengan ramah tentu akan membuat pelanggan merasa “diterima”. Hal ini menciptakan perasaan nyaman dalam diri pelanggan sehingga ia tak segan untuk membeli produk Anda.

2. Batasi waktu pelayanan

Cara lain dalam memberikan pelayanan prima adalah membatasi waktu pelayanan. Untuk setiap satu pelanggan, Anda bisa membatasi waktu pelayanan selama maksimal 10-15 menit.

Tujuannya untuk menghindari pelanggan lain menunggu terlalu lama. Jika pelanggan menunggu terlalu lama, maka mereka akan protes dan memberikan review yang buruk pada usaha Anda.

3. Bersikap responsif dan reaktif

Baik Anda atau karyawan yang melayani pelanggan secara langsung haruslah responsif dan reaktif pada suatu masalah.

Jangan sampai pelanggan dibuat menunggu lama saat mereka membutuhkan sesuatu. Supaya tidak ada karyawan yang kewalahan, tanggung jawab dalam melayani pelanggan ini bisa dibagi dengan peran yang jelas.

Misalnya, karyawan A menangani pelanggan yang membeli produk X, sedangkan karyawan B menangani pelanggan yang membeli produk Y.

4. Perhatikan penampilan

Salah satu faktor penting dalam pelayanan prima adalah penampilan. Berpakaianlah dengan sopan supaya pelanggan yang datang tidak ragu dengan usaha Anda.

Meskipun pelayanan yang diberikan bagus, jasa atau barangnya juga berkualitas baik, namun bisa kalah bila penampilan orang yang memberikan layanan justru kurang maksimal.

5. Kesediaan untuk melayani

Baik pengusaha atau karyawan harus memiliki jiwa kesediaan melayani pelanggan dengan sepenuh hati. Tanamkan bahwa pelanggan selalu membutuhkan bantuan untuk mengetahui jasa atau produk yang dijual.

Jawablah segala pertanyaannya dan layani segala kebutuhannya agar mereka tidak ragu membeli jasa atau barang yang Anda jual.

6. Bersikap jujur

Dalam mendirikan sebuah usaha, kejujuran adalah hal yang sangat penting, baik dalam bentuk aturan, pembiayaan, hingga menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan.

Hal ini berlaku pula pada pelayanan pelanggan. Misalnya, jika seorang pelanggan memesan barang A, tapi ternyata stok sedang habis, maka jujurlah.

Jangan mengatakan sebaliknya hanya karena Anda tidak mau pelanggan beli di tempat lain. Berbohong hanya akan mengecewakan pelanggan dan membuat mereka enggan membeli produk Anda.

7. Siapkan strategi khusus untuk mengatasi keluhan pelanggan

Tips lain dalam pelayanan prima adalah menyiapkan strategi khusus untuk mengatasi keluhan pelanggan. Sebaik apa pun Anda berusaha, perlu diingat bahwa Anda tidak bisa memuaskan seluruh pelanggan. Pasti akan ada saat di mana Anda menerima keluhan.

Jika ini terjadi, segeralah sampaikan permintaan maaf atas kesalahan Anda. Berikan pengertian kepada pelanggan dan jika diperlukan, Anda juga bisa memberikan ganti rugi atau kompensasi.

Dengan melihat penanganan keluhan ini, pelanggan bisa melihat bila usaha Anda dalam bertanggung jawab. Di sinilah kepercayaan pelanggan Anda akan tumbuh kembali.

Kini Anda sudah semakin paham bahwa pelayanan prima adalah salah satu kunci penting dalam kesuksesan suatu usaha. Untuk memaksimalkan pelayanan prima, pastikan Anda juga mengutamakan kelancaran operasional usaha, serta menyediakan berbagai layanan yang dibutuhkan para pelanggan.

Misalnya, Anda membuka usaha restoran, maka untuk memudahkan pelanggan untuk membeli makanan Anda secara online, Anda bisa daftar GoFood. Atau, jika pelanggan lebih senang membayar secraa cashless, Anda juga bisa daftar GoPay.

Untuk menikmati semua layanan terintegrasi tersebut, jangan lupa daftar GoBiz sekarang juga, ya. Selamat mencoba dan selamat memaksimalkan usaha Anda, ya!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Modal Usaha adalah Fondasi Awal Bisnis. Ini 8 Cara Mendapatkannya

Mendapatkan modal usaha adalah hal penting bagi calon pengusaha. Di tengah keadaan selengkapnya

Indikator Kepuasan Pelanggan, Ada 5 Hal yang Perlu Diketahui

Indikator kepuasan pelanggan adalah ukuran yang digunakan untuk mengetahui puas atau selengkapnya