Iklan berfungsi untuk memperkenalkan suatu brand atau produk kepada masyarakat luas. Harapannya, masyarakat akan tertarik dan melakukan pembelian. Oleh karenanya, iklan harus Anda buat semenarik mungkin, termasuk bagi Anda yang berjualan minuman. Lantas, bagaimana cara membuat iklan yang menarik untuk produk minuman? Anda bisa simak tips serta contoh iklan minuman berikut ini. Mari cari tahu bersama!
5 Tips Membuat Iklan Minuman yang Menarik
Untuk membuat iklan minuman yang menarik, ada triknya sendiri. Poin-poin di bawah ini menjelaskan lima tips membuat iklan minuman yang dapat Anda terapkan.
1. Siapa target iklannya?
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan target audiens iklan. Mengapa?
Dengan menentukan target audiens, Anda akan lebih mudah membuat konsep iklan, mulai dari pesan yang Anda sampaikan, gambar yang Anda tampilkan, hingga waktu tayang iklan. Misalnya, Anda menjual susu untuk anak-anak, maka gambar yang Anda gunakan adalah karakter kesukaan anak-anak dan iklan tayang pukul 18.00-20.00 karena itulah waktu istirahat dan berkumpulnya keluarga.
Baca Juga: Riset Pasar adalah Cara Jitu PDKT dengan Konsumen, Ini Bocorannya!
2. Tentukan dulu anggarannya
Iklan memerlukan sejumlah biaya. Jangan Anda lihat sebagai pengeluaran, melainkan investasi. Sebab, iklan adalah cara untuk menjaring lebih banyak calon konsumen.
Tidak perlu khawatir, kini media untuk beriklan sudah sangat variatif. Beberapa bahkan tidak membutuhkan biaya besar, contohnya beriklan melalui media sosial. Anda bisa membuat konten iklan di media sosial atau memanfaatkan fitur advertisements (Ads) yang Anda tawarkan. Fitur Ads inilah yang berbayar, tapi tenang saja, biayanya masih lebih murah jika kita bandingkan dengan media iklan konvensional.
3. Cantumkan kata-kata promosi minuman yang mengundang haus
Salah satu hal yang bisa menarik perhatian audiens iklan adalah kata-kata promosi. Untuk produk minuman, Anda bisa gunakan kata-kata yang mengundang rasa haus. Beberapa contoh kata-kata promosi minuman yang populer misalnya, “Hingga tetes terakhir!”, “Kopi nyaman di lambung”, dan “Buka semangat baru”.
Intinya, sesuaikan kata-kata dengan produk dan target audiens. Anda juga bisa menonjolkan manfaat produk. Contohnya untuk produk minuman susu, Anda bisa gunakan kata-kata persuasif seperti, “Sehat tak pernah seenak ini!”.
4. Evaluasi setelah iklan diluncurkan
Jika iklan sudah tayang, jangan lupa untuk lakukan evaluasi. Apakah setelah iklan Anda luncurkan, penjualan naik atau tetap di situ-situ saja? Bila memang tak ada yang berubah, Anda harus segera mencari tahu di mana letak kesalahan iklan sehingga tidak bisa menarik konsumen baru.
5. Imbangi dengan promosi di media lain
Jangan lupa juga untuk menyebarkan iklan Anda di media lain. Misalnya, menjadi Mitra Usaha GoFood untuk mengiklankan produk minuman Anda. Sekarang ini, total pengguna Gojek adalah sekitar 155 juta. Dengan beriklan di GoFood, otomatis peluang produk Anda terkenal lebih banyak orang pun semakin terbuka lebar!
Baca Juga: 7 Cara Promosi di Instagram untuk Pemula
3 Contoh Iklan Minuman yang Memikat
Sekarang mari membahas contoh iklan minuman yang telah terbukti mampu memikat audiens. Di Indonesia sendiri, ada tiga kategori minuman yang selalu punya iklan menarik, yaitu minuman bersoda, sirup, dan minuman sehat.
1. Iklan minuman soda
Salah satu contoh iklan minuman soda yang menarik datang dari Sprite. Merek yang satu ini selalu hadir dengan jargon dan kata-kata promosi yang mudah publik ingat dan iconic. Contohnya iklan minuman Sprite yang tayang pada tahun 2016. Kala itu, iklannya sangat sederhana, bahkan hanya menampilkan Sprite yang dituangkan ke dalam gelas. Namun, jargon NyatanyaNyegerin dan sapaan “Hey, guys! Ayo berpikir jernih” pun jadi viral.
2. Iklan sirup
Bicara soal contoh iklan minuman yang memikat, tak akan lengkap tanpa membahas iklan sirup. Bagaimana tidak? Iklan sirup selalu iconic, terutama menjelang datangnya Ramadan. Iklan sirup adalah salah satu “tanda” bahwa Ramadan akan segera tiba.
Ini menjadi bukti bahwa waktu tayang iklan sangat penting. Dengan tayang jelang Ramadan, audiens secara otomatis akan mengaitkan produk sirup dengan waktu berpuasa. Tanpa kita sadari juga, konsep tersebut menyampaikan pesan bahwa sirup adalah solusi atas dahaga setelah berpuasa sehari penuh.
3. Iklan minuman sehat
Contoh iklan minuman yang terakhir adalah minuman sehat. Ciri khas dari iklan minuman sehat adalah menonjolkan khasiat yang ditawarkan. Misalnya, minuman probiotik Yakult dengan jargon “Cintai ususmu” karena produk tersebut menyehatkan sistem pencernaan. Ada juga UC1000 dengan tagline “Healthy Inside, Fresh Outside” yang menggambarkan manfaat sekaligus rasa produk. Hal ini juga didukung oleh pemilihan model iklan yang selalu menggandeng Miss Universe.
Baca Juga: Jangkau Lebih Banyak Pelanggan dengan Buat Iklan GoFood Top Banner
Semoga pembahasan mengenai contoh iklan minuman ini bisa membantu, ya! Agar produk lebih dikenal banyak orang, Anda juga bisa bergabung menjadi Mitra Usaha GoFood, lho. Cara pendaftarannya mudah dan jangkauannya pun luas. Daftar sekarang di sini!