GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

6 Usaha Jualan Takjil untuk Buka Puasa yang Menguntungkan

Setelah seharian menahan lapar dan dahaga, masyarakat Indonesia biasanya beramai-ramai untuk membeli takjil atau menu buka puasa. Tentunya ini menjadi kesempatan emas bagi Anda yang ingin memulai usaha jualan takjil dadakan.

Maka dari itu, saatnya Anda mencari peluang usaha dadakan yang menguntungkan di bulan puasa, berikut 6 ide jualan takjil yang bisa Anda gunakan.

6 Usaha Jualan Takjil untuk Buka Puasa

1. Jualan Es Buah

Kebiasaan utama warga Indonesia saat berbuka puasa adalah dengan kudapan yang segar. Salah satu takjil yang paling populer adalah es buah. Tidak memerlukan banyak bahan, Anda bisa memanfaatkan beragam jenis buah yang sedang musim seperti blewah, timun suri, dan kolang kaling. Bisa juga memasukkan buah-buah favorit lainnya, seperti stroberi, nanas, pepaya, atau mangga. 

Jika Anda ingin berjualan takjil untuk menu buka puasa yang beda dari lainnya, Anda juga bisa memvariasikan menu es buah dengan air soda dan es krim.

2. Jualan Gorengan

Kudapan yang satu ini bisa ditemui dengan mudah di sepanjang jalan. Tekstur yang renyah serta rasa gurih menjadikan gorengan sebagai ide usaha jualan takjil yang bisa Anda pertimbangkan.

Menu gorengan paling populer adalah lumpia goreng, cireng, tempe mendoan, serta singkong goreng. Bahan-bahan yang digunakan juga sangat murah dan mudah untuk dibeli di pasar.

Anda cukup menggoreng bahan-bahan makanan tersebut dan sajikan ke para pembeli. Tambahkan juga menu-menu kekinian, seperti sosis goreng, pisang keju, atau kentang goreng agar menarik lebih banyak pembeli.

Jualan gorengan

3. Jualan Kolak Pisang

Jangan remehkan keuntungan yang didapatkan dari jualan takjil seperti kolak pisang. Rasa manis dan kental dari kolak pisang adalah perpaduan ciamik antara gula aren dengan santan. 

Ditambah lagi aroma yang begitu harum dari daun pandan yang dimasukkan ke dalam rebusan kolak. Semakin nikmat dengan potongan pisang bertekstur padat. Tidak heran jika ide usaha jualan takjil yang satu ini masih diminati oleh banyak orang. 

Baca juga: 15 Bisnis Kuliner Paling Menjanjikan di Bulan Ramadan

Bagi Anda yang tertarik untuk menggeluti bisnis kolak pisang di bulan Ramadhan, Anda juga bisa mengubah kolak pisang tradisional menjadi kolak pisang milk tea yang sedang populer. Cukup masukkan teh ke dalam rebusan kolak.

4. Jualan Puding Buah

Puding buah adalah takjil yang menjadi favorit anak-anak karena teksturnya yang kenyal serta warnanya yang cantik. Meski begitu, puding buah juga digemari oleh orang dewasa. Cara membuatnya juga sangat mudah, buah-buahan yang digunakan pun bisa disesuaikan.

Puding buah merupakan ide jualan takjil yang sangat mudah untuk dikreasikan. Mulai dari puding buah kaca, puding buah sirup, hingga puding buah pelangi bahkan salad buah cup yang bisa Anda coba juga.

Terlebih lagi, Anda bisa menyiapkan puding buah yang akan dijual dari rumah. Sehingga, tidak memerlukan kios atau gerobak tambahan untuk berjualan. Awet disimpan berhari-hari, Anda bisa menjualnya secara online.

5. Jualan Olahan Kurma

Buah kurma identik dengan ibadah puasa. Bulan Ramadhan rasanya belum lengkap jika belum menyantap buah kurma. Takjil berbahan dasar buah kurma tidak hanya dicari selama bulan puasa saja, tetapi juga laris dibeli sebagai buah tangan saat perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Bagi Anda yang sedang memutar otak dan mencari ide usaha jualan takjil yang tepat, inilah salah satunya yang bisa jadi pertimbangan Anda. Buah kurma bisa Anda sulap menjadi olahan-olahan lezat, seperti kue cubit dengan topping buah kurma, buah kurma lapis coklat, hingga pai susu buah kurma.

6. Jualan Es Pisang Ijo

Takjil khas Makassar ini sudah menjadi salah satu menu buka puasa yang paling dicari. Tekstur kenyal dari kulitnya, berpadu dengan segarnya es dan manisnya saus vla, menjadikan hidangan pisang ijo sebagai olahan pisang favorit.

Jualan takjil es pisang ijo memang terlihat rumit untuk dilakukan, namun sebetulnya sangat mudah untuk dibuat. Bahan-bahan yang dipakai juga bisa ditemukan di pasar. Anda bisa menyiapkan kukusan pisang yang dibalut adonan hijau dari rumah dan saus vla, tinggal menyajikannya saat ada pesanan datang.

Tertarik untuk mencoba ide jualan takjil di atas? Demi kelancaran usaha Anda, percayakan proses pendataan penjualan dengan fitur Point of Sales (POS) dari GoBiz. Mulai dari menu, jumlah pesanan, hingga harga tercatat rapi secara otomatis. Anda pun bisa fokus melayani pelanggan tanpa pusing memikirkan data yang harus diinput.

Operasional bisnis semakin mudah, usaha pun semakin lancar dan untung. Manfaatkan fitur-fitur canggih dari GoBiz untuk menjalankan bisnis kuliner Anda di momen puasa tahun ini.

Sumber gambar: indozone.id, yukepo.com, news.trubus.id

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

7 Fungsi Laporan Keuangan untuk Usaha Anda

7 Fungsi Laporan Keuangan untuk Usaha Anda – Ketika membaca soal “laporan selengkapnya

Ingin Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadan? Yuk, Lakukan 5 Hal Ini!

Ingin Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadan? Yuk, Lakukan 5 Hal Ini! – Marhaban ya selengkapnya