GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Ayam Sijagur: Semakin Jago setelah Gabung KOMPAG

Ayam Sijagur: Semakin Jago setelah Gabung KOMPAG – Masakan khas Sunda memang ngeunah pisan, euy! Apalagi kalau makan ayam penyet atau ayam bakar ditemani nasi panas dan sambal cabai yang nendang.

Nah, ini dia ciri khas dari Ayam Sijagur, sebuah warung makan khas Sunda yang makin laris setelah gabung Komunitas Partner GoFood (KOMPAG).

Uniknya, sambal yang diracik ini pedas, tetapi tidak bikin sakit perut. Resep ini merupakan inovasi dari Eka Sopian, sang pendiri Ayam Sijagur sekaligus Mentor GoFood yang bergabung di KOMPAG sejak tahun 2019.

Yuk, simak perjalanan Kang Eka dari awal membuka kedai ayam kecil-kecilan sampai membuka 4 cabang hanya dalam kurun waktu 3 tahun!

Baca juga: Nasi Uduk Betawi Surabaya: Kisah Bisnis yang Manis


Ayam Sijagur yang Naik Kelas Bersama GoFood

Ayam Sijagur Semakin Jago Setelah Gabung KOMPAG

Sejak 2018, Kang Eka memberanikan diri merintis usaha Ayam Sijagur dengan modal kecil untuk jualan di pinggir jalan. Kemudian, di awal tahun 2019, Kang Eka menangkap peluang untuk langsung mendaftarkan usahanya ke GoFood.

“Saat mau pandemi, kita sudah ada di GoFood yang sangat membantu penjualan kita, terutama di online.”

Kang Eka sempat berpikir untuk terus berjualan di tenda karena target pasar Ayam Sijagur mulanya adalah warga-warga di sekitar saja. Namun, setelah setiap hari melayani pelanggan, Kang Eka melihat adanya perubahan dari keinginan pembeli untuk makan di tempat (dine-in) menjadi pesan antar (online delivery).

Oleh karenanya, dengan GoFood, Ayam Sijagur pun semakin “jago” untuk menangkap peluang dan menarik pembeli baru, serta mempertahankan basis pelanggan yang loyal.

Ketika melayani konsumen di tempat, Ayam Sijagur memberikan layanan free refill nasi dan minuman. Sementara untuk promo online, Ayam Sijagur selalu mengikuti program promo bawaan GoFood, seperti gratis ongkos kirim dan promo buatan sendiri seperti beli 1 gratis 1.

Selanjutnya, untuk urusan mempertahankan pelanggan, Kang Eka tetap menjaga, bahkan meningkatkan kualitas dari segi rasa, inovasi menu, pelayanan, dan juga kemasan. Tujuannya, agar semua pembeli bisa makan dengan nyaman di mana saja. 

Baca juga: 5 Manfaat Bergabung dengan Komunitas Bisnis 


Kisah Ayam Sijagur Bergabung dengan Komunitas Partner GoFood

Ayam Sijagur Semakin Jago Setelah Gabung KOMPAG

Berawal di November 2019, Kang Eka mendapatkan email untuk acara Temu Komunitas Partner GoFood di Bandung yang mengangkat tema GoGreener. Di sanalah, ia resmi bergabung dengan KOMPAG.

“Dulu saya tidak paham jualan online. Dari sana jadi mau banget bisa, mau tahu bagaimana caranya. Akhirnya saya gabung,” paparnya. 

Kang Eka pun mengakui bahwa ia semakin tertarik dan yakin untuk gabung ke KOMPAG karena melihat antusiasme besar dari para member KOMPAG di Bandung.

Kini, setelah bergabung di KOMPAG, Kang Eka pun menceritakan soal manfaat-manfaat apa saja yang ia dapatkan dari KOMPAG: 

  1. Bisa saling belajar dengan para pengusaha lainnya. Berbagi pengalaman dalam menghadapi dinamika usaha.
  2. Mendengar contoh kasus dan cerita teman-teman pengusaha di bidang kuliner soal masalah-masalah yang dihadapi.
  3. Mendapatkan pelatihan dari pembicara yang sukses menggeluti bisnis di bidang kuliner. 
  4. Peluang untuk berkolaborasi bersama semakin terbuka lebar. 
  5. Menjadi bagian dari orang-orang pertama yang mendapatkan informasi terbaru soal kegiatan, inovasi produk, dan teknologi di GoFood.

Bagi Kang Eka, pengalaman yang tak terlupakan selama bergabung di KOMPAG adalah pembelajaran yang diterima. Seperti materi cara promosi di WhatsApp dan Google Ads, sampai cara memasarkan usahanya lewat Google Maps.

“Jualan online atau offline itu kan variabelnya banyak, A sampai Z-nya, saya dapet banget (pembelajaran) dari komunitas ini,” kata Kang Eka.

Baca juga: 5 Tips Kolaborasi Usaha Kuliner


Semangat Berbagi dengan Sesama

Selain kesuksesannya menjadi pengusaha Ayam Sijagur, Kang Eka juga patut diacungi jempol atas kebaikan hatinya untuk selalu berbagi dengan sesama.

Sejak awal merintis Ayam Sijagur, Kang Eka sudah aktif mengadakan Jumat Berkah. Sekitar 100 paket makanan dibagikan ke yayasan dan orang-orang yang membutuhkan setiap hari Jumat. Katanya, “Dulu hanya 5 boks. Semakin ke sini, kita semakin bisa kasih lebih.” 

Selain Jumat Berkah, Kang Eka juga terinspirasi dari KOMPAG untuk memberi sedikit kebahagiaan bagi mitra driver yang telah berperan dalam kesuksesan usahanya ini.

Ayam Sijagur menawarkan paket menu khusus mitra driver yang mengambil orderan di sana. Harga paket menunya pun sangat murah, hanya Rp10 ribu-Rp15 ribu. Kemudian, pembeli juga bisa mengambil paket traktir driver di Ayam Sijagur lewat GoFood.

“Saya dan teman-teman di Bandung kepikiran untuk bantu driver. Ternyata tim GoFood pun menyambut hangat ide ini,” papar Kang Eka.


Tertarik Gabung KOMPAG seperti Ayam Sijagur?

Tidak hanya Kang Eka yang bisa bergabung ke Komunitas Partner GoFood, Anda pun bisa menjadi bagian dari keluarga KOMPAG. Caranya mudah, kok. Pertama, daftar GoFood. Setelah itu, Anda bisa segera bergabung ke Grup Facebook KOMPAG.

Siapa tahu, kan, Anda juga bisa menjadi Mentor GoFood seperti Kang Eka?

Daftar-Komunitas-Partner-GoFood-KOMPAG-1

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Mau Merintis Usaha dari Nol? Sudah Punya 7 Karakteristik Wirausaha Ini?

Mau Merintis Usaha dari Nol? Sudah Punya 7 Karakteristik Wirausaha Ini? – Merintis selengkapnya

Keunggulan Kompetitif adalah: Pengertian, Jenis Strategi, Manfaat

Keunggulan Kompetitif adalah: Pengertian, Jenis Strategi, Manfaat – Beberapa dari selengkapnya