GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

6 Cara Merangkai Kata-Kata Promosi Jualan Makanan

Kata-kata promosi jualan makanan punya peran penting untuk meningkatkan penjualan di usaha Anda. Dengan merangkai kata-kata yang tepat, Anda bisa menarik lebih banyak orang untuk membeli atau memakai promosi yang sedang ditawarkan.

Hanya menuliskan kata “Gratis” dan “Murah” saja masih belum cukup menarik perhatian, lho! Karena itu, untuk membantu Anda membuat kata-kata promosi makanan yang tepat, berikut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Cara Merangkai Kata-kata Promosi Makanan dan Contohnya

Stand bazar festival kuliner

1. Tentukan Target yang Spesifik

Pertama, pastikan Anda sudah menentukan target yang spesifik dari promosi yang sedang dibuat. Kata-kata promosi jualan makanan yang akan dirangkai perlu dibuat sesuai dengan target pasar yang ingin disasar.

Target yang harus ditentukan ini menggambarkan kira-kira perasaan dan tindakan apa yang ingin Anda hasilkan ketika ada calon pembeli yang melihat promosi tersebut. 

Contoh, Anda hendak mempromosikan varian es pisang coklat yang baru dari usaha makanan Anda. Targetnya sederhana, supaya ada banyak pembeli yang memesan dan mencoba varian baru ini.

Strategi yang dipakai adalah bonus minuman gratis untuk satu porsi pembelian. Contoh kata promosi makanan yang bisa Anda pakai misalnya:

1. Baru! Es Pisang Coklat Matcha Nut! Beli sekarang bonus satu milkshake gratis!
2. Traktir teman kamu Es Pisang Coklat Matcha Nut GRATIS 1 Choco Milkshake.
3. Beli Es Pisang Coklat Matcha Nut, gratis 1 minuman apa saja! Buruan sebelum kehabisan!
4. Paket Hemat Beli Es Pisang Coklat Matcha Nut + Milkshake, Diskon 20% Hari Ini!
5. Mau milkshake gratis? Beli Es Pisang Coklat Matcha Nut pakai GoPay, yuk!

Setelah menentukan target yang jelas, barulah Anda bisa menerapkan beberapa cara merangkai kata-kata promosi makanan lainnya, seperti yang terangkum di bawah ini.

Baca juga: Apa Itu Mark Up dalam Penetapan Harga?

2. Cantumkan Harga Murah yang Menarik

Karena harga merupakan salah satu unsur penting dalam menerapkan tips jualan makanan online, jangan sampai ketinggalan poin penting yang satu ini!

Informasi harga bisa Anda cantumkan ketika hendak merangkai kata-kata promosi. Terutama jika promosi dilakukan dengan menurunkan harga untuk produk yang mau dipromosikan. Cara ini bisa menarik lebih banyak pembeli dengan cepat.Anda bisa menerapkan cara yang satu ini ketika akan memperkenalkan produk atau varian baru. Bisa juga untuk mempromosikan menu yang kurang begitu laris. Ini beberapa contoh kalimat promosinya:

1. Es Pisang Coklat Aneka Rasa Mulai dari 7.000 Saja!
2. Es Pisang Matcha Nut + Milkshake, 15 ribuan aja!
3. Beli 2 Milkshake Rasa Apa Saja Diskon 5.000
4. Paket Nasi Ayam Bakar Jumbo cuma 20 ribuan! Dijamin kenyang pol!
5. Dapatkan diskon 20% untuk pembelian selanjutnya, tanpa minimum transaksi.

Baca juga: 5 Strategi Penetapan Harga untuk Berjualan

3. Buat Kalimat Promosi yang Memberikan Solusi

Tidak harus selalu singkat ataupun secara terang-terangan, kata-kata promosi jualan makanan juga bisa dibuat seperti Anda sedang membantu teman yang kesulitan.

Berikan solusi yang kemudian bisa diatasi dengan membeli produk makanan atau minuman yang Anda promosikan. Teknik ini juga terbukti cukup jitu untuk menarik pelanggan baru.

Contoh, jika Anda memiliki usaha rice bowl kekinian dan ingin memberikan potongan harga khusus untuk pemesanan selama jam makan siang (12.00-14.00), Anda bisa meramu kata-kata promosi makanan seperti:

1. Ingin kenyang murah meriah? Pesan Rice Bowl Seleraku saat makan siang untuk dapatkan potongan Rp10.000!
2. Tanggal dua, dompet tipis? Makan siang murah meriah dengan Rice Bowl Seleraku diskon Rp10.000 all item!
3. Paket Hemat Makan Siang Ala Anak Kosan Serba 20 Ribu, Bebas Pilih Lauk!
4. Pilih 3 Macam Lauk, Gratis Nasi Putih dan Es Teh Manis!
5. Ajak Teman Beli Paket Makan Siang, Free Es Teh Manis! Persediaan Terbatas.

4. Ambil Kata atau Ucapan yang Sedang Ngetren

Supaya kata-kata promosi terlihat lebih menarik dan mencuri perhatian, Anda juga bisa menambahkan beberapa ucapan yang sedang ngetren atau banyak dipakai belakangan ini. Sisipkan kata-kata yang ngetren ini dalam kalimat promosi Anda.

Selain memakai ucapan yang lagi ngetren, Anda juga bisa membuat permainan kata atau plesetan dengan kata-kata tersebut. Seperti ini kira-kira contohnya.

1. Sudah Vaksin = Es Kopi GRATIS!
2. INFO MABAR (MAKAN BARENG): Beli 2 rice bowl, gratis 1 rice bowl!
3. Promo Paket Halu: 1 rice bowl gratis 1 Es Milo
4. Berani Makan Ramen Pedes Gila dalam 10 Menit, Nggak Usah Bayar!
5. Paket Makan Bareng Mantan (Martabak Ketan) 30 Ribu Berdua

5. Tekankan Keunggulan Produk

Formula yang tidak pernah usang ketika merangkai kata-kata promosi jualan makanan adalah dengan menekankan keunggulan produk makanan atau minuman itu sendiri.

Cara ini bisa diterapkan terutama pada menu-menu andalan milik usaha Anda. Selain itu, pakai juga saat akan mempromosikan menu baru.

Misalnya saat Anda akan mempromosikan usaha jamu kekinian. Anda bisa menekankan manfaat dari jamu itu sendiri, terutama untuk kesehatan tubuh. Atau bisa juga memberi tahu keunggulan dari layanan/service usaha jamu Anda.

Seperti ini kira-kira contohnya saat merangkai kata-kata promosi makanan dengan menyertakan keunggulan produk:

1. Jaga imun selama pandemi, minum jamu setiap hari.
2. Baik untuk pencernaan, jangan lupa minum jamu hari ini!
3. Jamu Mbak Suni diolah dari bahan-bahan pilihan berkualitas baik. Dijamin uenaaak!
4. Jamu Enak tidak pahit, berkhasiat tinggi untuk perut melilit!
5. Beli Paket 10 Jamu Enak, GRATIS biaya ongkir!

6. Tambahkan Kata-Kata yang Menarik Perhatian

Selain memakai kata-kata yang sedang ngetren seperti poin sebelumnya, ada beberapa kata-lata lain yang selalu berhasil menarik perhatian. Terlebih jika dipakai untuk mempromosikan sesuatu.

Kata-kata seperti hati-hati, awas, bonus, gratis, diskon, dan cashback selalu berhasil mencuri perhatian konsumen. Tidak sedikit juga yang akhirnya membeli karena ingin menikmati promosi tersebut.

Namun, kata-kata ini harus digunakan dengan tepat supaya usaha Anda tetap bisa menjaga reputasi yang bagus.

Ingat, kata-kata yang dipakai harus sesuai dengan penempatannya, jangan sampai mengelabui atau membohongi pembeli. Begini contohnya:

1. Gratis 1 jus sehat setiap beli salad ukuran large!
2. Bonus tote bag serbaguna untuk pembelian 3 porsi rice bowl.
3. Cobain Dekkk Ayam Geprek!!!, sekali coba awas ketagihan!
4. Beli Nasi Uduk Babeh Ali pakai GoPay, bonus cashback 50%!
5. Yakin cuma beli 1 porsi? Hati-hati mau tambah lagi!

Baca juga: 9 Kata-Kata Promosi yang Menarik untuk Iklan

Promosi-promosi ini bisa Anda terapkan juga bagi para pembeli yang memesan dengan layanan pesan antar GoFood, lho! Untuk menikmati layananya, pastikan dulu Anda sudah daftar GoFood supaya bisa mengaplikasikan promosi-promosi menarik untuk pelanggan.

Selamat mencoba dan selamat berkreasi, ya!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Pelaku Usaha Kuliner Wajib Gunakan Bahan Dasar Makanan yang Aman dan Berkualitas, Bagi yang Melanggar Ada Hukumannya!

Memastikan keamanan bahan makanan (food safety) merupakan salah satu kunci dalam meraih selengkapnya

Tips Menjadi UMKM yang Cakap Digital dan Paham Pelindungan Data Pribadi

Halo, teman-teman Mitra Usaha! Kalian tau gak sih, angka jumlah pengguna internet di selengkapnya