Pusat Pengetahuan

Apa Itu Point of Sale / POS System & 7 Manfaatnya?

Point of Sale atau POS System kini sudah menjadi bagian yang penting dari operasional berbagai usaha, dan fungsinya pun kini sudah lebih dari sekedar untuk memproses transaksi penjualan. Jika melakukan transaksi pembelian di restoran atau toko Anda pasti pernah melihat semacam alat kasir yang digunakan untuk melakukan pemesanan dimana pegawai toko atau kasir akan mencatat pesanan Anda lalu mencetak struk, alat inilah yang disebut dengan Point of Sale atau POS System.

Apa itu point of sale / pos system?

Point of Sale adalah suatu sistem yang digunakan oleh berbagai macam usaha ritel untuk menyelesaikan transaksi jual beli.

Merupakan versi modern dari mesin kasir konvensional/cash register yang biasanya sudah dilengkapi dengan cash drawer. Point of Sale kini sudah banyak digunakan oleh beragam jenis usaha, seperti restoran, coffee shop(kedai kopi), barbershop atau laundry kiloan.

Biasanya sebuah Point of Sale terdiri dari seperangkat mesin kasir, lengkap dengan cash drawer untuk menyimpan uang dan printer untuk mencetak struk.

Tetapi kini dengan berkembangnya teknologi, penggunaan mesin kasir konvensional sudah mulai digantikan oleh Point of Sale dengan sistem dan perangkat pendukung yang lebih modern.

Untuk perangkatnya saja, kini sudah banyak penyedia Point of Sale di Indonesia yang menggunakan tablet pintar berbasis Android atau iOS, ada juga yang menggunakan perangkat khusus POS yang biasa disebut terminal.

Sementara untuk konektivitas sudah banyak yang meninggalkan penggunaan kabel, contohnya untuk mencetak struk saja kini sudah bisa dihubungkan dengan printer bluetooth secara wireless.

Jika Anda sedang ingin memulai usaha baik itu usaha kuliner maupun usaha ritel lain yang membutuhkan transaksi jual beli secara rutin, penting untuk memahami fungsi dan manfaat dari POS System ini. Anda akan membutuhkan POS System untuk membantu operasional harian usaha Anda, mulai dari menerima berbagai macam metode pembayaran, mencatat dan membuat laporan penjualan, mencetak struk dll. 

Laporan penjualan - aplikasi kasir GoBiz
Fitur Point of Sale GoBiz dilengkapi laporan penjualan

Dengan inovasi teknologi yang ada saat ini, POS System kini sudah tidak hanya digunakan untuk memproses transaksi jual beli saja. Berikut beberapa manfaat POS System untuk berbagai macam jenis usaha:

7 Fungsi & manfaat Point of Sale

1. Mencatat data transaksi secara lengkap dan memprosesnya menjadi laporan yang mudah dianalisa.

2. Jika sudah terintegrasi dengan sistem stok barang(inventory), sehingga mengantisipasi kekurangan bahan baku dan ketersediaan produk.

3. Memberikan laporan penjualan usaha Anda secara langsung atau online.

4. Segala macam bentuk perubahan terhadap data menu seperti harga dapat dilakukan dengan cepat.

5. Mencetak struk pembelian bagi pelanggan, sehingga Anda tidak perlu lagi menggunakan kertas nota/kwitansi secara manual.

6. Dengan kalkulasi otomatis, kasir tidak perlu repot menghitung kembalian dan mempercepat proses transaksi, sehingga dapat mengurangi antrian.

7. Menerima berbagai metode pembayaran baik itu tunai, non tunai, kartu debit dan kartu kredit, dll.

7 Tips Memilih Point of Sale untuk Usaha

1. Harga & fitur

Saat Anda memilih Point of Sale, cari tahu terlebih dahulu seperti apa kebutuhan dari usaha Anda, sehingga tidak terjadi pemborosan biaya.

Karena pada umumnya suatu POS System membutuhkan investasi yang tidak sedikit, tergantung pada sebesar apa usaha dan kebutuhan operasional Anda.

Read more about:

1 2

Artikel Terkait

14 Tips Kemasan Makanan yang Menarik & Aman untuk Delivery

Di tengah pandemi yang disebabkan penyebaran COVID-19 dan penerapan Pembatasan Sosial selengkapnya

Tingkatkan Penjualan Usaha Kuliner dengan 15 Cara Ini

Saat Anda sudah memulai usaha kuliner dan sudah mulai menguasai tempo operasional selengkapnya