Pusat Pengetahuan

Apa Itu Point of Sale / POS System & 7 Manfaatnya?

Fitur Point of Sale GoBiz dilengkapi laporan transaksi

Perlu diingat karena fitur dan biaya yang dibutuhkan oleh usaha kedai kopi berbentuk booth yang dioperasikan oleh seorang kasir akan sangat jauh berbeda dengan restoran dua lantai yang memiliki banyak karyawan.

Booth kedai kopi setidaknya hanya akan membutuhkan satu POS System saja dan tidak lebih. Sementara sebuah restoran dengan lantai lebih dari 1 akan membutuhkan POS System yang lebih kompleks.

2. Perangkat pendukung

Pastikan POS System yang Anda beli sesuai juga dengan kebutuhan, mulai dari perangkat (hardware) hingga aplikasi (software).

Kedai kopi yang kecil tentu sudah cukup terpenuhi dengan menggunakan perangkat POS portable atau mPOS yang sudah dilengkapi dengan printer struk.

Sementara POS System multi terminal dengan perangkat yang dipasang di beberapa bagian seperti kasir dan dapur tentu akan membutuhkan perangkat yang ekstra.

3. Kelola stok barang

Jika usaha Anda sudah cukup besar, seperti restoran yang memiliki banyak menu dan stok bahan baku, maka Anda sudah membutuhkan fitur inventory(stok barang).

Biasanya fitur seperti ini merupakan opsional, jika usaha Anda belum membutuhkannya lebih baik jangan menggunakan fitur tambahan seperti ini untuk menghemat biaya.

4. Laporan penjualan lengkap

Salah satu alasan terbesar pengusaha membeli sistem POS adalah fitur laporan penjualannya. Jika sebelumnya pemilik usaha harus repot menulis nota penjualan di kertas dan mencatat penjualan setiap harinya, kini dengan sistem POS tidak perlu lagi melakukan hal itu.

Pastikan bahwa sistem POS Anda dapat memberikan laporan secara lengkap, mulai penjualan harian, produk apa saja yang paling laris, hingga pemisahan laporan berdasarkan metode pembayaran yang digunakan oleh pelanggan.

5. Mudah untuk digunakan

POS System akan digunakan sehari-hari untuk menunjang operasional usaha Anda. Kemungkinan pula akan digunakan oleh banyak orang, termasuk karyawan baru.

Dengan tampilan yang mudah dimengerti maka Anda tidak perlu lagi kesulitan untuk melakukan training terhadap kasir baru dalam mengoperasikan POS System. Hal ini tentu juga bisa mengurangi resiko kesalahan atau human error.

6. Dukungan teknis yang baik

Ini merupakan salah satu aspek penting saat memilih POS System untuk usaha Anda. Cari tahu bagaimana layanan purna jual yang diberikan oleh penyedia POS System pilihan Anda.

Dengan POS System yang menyediakan layanan bantuan yang siap sedia setiap waktu ketika Anda mengalami kendala dalam mengoperasikan tentu akan membuat Anda lebih tenang dan nyaman dalam menjalankan usaha.

7. Berbasis cloud / online

Dengan Point of Sale yang berbasis cloud Anda dapat melakukan banyak hal untuk mengurus operasional usaha.

Mengecek laporan penjualan di beberapa lokasi outlet yang berbeda bisa dilakukan tanpa harus mendatangi tiap outlet secara fisik. Dengan begitu Anda bisa mengelola usaha dari mana dan kapan saja.

Di pasaran saat ini terdapat banyak sekali Point of Sale yang membutuhkan beberapa perangkat tambahan untuk bisa beroperasi. Mulai dari cash register untuk menyimpan uang, barcode scanner, mesin edc tambahan, sampai printer bluetooth untuk mencetak struk.

Dengan adanya banyak perangkat tambahan tersebut tentu akan membuat Point of Sale Anda menjadi cukup kompleks ditambah jika belum menggunakan teknologi wireless. 

Selain itu berarti Anda juga memerlukan biaya tambahan lagi untuk membeli perangkat tambahan yang jika ditotal bisa memakan biaya hingga jutaan rupiah.

GoBiz dilengkapi dengan Point of Sale yang merupakan aplikasi sistem kasir yang memiliki beragam fitur untuk membantu operasional usaha jenis apa pun. Untuk Anda merchant GoBiz, Anda dapat mengaktifkan sistem kasir POS langsung dari aplikasi GoBiz dengan mudah.

Read more about:

1 2

Artikel Terkait

14 Tips Kemasan Makanan yang Menarik & Aman untuk Delivery

Di tengah pandemi yang disebabkan penyebaran COVID-19 dan penerapan Pembatasan Sosial selengkapnya

Tingkatkan Penjualan Usaha Kuliner dengan 15 Cara Ini

Saat Anda sudah memulai usaha kuliner dan sudah mulai menguasai tempo operasional selengkapnya