GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Apa Itu MDR dan Keuntungannya Bagi Pemilik Usaha?

Apa Itu MDR dan Keuntungannya Bagi Pemilik Usaha? – Transaksi keuangan nontunai saat ini sedang digalakan oleh pemerintah. Salah satunya adalah transaksi pembayaran melalui kartu debit maupun kredit. Pembayaran metode ini dilakukan dengan menggunakan mesin Electronic Data Capture (EDC), sebuah alat gesek kartu untuk menerima transaksi non-tunai.

Dalam transaksi tersebut juga muncul adanya istilah Merchant Discount Rate (MDR). Apa itu MDR? Pada dasarnya, hal itu merupakan potongan yang dibebankan ke pengusaha dari pihak bank dalam setiap transaksi elektronik yang menggunakan kartu debit dan kredit.

Lantas, berapa besaran tarifnya dan keuntungan dari apa itu MDR bagi para pelaku usaha maupun konsumen? Berikut ulasannya.

Ketetapan dan Tarif MDR untuk Usaha Mikro

keuangan - finansial bisnis - tujuan pengelolaan keuangan adalah

Dalam penerapannya, MDR memiliki peraturan dan mekanisme tersendiri mengenai masalah besaran tarif yang diterapkan. Di Tanah Air, Bank Indonesia yang selaku bank sentral merupakan pembuat kebijakan penetapan tarif ini.

Hal tersebut tertuang dalam Keputusan Deputi Gubernur BI No.23/1/KEP.Dpg/2021 tentang Penetapan Skema Harga Merchant Discount Rate (MDR) dalam Pemrosesan Transaksi Uang Elektronik Chip Based.

Di dalam keputusan tersebut, sudah disepakati bersama penentuan tarif MDR ini adalah 0.5% untuk transaksi reguler.

Sedangkan untuk transaksi yang sifatnya government to people (G2P) dalam bentuk misalnya bantuan sosial maupun people to government (P2G) dalam bentuk seperti pembayaran pajak dan penetapan tarif MDR bagi pelaku usaha mikro, maka MDR yang ditetapkan adalah 0%. 

Sekadar catatan, tarif MDR ini bisa saja sewaktu-waktu berubah ketetapannya. Hal itu seiring dengan kondisi pasar yang ada dan kebijakan fiskal yang diambil oleh negara dalam waktu-waktu tertentu.


Contoh Penerapan MDR

pelanggan memilih belanjaan - kebiasaan pelanggan dalam hal pembayaran - tujuan segmentasi pasar

Setelah Anda mengetahui apa itu MDR dan tarif yang telah ditetapkan, untuk lebih mudah dalam memahaminya, berikut gambaran mengenai penerapan yang dilakukan oleh konsumen dan diterima oleh pihak pelaku usaha:

  • Bu Nina membayar produk yang dibeli di sebuah toko dengan harga Rp500 ribu dengan kartu kredit. Sementara, jika mengacu pada besaran tarif untuk transaksi reguler yang ditetapkan adalah 0.5%, maka tarif MDR yang dibebankan Bu Nina adalah Rp2.500.

Jadi, dana yang masuk ke penjual melalui mesin EDC secara otomatis akan terpotong tarif MDR. Jika harganya Rp500 ribu, maka dana yang masuk pada rekening pemilik usaha adalah Rp497.500.


Keuntungan Penerapan MDR

pelanggan online membayar dengan kartu kredit- apa itu mdr

Keberadaan MDR memberikan berbagai keuntungan bagi para pihak-pihak yang terlibat dalam penerapannya. Terutama keuntungan bagi konsumen maupun lebih khusus lagi para pemilik usaha.

Bagi para konsumen, setelah mengetahui apa itu MDR yang dijelaskan oleh pelaku usaha, mereka pun akan mendapatkan keuntungan paling utama, yakni kemudahan bertransaksi dalam bentuk nontunai.

Di samping itu, konsumen akan lebih puas dengan pelayanan yang diberikan oleh pelaku usaha. Adanya MDR ini mendorong bank dan perusahaan fintech seperti GoPay untuk memberikan promo-promo khusus dan diskon pada saat transaksi dalam jumlah tertentu sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang berlaku.

Sementara itu, bagi pihak pemilik usaha, adanya MDR selain memudahkan dalam menerima pembayaran kartu debit dan kredit, juga berpeluang mendapatkan keuntungan dari penerbit kartu tersebut. Kemudian, membuat pelayanan kepada konsumen menjadi lebih baik.

Para konsumen yang puas dengan transaksi mudah dan aman lewat kartu, tentu akan merekomendasikan kepada calon konsumen lainnya. Dengan begitu, penggunaan transaksi lewat kartu debit maupun kredit tinggi. Alhasil, margin yang akan Anda peroleh juga tinggi. Menarik, bukan?


Kesimpulan

Dari ulasan singkat mengenai apa itu MDR, serta keuntungan dan ketetapannya, dapat disimpulkan bahwa program ini sangat bermanfaat bagi keberlangsungan inklusi ekonomi masyarakat.

Khususnya dalam meningkatkan nilai jual dan juga daya beli masyarakat. Apalagi bagi keberadaan industri kecil, usaha menengah, dan UMKM di masa pandemi seperti sekarang.

Nah, agar usaha Anda semakin lancar dan Anda pun bisa menerapkan MDR ini dalam usaha, yuk andalkan aplikasi GoBiz yang menawarkan banyak kemudahan bagi pemilik usaha!

Aplikasi GoBiz akan membantu Anda meningkatkan omzet penjualan dengan cara daftar GoFood sehingga usaha Anda bisa lebih dikenal luas oleh banyak pelanggan. Pelajari juga cara daftar GoPay agar Anda dan pelanggan bisa memanfaatkan pembayaran nontunai yang menguntungkan kedua belah pihak. Dijamin aman, cepat, dan nyaman.

Bagaimana, kini sudah siapkah Anda untuk mengembangkan usaha menjadi lebih baik dan menguntungkan? Untuk mendapatkan informasi bisnis lainnya dari GoBiz Anda bisa klik di sini dan mengakses beragam artikel seputar tips bisnis. Sukses untuk Anda!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021 – Selama pandemi, ada banyak sekali pengusaha selengkapnya

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode – Bagi seorang pengusaha, selengkapnya