GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

5 Kriteria Aplikasi Pencatatan Keuangan Usaha Terbaik

Sudahkah Anda mempermudah usaha dengan aplikasi pencatatan keuangan usaha? Sebagai pemilik usaha, tentu Anda ingin usaha yang dijalankan bisa terus memberikan keuntungan. Sayangnya, hal ini tidak bisa tercapai hanya dengan sesimpel menjual produk sebanyak mungkin. Anda juga perlu mencatat keuangan usaha secara rutin agar tahu setiap pemasukan dan pengeluaran yang terjadi. 

Masalahnya, mencatat keuangan usaha butuh waktu dan tenaga yang tidak sedikit karena Anda harus memastikan tidak ada kesalahan dalam pencatatan. Untuk membantu Anda dalam hal ini, yuk pakai aplikasi pencatatan keuangan!

Baca juga: 15 Faktor Keberhasilan dan Kegagalan Wirausaha, Sudah Tahu?


Apa itu Aplikasi Pencatatan Keuangan Usaha?

Aplikasi pencatatan keuangan usaha adalah alat bantu pencatatan keuangan yang berguna saat membuat laporan finansial perusahaan. Memang, Anda bisa membuat pencatatan penjualan usaha secara manual menggunakan buku besar. Namun, prosesnya akan lebih mudah jika Anda menggunakan aplikasi pencatatan keuangan usaha. Kebanyakan bisnis sekarang sudah mulai menggunakan aplikasi ini untuk mengelola pemasukan dan pengeluaran usaha.

Baca juga: Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang yang Perlu Anda Pahami


Tips Memilih Aplikasi Pencatatan Keuangan Usaha

mesin kasir digital - aplikasi pencatatan keuangan usaha

Agar tidak salah pilih, ada beberapa tips yang sebaiknya Anda pertimbangkan sebelum menggunakan aplikasi keuangan, yaitu:

1. Pastikan keamanan aplikasi pencatatan keuangan usaha

Keamanan merupakan hal terpenting dalam memilih aplikasi keuangan usaha. Sebab, keamanan memungkinkan Anda bisa mengakses data-data keuangan di mana pun dan kapan pun tanpa perlu khawatir adanya masalah. Berbagai data penting perusahaan akan terjaga dengan adanya keamanan aplikasi. Karenanya, sebelum memilih, Anda dapat bertanya dan lakukan konsultasi lebih dahulu tentang perlindungan data yang ditawarkan oleh aplikasi keuangan usaha.

2. Ketahui integrasinya

Integrasi merupakan proses pembauran berbagai perbedaan yang ada untuk mencapai sebuah tujuan. Sebuah aplikasi keuangan usaha yang terintegrasi dengan baik memungkinkan Anda untuk menghubungkan dengan aplikasi lain yang berkaitan. 

Contohnya, Anda dapat menghubungkan aplikasi ini dengan mesin kasir untuk membuat setiap transaksi yang masuk di kasir usaha Anda tercatat di pembukuan secara otomatis. Integrasi yang baik dapat membantu Anda menyelesaikan pekerjaan dengan lebih mudah dan efisien. 

3. Lihat kemudahan fiturnya

Dengan melihat kemudahan fiturnya, Anda bisa mengerucutkan pilihan aplikasi keuangan yang Anda perlukan untuk menjalankan bisnis. Cara tahu semua kebutuhan bisnis Anda untuk menemukan fitur yang memang dibutuhkan. 

Salah memilih fitur aplikasi pencatatan keuangan usaha akan menjadi hal yang merugikan dan menjadi pengeluaran sia-sia. Jadi, usahakan untuk melihat kemudahan fitur yang cocok dengan bisnis, seperti kalkulasi harga, mencatat transaksi penjualan dari toko offline maupun online, hingga menyiapkan invoice atau setruk yang bisa dicetak.

4. Pastikan punya customer care

Customer care merupakan layanan yang disediakan oleh usaha kepada pelanggan agar pelanggan puas dengan layanan yang diberikan dan tetap setia pada suatu merek atau bisnis. Berbeda dengan customer service, customer care memiliki pendekatan yang lebih dalam terhadap pelanggan karena tujuannya membangun hubungan emosional lewat beragam interaksi.

Jadi, sebuah aplikasi keuangan usaha yang memiliki customer care tentu saja dapat membantu Anda secara profesional untuk menyelesaikan berbagai masalah yang nantinya mungkin dihadapi. Layanan yang berkualitas dan bermanfaat sejak awal akan sangat membantu Anda dalam menjalankan usaha dengan lancar.

5. Cari tahu reputasinya

Sebuah aplikasi pencatatan keuangan usaha yang memiliki reputasi baik tentu lebih bisa dipercaya. Biasanya, aplikasi yang berasal dari lembaga keuangan besar atau perusahaan terkenal memiliki reputasi yang tidak perlu Anda ragukan. Menggunakan aplikasi yang sudah teruji dengan baik tentunya membuat Anda bisa memanfaatkan semua keunggulan yang aplikasi tawarkan secara maksimal.

Anda bisa mencari tahu lebih lanjut mengenai reputasi aplikasi dengan cara membaca review pelanggan yang sudah lebih dulu menggunakan aplikasi. Temukan review sebelum download aplikasinya di smartphone Anda atau cek testimoni lewat hasil pencarian online. Dari review positif dan negatif yang Anda temukan, Anda dapat menentukan apakah aplikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Baca juga: Manfaat Pakai Aplikasi UMKM dari Handphone, Bisa Tingkatkan Penjualan!


Itu tadi informasi mengenai tips efektif memilih aplikasi keuangan usaha. Tidak perlu bingung mencari aplikasi pencatatan keuangan usaha terbaik. Anda bisa menggunakan GoKasir, kasir online gratis yang bisa bantu pencatatan keuangan usaha jadi lebih mudah. Anda bisa  mengunduh dan menggunakan aplikasi kasir gratis ini pada perangkat Android. Seluruh transaksi usaha yang tercatat di GoKasir akan otomatis terekam dalam laporan outlet

Tidak hanya memberi gambaran arus kas, laporan outlet juga memberi informasi detail tentang barang paling laku dan metode pembayaran yang paling banyak konsumen pilih. Kemudahan membuat laporan keuangan dengan cara digital memungkinkan Anda untuk dapat mengatur strategi usaha ke depan dengan makin praktis. Yuk, download sekarang!

aplikasi kasir android gratis

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Pelaku Usaha Kuliner Wajib Gunakan Bahan Dasar Makanan yang Aman dan Berkualitas, Bagi yang Melanggar Ada Hukumannya!

Memastikan keamanan bahan makanan (food safety) merupakan salah satu kunci dalam meraih selengkapnya

Tips Menjadi UMKM yang Cakap Digital dan Paham Pelindungan Data Pribadi

Halo, teman-teman Mitra Usaha! Kalian tau gak sih, angka jumlah pengguna internet di selengkapnya