GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

15 Aplikasi UMKM dan Manfaatnya untuk Bisnis, Bisa Tingkatkan Penjualan!

Inovasi teknologi membuat peluang bisnis berkembang. Kabar baiknya, semua kalangan bisa menikmati inovasi teknologi, tak terkecuali para pelaku UMKM. Kini, ada banyak aplikasi UMKM untuk memudahkan pengusaha seperti Anda mengelola bisnis. 

Ada begitu banyak keuntungan dan peluang terbuka jika Anda memaksimalkan potensi aplikasi UMKM. Lalu, apa sajakah manfaat yang bisa Anda dapatkan? Simak artikel berikut ini!


Keuntungan Menggunakan Aplikasi UMKM

Kehadiran aplikasi bisnis pastinya dilengkapi dengan fitur-fitur menarik untuk mengembangkan usaha Anda. Fitur-fitur inilah yang memberikan berbagai keuntungan bagi para penggunanya. Apa saja keuntungan tersebut? Cari tahu di bawah ini!

1. Mempermudah tampilan bisnis digital

Bagi Anda pemilik usaha baru, mempunyai tampilan bisnis digital yang menarik akan menjadi nilai tambah. Namun, sering kali perintis usaha belum memiliki kemampuan visual yang mumpuni. Belum lagi adanya keterbatasan biaya untuk menyewa jasa visual. Padahal, semakin menarik tampilan bisnis Anda, akan semakin besar potensi untuk menarik pelanggan baru.

Anda tak perlu khawatir, saat ini sudah banyak website atau aplikasi yang bisa membantu Anda mewujudkan visualisasi bisnis yang diinginkan. Membuka bisnis online saat ini tak lagi sulit karena Anda bisa mengakses ilmu seperti cara mengambil gambar yang menarik. 

Bagi Anda yang memiliki usaha di bidang kuliner, misalnya, Anda bisa menggunakan layanan GoFood. Tampilkan foto-foto menarik dari makanan atau minuman yang Anda jual. Semakin menggugah selera, maka semakin besar produk Anda akan dilirik konsumen!

2. Kelola keuangan jadi lebih praktis

Ketika Anda memiliki usaha, ada begitu banyak hal yang harus ditangani. Dengan menggunakan aplikasi UMKM, Anda bisa menyelesaikan pekerjaan hanya dari satu aplikasi saja. Mengelola keuangan juga jadi lebih praktis karena semua sudah tersedia dalam satu platform terpusat.

Pencatatan keuangan, pengelolaan produk, hingga analisis penjualan bisa dilakukan melalui satu aplikasi. Hal ini akan lebih praktis daripada jika Anda harus mencatat keuangan secara manual, yang tentu berisiko tinggi akan terjadinya human error.

3. Terima pembayaran tunai dan nontunai

Salah satu fitur menarik dari aplikasi UMKM adalah kemampuan menerima pembayaran tunai dan nontunai. Apalagi, saat ini, semakin banyak pelanggan yang beralih ke pembayaran digital. Usaha Anda akan semakin lancar beroperasi jika mengadopsi pembayaran nontunai ini.

Salah satu pembayaran nontunai yang bisa Anda sediakan adalah GoPay. Dengan GoPay, pembayaran jadi mudah, aman, dan praktis. Hal ini berkat kode QR yang bisa menerima pembayaran dari berbagai macam e-Wallet! Anda pun juga bisa menetapkan promo usaha Anda sendiri.

4. Bisa kembangkan bisnis

Anda ingin mengembangkan bisnis, tetapi terkendala biaya? Anda tak usah khawatir! Dengan menggunakan aplikasi UMKM seperti GoBiz, Anda bisa mengajukan dana! Lewat GoBiz, Anda dapat mengajukan pinjaman dana dari GoModal untuk mengembangkan usaha Anda.

Pengajuan dananya pun mudah dan Anda bisa menerima pinjaman hingga Rp500 juta. Proses pencairannya juga cepat karena hanya membutuhkan waktu 13 hari kerja saja! Menarik, bukan? Selain itu, Anda bahkan bisa dengan leluasa mencicil pinjaman dengan mudah. GoModal memiliki sistem debit otomatis dari saldo GoBiz Anda, sehingga pelunasan pinjaman jadi lebih praktis!

5. Bisnis jadi lebih dikenal 

Keuntungan menggunakan aplikasi UMKM yang terakhir adalah meningkatkan visibilitas usaha Anda. Jika usaha Anda semakin dikenal, pasti profit yang Anda terima akan semakin besar. Dengan bantuan digitalisasi, usaha Anda bisa menjangkau lebih banyak orang tanpa perlu repot-repot melakukan promosi konvensional. Raih kesempatan memperluas pemasaran bisnis Anda dengan aplikasi yang tepat!

Aplikasi UMKM akan sangat membantu Anda dalam menjalankan usaha, terutama dari segi operasional. Apalagi jika Anda memiliki usaha di bidang kuliner yang menyediakan layanan pesan antar secara online, atau berjualan secara online di situs-situs marketplace tertentu. Berikut 15 daftar aplikasi UMKM yang tidak boleh Anda lewatkan!

Baca juga: Apa itu UMKM? Pengertian, Contoh dan Kriterianya 

Rekomendasi Aplikasi UMKM untuk Mencatat dan Mengelola Pesanan

Jika Anda memiliki bisnis online yang mengalami pengiriman pesanan dalam bentuk paket, maka sudah pasti memerlukan bantuan aplikasi UMKM yang dapat mencatat serta mengelola daftar pesanan yang sudah dikonfirmasi. Berikut beberapa di antaranya.

1. Aplikasi Tracking Paket/Cek Resi

Teruntuk Anda yang menyediakan jasa pengiriman produk yang Anda jual, penting untuk memasang aplikasi dari ekspedisi yang Anda gunakan di smartphone Anda agar dapat melacak keberadaan paket dengan mudah. Fungsinya untuk memastikan paket tersebut diterima dengan aman di tangan konsumen. Aplikasi tracking ini akan menunjukkan rute pengiriman serta statusnya. Jadi jika ditanya oleh konsumen, Anda dapat sigap menjawab serta menunjukkan bahwa Anda juga memantau proses tersebut.

2. Evernote 

Seperti namanya, Evernote juga jadi salah satu aplikasi bisnis yang dapat membantu Anda. Dengan fungsi sebagai catatan yang dapat membuat to do list, daftar pesanan konsumen, dan daftar panjang belanjaan untuk bahan baku dapat disinkronisasikan dengan berbagai perangkat gadget yang Anda miliki.

Tidak lagi perlu merasa kesulitan untuk mengakses catatan-catatan kecil yang sudah Anda buat di tablet atau smartphone Anda. Apalagi, jika Anda sedang berada di luar dan jauh dari jangkauan kertas dan alat tulis, Evernote akan sangat membantu.

3. Google Keep 

Persis dengan Evernote, Google Keep adalah aplikasi catatan dalam format ringkas yang dapat membantu Anda untuk membuat catatan kecil dengan smartphone. Termasuk juga catatan pemesanan saat ada pembeli di rumah makan Anda atau catatan tentang bahan maupun produk yang harus dibeli untuk stok produk yang Anda jual.

Aplikasi bisnis yang satu ini terhubung dengan akun Google Anda, sehingga dapat Anda akses dimana saja dan kapan saja, cukup dengan login ke akun Google yang Anda miliki. Selain itu, Google Keep juga dapat dibagikan ke sesama pemilik akun Google untuk diedit atau ditambahkan. Anda tinggal memilih kolaborator yang dapat mengakses catatan Anda di Google Keep.

4. Google Docs 

Memiliki fungsi persis dengan Microsoft Words, Google Docs ini dapat Anda manfaatkan untuk membuat dokumen yang diperlukan dalam operasional bisnis Anda. Bisa juga Anda manfaatkan untuk membuat label pesanan atau paket produk yang sudah di pesan atau akan dijual kembali. 

Aplikasi menulis ini memiliki tools yang persis dengan Microsoft Words, jadi Anda pasti tidak akan kesulitan dalam menggunakannya. Selain itu, sama dengan aplikasi Google yang lain, Google Docs juga dapat Anda bagikan dengan sesama pengguna akun Google untuk dapat mengakses serta mengedit isi dokumen.

5. LastPass 

Berbisnis secara online memerlukan banyak sekali aplikasi yang terpasang di smartphone Anda, tidak heran kalau Anda lama-kelamaan kesulitan menghafalkan kata sandi untuk login di aplikasi tertentu.

LastPass akan membantu untuk menyimpan kata sandi di berbagai portal online yang Anda gunakan, seperti aplikasi pembayaran online, aplikasi marketplace, dan akun-akun media sosial yang dimiliki bisnis Anda juga.

6. Google Drive 

Menjalankan bisnis pasti membuat Anda memiliki banyak file untuk disimpan, baik berupa dokumen, invoice, bukti pembelian, foto produk, atau yang lainnya. Agar semua itu tidak tercecer, Anda bisa menggunakan Google Drive untuk penyimpanan file

Anda dapat mengakses file kapan saja dan bisa mengunduhnya jika diperlukan kemudian. Selain itu, berbagi file menggunakan Google Drive juga tergolong mudah, cukup mengirimkan akses ke drive kolaborator.

Rekomendasi Aplikasi Bisnis untuk Promosi & Konten Visual di Media Sosial

Deretan aplikasi terakhir yang perlu Anda ketahui agar dapat menunjang usaha adalah aplikasi bisnis untuk keperluan promosi serta pemasaran produk Anda. Aplikasi-aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat konten visual yang bisa Anda jadikan sebagai konten promosi di media sosial. 

7. Canva 

Canva bisa jadi salah satu aplikasi desain grafis yang sangat populer. Aplikasi ini sangat mudah digunakan karena memiliki banyak ragam template jadi untuk flyer, poster, dan bentuk lain yang dapat digunakan untuk kepentingan promosi serta pemasaran bisnis Anda. Oleh sebab itu, menggunakan Canva tidak sesulit mengedit konten visual dengan Photoshop. Cocok untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu.

8. Snapseed 

Ingin membuat pelanggan Anda tergiur dengan menu makanan di bisnis kuliner Anda atau produk-produk yang Anda jual secara online? Aplikasi edit foto ini akan sangat membantu Anda dalam mengedit foto produk atau foto makanan agar terlihat lebih menarik dengan komposisi warna yang tentunya menggugah selera. 

Tools yang tersedia di Snapseed pun sangat lengkap, dan bisa membantu Anda mengedit foto sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Kualitas penyimpanan setelah selesai mengedit foto dengan Snapseed juga sangat tinggi dan baik. Jadi, jangan khawatir foto akan pecah atau blur saat diunggah.

9. Mailchimp 

Saat kamu ingin menyebarkan flyer, poster, atau event promosi, Mailchimp siap membantu. Aplikasi bisnis ini dapat menyebarkan promosi yang Anda buat dalam bentuk newsletter secara berbarengan kepada daftar alamat e-mail yang sudah Anda susun. Jadi, Anda tidak perlu lagi mengirim e-mail dengan cara manual yang memakan waktu.

10. Hootsuite 

Hootsuite adalah aplikasi bisnis yang siap membantu Anda untuk menjadwalkan kapan konten media sosial Anda akan diunggah. Dengan begitu, Anda bisa lebih tenang menjalankan operasional bisnis yang lebih krusial sementara media sosial yang digunakan sebagai media promosi produk masih tetap bisa berjalan dengan optimal.

Rekomendasi Aplikasi UMKM untuk Mengelola Keuangan

Dalam mengelola bisnis, penting untuk memastikan pengelolaan keuangan tetap terjaga catatan serta rekam jejaknya. Hal ini memudahkan laporan keuangan untuk dibaca dan dianalisis kembali. Berikut aplikasi bisnis untuk mengelola keuangan yang dapat Anda gunakan.

11. Money Lover

Aplikasi keuangan pertama yang dapat Anda pakai adalah Money Lover. Aplikasi bisnis ini dapat membantu mencatat data pemasukan serta pengeluaran selama operasional bisnis berlangsung. Dengan Money Lover, perencanaan keuangan jadi lebih mudah dipantau karena jejak transaksi dalam aktivitas bisnis sehari-hari Anda terekam dengan baik.

12. Square Invoice App

Saat melakukan transaksi, Anda pasti mengirimkan invoice, baik dalam bentuk hardcopy atau softcopy, kepada pembeli. Square Invoice App membantu Anda dalam membuat invoice sendiri untuk transaksi pembayaran online yang sudah dilakukan. 

Anda dapat memanfaatkan template invoice yang sudah tersedia atau mengubahnya sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Pada aplikasi pencatat keuangan ini, Anda juga dapat memasukan daftar barang atau produk yang Anda miliki sehingga mempercepat proses pembuatan invoice dengan aplikasi bisnis ini nantinya. 

Selain itu, Anda juga dimudahkan dengan fitur pengiriman invoice terjadwal, jadi tidak perlu takut terlambat mengirimkan invoice. Square Invoice App dapat dipasang di smartphone maupun diakses melalui browser.

13. Google Sheet

Google mengeluarkan banyak set aplikasi keuangan yang bisa Anda manfaatkan dalam operasional bisnis sehari-hari. Salah satunya yang bermanfaat untuk pengelolaan finansial bisnis Anda adalah Google Sheet. 

Dengan fungsi mirip tools Microsoft Excel, Google Sheet dapat dimanfaatkan untuk pembuatan laporan keuangan, data pembelian, serta pemesanan barang, termasuk daftar produk dan stok yang kamu miliki. 

Keuntungan lain menggunakan Google Sheet ini adalah, Anda dapat membagikan dokumen dengan tim serta mengedit isi dokumen secara real time.

14. Aplikasi E-Banking

Kebanyakan transaksi keuangan dilakukan antar sesama bank, jadi wajib bagi Anda untuk memiliki aplikasi e-banking yang dikeluarkan oleh bank Anda untuk mempermudah aktivitas bisnis Anda. 

Dengan aplikasi bisnis yang lebih mobile seperti ini, Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu berjam-jam mengantri di bank atau ATM hanya untuk mengetahui saldo atau melakukan transaksi-transaksi tertentu.

15. GoBiz

Aplikasi bisnis berikutnya yang bermanfaat untuk pengelolaan finansial bisnis Anda adalah GoBiz. Aplikasi keluaran Gojek ini dibuat khusus untuk para pebisnis dengan akses yang efisien, termasuk dapat dipasang di smartphone

GoBiz memiliki fitur kasir dengan sistem point of sale, yakni sistem untuk melakukan transaksi jual beli. Itu berarti, Anda dapat menjadikan smartphone atau tablet sebagai ganti mesin kasir. Pembayaran dengan mesin kasir GoBiz dapat dilakukan secara cashless atau non-tunai. Selain itu, GoBiz juga memiliki fitur promosi bagi pebisnis yang ingin menjajakan produknya agar lebih laris. 

Itu dia 15 rekomendasi aplikasi UMKM dan manfaatnya untuk bisnis yang dapat meringankan beban kerja operasional bisnis. Jadi, pastikan manajemen bisnis Anda tersistem dengan baik, ya!


Yuk, Daftar Aplikasi UMKM GoBiz Sekarang Juga! 

Perbedaan GoBiz dan GoFood - Aplikasi UMKM

Kini, telah terbukti bahwa aplikasi UMKM memang dapat membawa banyak keuntungan bagi para pemilik usaha seperti Anda. Ingin segera merasakan langsung berbagai keuntungan tersebut? Anda bisa mulai dengan cara daftar GoBiz untuk mengembangkan usaha Anda.

Dengan super app GoBiz, Anda bisa terima pembayaran nontunai, kelola pesan antar-makanan, hingga catat transaksi secara otomatis hanya lewat satu aplikasi! Proses pendaftaran GoBiz pun sangat mudah, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi GoBiz di Google Play Store, mengisi data diri dan informasi rekening bank, menunggu verifikasi, dan lakukan aktivasi. Cepat dan praktis!

Mengembangkan bisnis memang bukan proses yang mudah, tetapi Anda bisa melakukannya secara lebih efisien dengan bantuan aplikasi UMKM seperti GoBiz. Yuk, kembangkan usaha Anda bersama super app GoBiz!

GoBiz

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

CUAN Bersama Gojek Lewat Kumpulan Cerita Mitra Usaha Anda

Hai, Mitra Usaha! Selamat datang di CUAN! Ini merupakan Kumpulan Cerita Mitra Usaha Anda selengkapnya

Mie Ayam Bangka Bintaro, Mentor GoFood yang Mentransformasi Bisnis Keluarga Tradisional jadi Digital

Mie Ayam Bangka Bintaro, Mentor GoFood yang Mentransformasi Bisnis Keluarga Tradisional selengkapnya