GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

5 Tanda Usaha Anda Siap Buka Cabang Baru

5 Tanda Usaha Anda Siap Buka Cabang Baru – Banyak yang menganggap bahwa membuka cabang baru merupakan langkah besar yang harus dilakukan secara hati-hati. Tanpa adanya persiapan yang matang, risiko gagal dan rugi tentunya tidak dapat dihindari. Namun, bukan berarti hal tersebut menghambat Anda untuk mengembangkan potensi usaha yang Anda geluti. 

Banyak keuntungan yang tentunya dapat Anda raih saat memutuskan untuk membuka outlet baru, seperti meningkatkan penjualan, memperluas jangkauan pelanggan, dan mendapatkan keuntungan yang berlipat. Jika Anda kini tengah menimbang-nimbang dan masih ragu untuk menambah cabang, GoBiz telah merangkum 5 tanda usaha Anda siap membuka cabang baru. Apa saja? Yuk, simak info selengkapnya.


5 Tanda Usaha Siap Buka Cabang Baru 

1. Kesiapan modal usaha untuk cabang baru

Modal atau anggaran menjadi hal terpenting yang harus dipersiapkan. Menambah cabang sama saja seperti seperti membuka outlet mulai dari nol lagi. Di luar biaya operasional, ada biaya-biaya lain yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, seperti biaya untuk peralatan baru, merekrut dan menggaji pegawai baru, sewa/beli tempat usaha, dan masih banyak lagi. Semua kebutuhan tersebut tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Ketersediaan anggaran ini perlu diperhitungkan secara matang. Jika modal sudah tersedia, maka Anda selangkah lebih siap untuk membuka cabang baru.

Baca juga: Cara Menemukan dan Mengelola Modal Usaha

2. Kesiapan lokasi usaha

Pemilihan Lokasi Cabang Baru

Tidak cukup hanya dengan menentukan kota di mana cabang baru akan dibuka, tapi penentuan lokasi usaha secara detail pun harus dilakukan baik-baik. Banyak pertimbangan sebelum menentukan lokasi yang tepat, seperti demografi lokasi tersebut, target pasar di lokasi tersebut, tingkat keramaian di sekitar lokasi usaha, atau kemudahan akses konsumen menjangkau lokasi usaha Anda. Pemilihan lokasi perlu dipikirkan secara matang karena akan berpengaruh besar terhadap kesuksesan outlet tersebut.

Baca juga: 5 Pilihan Lokasi Usaha Kuliner yang Strategis

3. Kesiapan karyawan di cabang baru

Mempersiapkan karyawan baru

Cabang baru berarti membutuhkan tenaga kerja baru. Persiapan tenaga kerja yang unggul dan kompeten menjadi salah satu aspek penting. Anda bisa memberikan beberapa pelatihan lengkap hingga membuat standar operasional prosedur (SOP) agar karyawan tersebut siap melayani sepenuhnya. Tidak hanya karyawannya saja, pastikan Anda juga mengutus pemimpin yang dapat Anda percaya. Keahlian dari calon pemimpin cabang memegang andil besar dalam kesuksesan outlet baru Anda.

4. Pelanggan yang meningkat di outlet utama

Pelanggan yang Meningkat

Apakah outlet utama Anda sering menolak pesanan karena kapasitas outlet terbatas sedangkan pelanggan terus berdatangan? Atau Anda sering mendapatkan pertanyaan dari pelanggan tentang usaha Anda di lokasi lain? Dua aspek tersebut bisa menjadi pertanda bahwa outlet Anda sudah siap membuka cabang baru. Jika modal sudah mencukupi, lokasi dan karyawan baru sudah ditemukan, segeralah untuk melakukan hal tersebut. Ketidakseimbangan kapasitas outlet dengan permintaan pelanggan bisa menyebabkan peningkatan pembatalan pesanan dan membuat pelanggan Anda kehilangan minat bahkan beralih ke pesaing. Bahaya, jangan sampai kejadian!

5. Menemukan metode perluasan usaha yang cocok

Ada banyak metode yang bisa Anda pilih saat melakukan pembukaan cabang baru. Jika Anda belum memiliki modal yang cukup untuk membuka outlet baru, Anda dapat mencoba cara waralaba sehingga biaya operasional cabang ditanggung oleh pihak lain. Namun, jika Anda ingin melakukan kontrol penuh, Anda juga dapat memilih untuk mengelola sendiri. Penentuan metode yang tepat tergantung dari kondisi usaha Anda saat ini dan arah bisnis secara jangka panjang.

Baca juga: 5 Cara Mudah Memperbesar Usaha, Cocok buat Pengusaha Kuliner!

Jika saat ini Anda sudah siap dengan satu atau bahkan semua tanda di atas, itu pertanda usaha Anda sudah siap membuka outlet baru. Wujudkan mimpi membuka outlet baru Anda dengan GoBiz.

Bagi Anda pengguna GoBiz, seluruh proses pendaftaran hingga cabang baru tersebut dapat beroperasi bisa dilakukan secara online langsung dari aplikasi. Dalam hitungan hari saja selesai, lho. Anda juga bisa sekaligus mengaktivasi layanan GoFood, GoPay, dan GoKasir. Mudah banget, kan? Yuk, kembangkan Usaha Anda sekarang!

Penting diingat, link di atas hanya dapat dibuka oleh pengguna GoBiz melalui ponsel Android pada aplikasi GoBiz versi terbaru dan menggunakan akun dengan peran Pemilik. Apabila Anda tidak menemukan tombol “Tambah cabang” dan ingin menambah cabang GoFood, Anda bisa mengajukan permohonan melalui Pusat Bantuan dengan klik di sini.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa bagikan ke Mitra Usaha lainnya ya supaya bisa sama-sama #MelajuBersamaGojek.

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Cerita CUAN: The Self Studios, Laris Karena Customer Lebih Bebas Berfoto

Bisnis tidak akan berkembang tanpa pelanggan. Bagi bisnis yang baru dirintis, mendapatkan selengkapnya

Cerita CUAN: Di Bawah Pohon Barber & Shop, Layanan Berkelas, Pelanggan Puas

Bisnis barbershop kian ramai pemainnya akhir-akhir ini. Di mata konsumen, hal ini tentu selengkapnya