GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

Usaha Kebab Gerobak Modal Awal Rp 12 Juta, Tertarik?

Memiliki usaha sendiri memang sulit, namun banyak manfaatnya. Selain tidak terkekang oleh atasan, Anda juga bisa mengatur sendiri proses jalannya bisnis. Meski begitu, diperlukan rencana yang matang sebelum memulai bisnis sendiri, terutama bisnis kuliner.

Dari sekian banyak jenis usaha yang sudah tersebar di seluruh penjuru Indonesia, kebab adalah kuliner yang dari dulu sampai sekarang masih populer. Cocok untuk dijadikan ide bisnis baru, simak cara mudah memulai usaha kebab.

Mengapa berjualan kebab?

Usaha kebab memang bisa dibilang sebagai usaha kuliner yang sudah ada sejak bertahun-tahun lalu. Meski begitu, eksistensinya masih kuat di tengah sengitnya industri kuliner. Makanan khas Turki ini memiliki cita rasa yang bisa dinikmati oleh lidah orang Indonesia.

Berbahan dasar daging sapi dan roti kebab (tortilla), kebab memiliki rasa gurih yang dominan. Apalagi jika dipadukan dengan topping tambahan seperti telur, makaroni, sosis, dan keju. Selain itu, harga per porsi yang terbilang murah juga menjadi daya tarik tambahan untuk usaha kebab.

Mengenyangkan dan murah, tidak heran jika usaha kebab menjadi salah satu peluang bisnis menguntungkan yang bisa Anda pertimbangkan. 

Pilih lokasi toko kebab strategis

Kebab merupakan salah satu kudapan favorit orang Indonesia, namun Anda juga harus menetapkan lokasi usaha kebab yang strategis dan sesuai dengan segmentasi pasar, seperti di depan minimarket atau kampus. Mengingat daya tarik kebab adalah sifatnya yang mengenyangkan dan murah, maka usaha kebab cocok sekali untuk dijalankan di area sekitar kampus atau sekolah.

Anak-anak, remaja, hingga mahasiswa sangat menyukai bahan-bahan yang dimasukkan ke dalam menu kebab. Mulai dari keju hingga potongan daging sapi, kebab akan menjadi jajanan laris manis. Selain itu, mereka juga membutuhkan jajanan yang cepat tersaji.

Memasak kebab tidak bisa dibilang instan, tetapi bisa diakali. Daging sapi yang dimasak bisa disiapkan terlebih dahulu sebelum berjualan. Bahan-bahan seperti sosis, makaroni, dan parutan keju juga sudah bisa dimasak dari rumah. Sisanya tinggal memasak telur dan menghangatkan bahan-bahan tersebut begitu ada pesanan

Resep kebab Turki yang enak

Jika Anda sudah siap memulai usaha kebab, ada satu hal lagi yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Tentu saja rasa akan menjadi penentu apakah usaha kebab Anda akan laku dibeli atau tidak. Oleh sebab itu, Anda perlu mencari dan mencoba resep-resep memasak kebab yang enak serta mudah untuk dilakukan.

Tidak perlu repot mencari kesana kemari, gunakan resep kebab Turki berikut dengan bahan-bahan yang bisa dengan mudah ditemukan di pasar tradisional dan swalayan terdekat.

Bahan-bahan untuk daging kebab:

  • 0.5 kg daging sapi. Iris sejajar dengan urat daging
  • 2 siung bawang putih
  • 4 buah cabai merah
  • 2 cm jahe
  • 0.5 sdt ketumbar
  • 100 gram yoghurt rasa plain
  • Garam dan lada hitam

Topping kebab per porsi (opsional):

  • 1 lembar tortilla
  • 1 sdt margarin
  • Irisan daging secukupnya
  • 25 gram bawang bombay. Iris tipis-tipis
  • 25 gram irisan tomat
  • 25 gram irisan selada air
  • 25 gram irisan timun
  • Parutan keju secukupnya
  • Saus tomat dan mayonnaise

Cara membuat:

  1. Bersihkan daging sapi dengan air bersih yang mengalir. Kemudian, pukul-pukul daging sapi hingga menjadi pipih agar daging lebih empuk.
  2. Tumbuk cabai merah, jahe, bawang putih, dan ketumbar hingga halus. Ini akan menjadi bumbu daging.
  3. Tusuk-tusuk daging dengan garpu agar bumbu lebih menyerap. Balurkan bumbu halus ke setiap permukaan daging.
  4. Balur daging dengan yoghurt. Lalu, bumbui dengan garam dan lada hitam secukupnya. Diamkan daging yang sudah dibumbui setidaknya 30 menit.
  5. Panggang daging menggunakan alat atau masak hingga matang di atas wajan.
  6. Masak tortilla dengan menggunakan wajan yang sudah dilapisi margarin. Gunakan api kecil agar tortilla tidak mudah gosong.
  7. Panaskan tortilla hingga muncul bercak-bercak coklat kehitaman di permukaannya. Segera angkat tortilla dan taruh di atas piring atau wadah.
  8. Tumis bawang bombay yang sudah diiris tipis-tipis.
  9. Atur topping kebab di atas tortilla. Letakkan selada air, tomat, timun, dan tumisan bawang bombay.
  10. Tambahkan saus tomat dan mayonaise. Setelah itu, masukkan irisan daging yang sudah dimasak secukupnya. Tambahkan juga parutan keju.
  11. Perlahan, gulung tortilla hingga membentuk kebab dan lipat bagian bawah kebab ke dalam agar tidak ada topping yang terjatuh.
  12. Kebab Turki pun siap disajikan

Inilah resep dasar kebab Turki yang bisa Anda coba di rumah sebelum menggunakannya sebagai resep usaha kebab Anda. Tidak sulit dan cepat untuk dimasak, resep kebab Turki ini juga bisa Anda variasikan kembali dengan tambahan topping kekinian.

Modal & perkiraan keuntungan usaha kebab

Setelah menentukan lokasi dan resep usaha kebab, saatnya bagi Anda untuk mengestimasi total modal usaha kebab yang harus disiapkan. Mulai dari perlengkapan, bahan makanan, hingga biaya sewa sudah terangkum dalam daftar berikut ini.

Modal perlengkapan:

BarangJumlahEstimasi Harga
Mesin kebab1 unitRp2,220,000
Panci 1 unitRp342,000
Wajan 1 unitRp275,000
Kompor gas1 unitRp230,000
Nampan 1 unitRp28,000
Serbet 1 unitRp28,000
Piring50 unitRp100,000
Sendok50 unitRp50,000
Garpu10 unitRp50,000
Gelas10 unitRp55,000
Talenan1 unitRp22,000
Meja2 unitRp900,000
Kursi9 unitRp900,000
Total biaya perlengkapan
Rp5,200,000

Modal bahan-bahan:

BarangJumlahEstimasi Harga
Tortilla30 pakRp720,000
Daging sapi5 kgRp600,000
Bawang putih20 kgRp640,000
Bawang bombay30 pcsRp270,000
Cabai merah5 kgRp490,000
Ketumbar 30 pcsRp225,000
Jahe30 pcsRp135,000
Garam10 pcsRp100,000
Lada hitam10 pcsRp100,000
Margarin 10 pcsRp100,000
Yoghurt plain20 pcsRp560,000
Saus tomat10 botolRp210,000
Mayonnaise10 botolRp240,000
Selada air5 kgRp125,000
Timun15 pcsRp75,000
Tomat10 kgRp100,000
Kemasan100 unitRp120,000
Sabun cuci piring5 pcsRp40,000
Gas15 pcsRp300,000
Sewa tempat30 hariRp1,500,000
Air dan listrik30 hariRp450,000
Total biaya variabel
Rp7,100,000

Menghitung total biaya perlengkapan dan modal pembelian bahan-bahan, bisa diperkirakan bahwa Anda perlu menyiapkan modal sebesar Rp12,300,500. Mengingat kedua daftar di atas untuk penjualan sekitar satu bulan, maka estimasi keuntungan yang didapat adalah sebagai berikut.

Harga kebab per porsiTarget penjualanTotal pemasukan
Rp20,00050 kebab per hariRp30,000,000
Estimasi modal awal
Rp12,300,500
Keuntungan bersih
Rp17,699,500

Estimasi berikut bisa didapat jika Anda menetapkan harga kebab sebesar Rp20,000/pcs. Bila usaha kebab Anda memenuhi target penjualan setiap harinya, dipastikan bahwa modal yang Anda keluarkan sebelumnya akan tertutup sepenuhnya, bahkan Anda bisa mendapatkan laba.

Harga yang tercantum dalam daftar ini bisa berubah seiring waktu, jadi Anda perlu untuk menyesuaikannya dengan lokasi serta kondisi pasar terkini. Tentukan harga per porsi kebab yang terjangkau, namun tetap sesuai dengan modal yang dikeluarkan.

3 Tips berjualan kebab laris manis

Agar usaha kebab Anda lebih lancar, Anda perlu strategi penjualan yang mapan. Walaupun rasa kebab Anda terbilang enak, tetap saja diperlukan upaya lebih untuk menarik lebih banyak pelanggan ke usaha kebab Anda. Berikut tips berjualan kebab yang bisa Anda contoh.

1. Promosi dan pemasaran kebab

Manfaatkan teknologi canggih terkini dan gunakan sosial media sebagai media promosi usaha kebab Anda. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memperkenalkan kebab buatan Anda ke banyak orang.

Anda bisa menyebarkan flyer ke daerah sekitar toko. Kemudian, rutin posting konten di sosial media agar tercipta komunitas pelanggan. Berikan promosi-promosi menarik saat momen awal membuka kebab untuk menarik perhatian dan jangan lupa untuk bekerja sama dengan platform delivery makanan online seperti GoFood.

2. Hubungan erat dengan supplier

Dalam merintis usaha, Anda tidak bisa bekerja sendirian. Perlu untuk membangun kerja sama dan hubungan yang solid dengan para supplier. Hal ini dapat memastikan bahwa bisnis Anda akan selalu mendapatkan bahan yang segar dan terjamin mutunya.

Dari menjalin hubungan yang baik dengan supplier, bisa saja Anda akan mendapatkan potongan harga spesial di setiap transaksi. Selain itu, pilihlah supplier bahan makanan dan perlengkapan yang terpercaya dengan track record yang baik.

3. Tinggalkan proses manual, beralih ke sistem otomatis

Merintis usaha tidak hanya memasarkan produk jualan dan melayani pelanggan, dibutuhkan pencatatan data, keuangan, dan sistem operasional yang rapi serta teliti. Keliru dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan ini bisa berakibat fatal bagi bisnis yang dibangun.

Menggunakan GoBiz, Anda bisa fokus pada kualitas kebab yang Anda jual tanpa perlu pusing memikirkan urusan operasional harian, pencatatan pesanan, dan laporan keuangan usaha kebab Anda. Serba mudah dan cepat, fitur-fitur canggih dari GoBiz sudah dipercaya oleh banyak toko di Indonesia.

Siapkah Anda untuk merintis usaha kuliner yang baru? Tentu saja, Anda juga sudah memahami seluk beluk dan cara memulai bisnis kebab yang menguntungkan. Gandeng partner terpercaya, seperti GoBiz, dan mulailah mencoba menjadi wirausahawan.

Sumber gambar: theculturetrip.com

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

Artikel Terkait

Modal Usaha adalah Fondasi Awal Bisnis. Ini 8 Cara Mendapatkannya

Mendapatkan modal usaha adalah hal penting bagi calon pengusaha. Di tengah keadaan selengkapnya

Indikator Kepuasan Pelanggan, Ada 5 Hal yang Perlu Diketahui

Indikator kepuasan pelanggan adalah ukuran yang digunakan untuk mengetahui puas atau selengkapnya