GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

13 Tips Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship yang Wajib Anda Tahu

Di zaman dengan kemajuan teknologi dan informasi membuat siapa saja menjadi lebih mudah untuk memulai usaha. Meski begitu, sehebat apapun teknologi yang ada bila tidak dibarengi dengan orang-orang yang memiliki jiwa entrepreneurship yang kuat makan tidak akan berjalan dengan baik. Lantas, bagaimana menumbuhkan jiwa entrepreneurship tersebut dalam kehidupan sehari-hari? Berikut ulasannya.

Apa Itu Entrepreneur?

Sebelum mengetahui tips tentang bagaimana menumbuhkan jiwa entrepreneurship beserta ciri-cirinya, ada baiknya Anda untuk mengetahui apa itu entrepreneur. Entrepreneur artinya secara umum merupakan sebuah tindakan yang dilandasi kreativitas, inovasi dan bagaimana mengelola sumber daya dalam mencapai sebuah tujuan. Baik dari segi materi dan non-materi.

Beberapa pengertian entrepreneurship menurut Howard H. Stevenson, salah seorang akademisi di Harvard misalnya, menyebutkan jika kewirausahaan ini merupakan pendekatan dalam manajemen. Khususnya dalam mengejar dan memperoleh peluang yang ada tanpa memperdulikan sumber daya yang ada.

Kemudian, Peter Ducker yang dikenal sebagai seorang pemikir dalam dunia manajemen di Amerika Serikat  berpendapat bahwa entrepreneurship ini adalah aktivitas yang secara konsisten dapat mengkonversi ide menjadi sebuah kegiatan atau usaha yang menguntungkan.

Ciri-Ciri Orang Berjiwa Entrepreneurship Sejati

Banyak orang mengaku dirinya sebagai seorang pebisnis. Namun tak sedikit pula dari orang-orang tersebut yang belum memiliki jiwa tersebut. Untuk itulah penting bagi Anda mengetahui ciri-ciri seorang entrepreneur sejati. Apa sajakah ciri-ciri tersebut? Di bawah ini beberapa di antaranya untuk Anda perhatikan.

1. Punya Mimpi Besar

Memiliki jiwa entrepreneur artinya Anda harus memiliki impian besar. Inilah yang menjadi ciri seorang entrepreneurship sejati, mereka memiliki impian tentang usaha yang akan dikembangkannya nanti. Impian-impian tersebut akan diimplementasikan dalam rencana jangka pendek, jangka menengah, maupun jangka panjang.

Adapun mimpi besar dari seorang yang memiliki jiwa tersebut adalah tidak hanya materi saja. Namun, disisi lain dirinya bercita-cita besa memberdayakan masyarakat di sekitarnya dengan usaha yang dirintisnya. Dengan begitu akan tercipta lapangan kerja yang dapat membantu kesejahteraan masyarakat.

2. Mampu Mengatasi Ketakutan dalam Dirinya

Setiap orang tentu punya rasa takut, salah satunya adalah takut dalam menghadapi kegagalan. Bagi seorang dengan jiwa entrepreneurship kegagalan tersebut bukan menjadi penghalang dan berusaha bagaimana mengatasi ketakutan yang ada dalam dirinya tersebut. Dengan demikian jiwa entrepreneur artinya juga memberikan dampak positif pada seseorang untuk berani bertindak dan bertanggung jawab terhadap keputusan yang dia ambil. 

3. Suka Tantangan Baru

Anda tidak hanya akan bertahan di zona nyaman saja, melainkan berusaha untuk mencoba tantangan baru. Bahkan tantangan yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Jiwa entrepreneurship orang-orang seperti ini biasanya tidak suka menunda-nunda hal yang monoton.

Mereka ini lebih suka tantangan yang mana dapat memberikan pengaruh maupun perubahan yang lebih baik di masa depan. Seorang entrepreneur juga akan mengasah kreativitasnya dan berusaha bagaimana untuk mengatasi hal sulit dengan keyakinan tinggi. Keyakinan inilah yang dapat dijadikan modal memecahkan hal sulit sekalipun.

4. Disiplin Tinggi

Kunci berikutnya dari jiwa entrepreneurship adalah bagaimana seseorang menjaga pola kegiatan dan rencana yang akan dijalankan. Maka, seorang dengan jiwa tersebut tidak akan menyia-nyiakan waktu yang ada dan berusaha untuk lebih disiplin dalam melakukan berbagai hal. Baginya, ‘time is money’ dengan membuang waktu berarti membuang kesempatan yang menguntungkan baik bagi dirinya maupun bagi orang lain.

Agar bisa menjadi disiplin ini, Anda bisa membuat catatan kecil mengenai kegiatan apa saja yang harus dilakukan di hari tertentu. Kemudian, catatlah hasil dari kegiatan tersebut. Bila perlu lakukan evaluasi jika terjadi kesalahan maupun hal yang perlu diperbaiki.

5. Jiwa Pemimpin yang Kuat

Hal berikutnya dari ciri seseorang dengan jiwa entrepreneurship yang kuat adalah memiliki jiwa pemimpin yang kuat. Entrepreneur artinya tidak harus memimpin orang lain, tetapi bagaimana memimpin diri sendiri. Misalnya saat mengambil keputusan yang sulit. Anda pun harus menjadi teladan bagi karyawan dan orang di sekitar Anda. Ingat, apa yang Anda lakukan adalah cerminan dari pribadi Anda yang utama.

6. Tips Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship

Setelah Anda mengetahui mengenai definisi entrepreneurship, maka kini saatnya bagi Anda untuk mempraktikkannya. Oleh karena itulah, penting juga bagi Anda mengenai tips apa saja yang harus dilakukan untuk menumbuhkan semangat tangguh. Terlebih lagi bila Anda baru saja memulai usaha dan terjun dalam dunia tersebut. Berikut beberapa di antaranya yang perlu Anda terapkan.

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

1 2

Artikel Terkait

7 Tips Membuka Warung Sembako agar Laris Manis

Usaha warung sembako atau warung kelontong dapat menjadi peluang bisnis yang tepat, selengkapnya

Rincian Modal Warung Sembako Sederhana

Ide untuk memiliki usaha warung sembako sederhana sekarang ini semakin marak dibicarakan selengkapnya