GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

13 Tips Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship yang Wajib Anda Tahu

7. Awali dengan Niat

Kunci dasar dalam menumbuhkan jiwa entrepreneurship sejati adalah memulainya dengan niat. Mengapa demikian, jika Anda tidak memiliki niat yang kuat maka mustahil usaha yang akan dijalankan berjalan sesuai rencana dan optimal. Anda bisa menjadikan niat ini sebagai modal pertama yang harus dimiliki selain modal dari segi materi.

Selain niat, Anda juga meminta dukungan dari orang terdekat. Contohnya saja dukungan dari keluarga. Ketika keluarga sudah mendukung, maka Anda pun akan merasa tenang dalam menjalankan sebuah usaha dan keluarga inilah yang bakal mendukung Anda pada saat berada di puncak maupun terpuruk. Saat Anda mampu bangkit dari keterpurukan inilah salah satu cara dalam menumbuhkan entrepreneurship sejati.

8. Mau Belajar Kesuksesan Orang Lain

Terkadang sebagian orang merasa iri dengan kesuksesan yang diraih oleh orang lain. Bila Anda ingin menjadi seorang berjiwa entrepreneurship sejati, maka jadikanlah kesuksesan orang lain sebagai bahan motivasi dan bukan menjadikannya iri hati.

Anda bisa melihat bagaimana seseorang yang sukses membangun usaha mulai dari nol, bahkan harus jatuh bangun untuk dapat meraih kesuksesan. Kesuksesan di sini bukan berarti terpaku dari segi materi seperti omzet dan keuntungan yang meningkat saja. Di sisi lain juga bagaimana seorang entrepreneur tersebut mampu memotivasi dan membuka lapangan kerja bagi orang lain.

9. Tentukan Modalnya

Untuk menjadi seorang entrepreneurship memang membutuhkan modal dalam segi materi dalam hal ini adalah uang. Maka dari itulah, penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana mendapatkan modal tersebut. Mendapatkan modal tersebut haruslah dilakukan secara rinci sesuai dengan kebutuhan.

Modal ini bisa diperoleh dari uang tabungan yang khusus untuk usaha. Anda pun juga bisa mendapatkan modal di lembaga keuangan seperti bank yang menyediakan modal usaha. Cara lainnya adalah dengan cara patungan dengan teman atau keluarga yang memiliki visi yang sama dengan usaha yang akan dijalankan.

10. Fokuskan diri Anda

Ketika Anda menjalankan sebuah usaha, tentu akan ada banyak kendala nantinya. Maka dari itulah penting juga selain menumbuhkan jiwa entrepreneurship, Anda juga harus fokus dalam kegiatan operasional usaha nantinya. Bayangkan saja bila Anda kehilangan fokus, maka ada berapa banyak kesempatan yang akan Anda lewatkan untuk mengembangkan usaha nantinya.

11. Tanamkan Sikap Percaya Diri

Sebagian orang mungkin merasa minder saat hendak membuka usaha baru. Jelas hal ini bukanlah bagian dari jiwa entrepreneurship sejati. Sebab, seorang entrepreneur haruslah memiliki rasa percaya diri yang kuat. Sikap percaya diri ini sangat penting bagi Anda dalam mengembangkan relasi, mencari modal, hingga menawarkan produk kepada calon konsumen. 

Ketika Anda memiliki rasa percaya diri yang kuat, maka ini akan memudahkan Anda nantinya. Dengan rasa percaya diri yang tinggi Anda pun akan selalu diliputi rasa optimis. Hal ini baik untuk motivasi dan penyemangat dalam menjalankan sebuah usaha yang dirintis.

12. Bangunlah Relasi

Usaha yang kuat tak mungkin berjalan tanpa dibarengi dengan relasi yang baik. Oleh karenanya, salah satu jiwa dan tips mengembangkan entrepreneurship yang wajib dimiliki adalah bagaimana kita dalam membangun relasi. Dari membangun relasi inilah kita menjadi tahu orang-orang yang akan kita ajak menjadi mitra nantinya.

Tak hanya itu, dari relasi tersebut Anda juga akan banyak hal mengenai bagaimana mengembangkan bisnis yang ideal. Sebab, tak jarang dari relasi yang kita bangun tersebut terdapat orang-orang yang sudah berpengalaman sebelumnya. Dari situlah kita juga bisa menimba ilmu dan diterapkan dalam usaha yang kita jalankan.

13. Berani Mengambil Risiko

Terakhir dalam diri membangun jiwa entrepreneurship, Anda harus berani mengambil risiko. Memang, dalam menjalani usaha kita tidak akan pernah tahu ke depannya seperti apa. Bisa jadi usaha yang kita jalankan berhasil, namun tidak menutup kemungkinan pula usaha tersebut gagal.

Maka dari itulah Anda harus memiliki jiwa yang tangguh untuk mengambil risiko tersebut. Di satu sisi, tak jarang risiko yang kita ambil pada akhirnya membawa kita ke arah yang lebih baik. Kemudian jangan lupa untuk selalu belajar dari kesalahan dan mengevaluasianya secara berkala.

Bagaimana, sudah siapkah Anda untuk menjadi seorang dengan jiwa entrepreneurship sejati? Untuk menunjang operasional usaha, Anda pun juga harus memiliki berbagai perlengkapan dan peralatan yang ditunjang dengan teknologi canggih.

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

1 2

Artikel Terkait

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021

Cara Mudah Cek Penerima BPUM BRI 2021 – Selama pandemi, ada banyak sekali pengusaha selengkapnya

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode

Analisis Laporan Keuangan: Tujuan, Manfaat, dan Metode – Bagi seorang pengusaha, selengkapnya