Langkah penting sebelum memberikan potongan harga
Ada alasan kenapa pemberian potongan harga bisa menguntungkan pemilik usaha, padahal mereka harus menjual produk dengan harga lebih rendah. Strategi harga yang tepat merupakan kuncinya. Nah, dalam menentukan strategi penetapan harga untuk memberikan diskon, sebaiknya perhatikan langkah-langkah penting di bawah ini:
- Identifikasi ketiga hal berikut; break-event point, margin keuntungan, dan markup harga yang masih masuk akal.
- Identifikasi potongan harga seperti apa yang berpotensi memberikan keuntungan.
- Pelajari promosi seperti apa yang dilakukan oleh para kompetitor, termasuk jenis potongan harga yang ditawarkan.
- Lakukan brainstorming dengan tim untuk mencari cara alternatif meningkatkan penjualan tanpa harus menurunkan atau memotong harga.
- Analisis harga jual produk selama kurang lebih setahun terakhir.
5 Strategi penetapan harga yang menguntungkan
Setelah melakukan langkah-langkah di atas, sekarang Anda bisa memikirkan strategi penetapan harga promosi yang tepat untuk dipraktikkan. Perlu diingat bahwa promosi potongan harga tidak harus dalam bentuk diskon begitu saja. Ada juga sejumlah strategi penetapan harga lain yang tidak kalah menarik untuk menggaet konsumen.
1. Potongan harga di awal
Melalui promo ini, konsumen bisa membeli produk Anda dengan harga lebih murah apabila membayar di awal. Strategi harga satu ini idealnya diterapkan pada usaha yang menawarkan produk barang atau jasa dengan sistem pembayaran berulang.
Katakanlah Anda menjual paket catering dengan harga Rp1,500,000 per bulan. Namun, jika konsumen berlangganan selama 6 bulan dan membayar di awal, maka ia bisa mendapatkan harga Rp7,5 juta, bukannya Rp9 juta. Sehingga konsumen bisa berhemat sebanyak Rp1,5 juta.
Adanya pembayaran di awal dapat membantu usaha dalam membangun arus kas atau cash flow. Anda bisa menggunakan pemasukan tersebut untuk membeli persediaan atau melakukan investasi lain. Namun, pastikan bahwa target konsumen memang memiliki kemampuan finansial untuk melakukan pembayaran di awal.
2. Potongan harga berdasarkan jumlah pembelian
Potongan harga berdasarkan volume memang sebetulnya mengharuskan konsumen untuk mengeluarkan sedikit lebih banyak uang ketika membeli produk dalam jumlah lebih banyak.
Namun, jika harga total dibagi rata sesuai jumlah produk, maka harga satuan produknya bisa jadi lebih terjangkau untuk konsumen. Contoh strategi penetapan harga ini adalah potongan harga 10% apabila konsumen membeli 2 produk, lalu potongan harga bertambah jadi 20% jika konsumen membeli 3 produk.
Dengan kata lain, strategi penetapan harga satu ini mendorong konsumen untuk belanja dalam jumlah banyak, Itulah kenapa strategi penetapan harga satu ini biasanya diterapkan oleh pemilik usaha saat mereka ingin menghabiskan stok atau inventori.