GoBiz logo Daftar Login

Pusat Pengetahuan

5 Strategi Penetapan Harga untuk Berjualan

3. Potongan harga untuk bundle

Pada promo bundle, Anda menurunkan harga dari sekelompok produk yang dijual bersamaan, bukannya menurunkan harga per produk. Karena karakteristiknya, strategi penetapan harga bundle pun umumnya lebih cocok diterapkan jika tujuan Anda adalah meningkatkan penjualan. Selain itu, Anda juga bisa sekalian menghabiskan stok produk yang kurang populer dengan memasangkannya bersama produk populer.

Namun, jangan asal memasangkan produk begitu saja. Pastikan produk-produk yang dijual secara bundle memang saling berkaitan. Jika tidak, bisa-bisa konsumen menganggapnya sebagai taktik berjualan saja.

4. Potongan harga musiman

Manfaatkan momen tertentu untuk memberikan potongan harga. Strategi harga satu ini biasanya dilakukan saat event khusus, seperti Valentine, Natal, atau Lebaran.

Jadi, penawarannya terbatas karena mengikuti event-event spesial tersebut. Produk-produk yang kena potongan harga pun biasanya relevan dengan event tertentu. Misalnya, saat Lebaran, produk yang kerap termasuk dalam promo adalah pakaian dan snack. Lalu, saat Valentine, banyak produsen cokelat yang memberikan promo.

Di sisi lain, terkadang potongan harga musiman ini juga diterapkan oleh toko pakaian atau fesyen untuk menjual produk dari musim sebelumnya. Contohnya, masih ada baju musim dingin yang belum laku, sehingga pihak toko menjualnya saat musim panas. Padahal, siapa yang akan mengenakan baju musim dingin saat cuaca panas? Itulah sebabnya mereka memberikan potongan harga agar produk bisa laku.

5. Buy 1 get 1

Penerapan strategi penetapan harga untuk promo usaha juga bisa dilakukan dengan memberikan tawaran buy 1 get 1. Bahkan ternyata menurut hasil studi yang dipublikasikan di Journal of Marketing, konsumen lebih suka mendapatkan produk secara gratis daripada produk dengan potongan harga.

Berbeda dari promo bundle yang sebaiknya memasangkan produk-produk relevan satu sama lain, pada promo buy 1 get 1, Anda bisa menawarkan produk gratis yang berbeda atau tidak berhubungan dengan produk utama. 

Banyak tujuan yang bisa tercapai dari strategi penetapan harga buy 1 get 1, mulai dari meningkatkan penjualan hingga menghabiskan stok produk yang kurang populer.

Berbekal strategi penetapan harga yang diterapkan secara tepat, Anda bisa membuat konsumen senang dengan pemberian promo potongan harga. Tentunya tanpa membuat usaha Anda menderita. Sebaliknya, usaha Anda justru akan mendapatkan banyak keuntungan. Pastikan saja strategi yang dipilih sudah sesuai dengan tujuan usaha Anda. Good luck!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Read more about:

1 2 3 4

Artikel Terkait

Pelaku Usaha Kuliner Wajib Gunakan Bahan Dasar Makanan yang Aman dan Berkualitas, Bagi yang Melanggar Ada Hukumannya!

Memastikan keamanan bahan makanan (food safety) merupakan salah satu kunci dalam meraih selengkapnya

Tips Menjadi UMKM yang Cakap Digital dan Paham Pelindungan Data Pribadi

Halo, teman-teman Mitra Usaha! Kalian tau gak sih, angka jumlah pengguna internet di selengkapnya